Tempat Wisata

Bali Handara Gate, bangunan bersejarah dengan panorama alam yang mempesona di Buleleng

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 06.00-19.00 WITA, Alamat: J L. Raya Singaraja-Denpasar, Pancasari, Kec. Sukasada, Cab Buleleng, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Bali merupakan tujuan wisata yang indah, eksotis dan terkenal di dunia, bahkan turis mancanegara lebih mengenal pulau dewata dibandingkan Indonesia. Salah satu tempat yang paling menarik dan menjadi favorit di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Gerbang Bali Handara. Tempat piknik ini berada di ketinggian 1.400 mdpl, sebelah utara Pulau Ulun Danu Beratan, Kabupaten Buleleng.

Meski hanya berupa bangunan berupa gapura, zona penyembuhan ini sangat digemari para traveller. Pasalnya, banyak momen dan kenangan bersejarah dalam kehidupan wisatawan yang dilakukan di tempat ini, seperti pertunangan, bahkan pernikahan. Selain itu, berbagai atraksi lainnya seperti panorama alam yang sangat indah dan resort mewah melengkapi tempat ini.

Daya tarik Gerbang Bali Handara

Daya tarik Bali Handara Gate BulelengKredit foto: Google Maps Lexi Lu

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali Handara Gate dikarenakan daya tarik wisata yang ada di kawasan tersebut. Selain pemandangan alam yang indah dan eksotik, destinasi wisata ini juga menawarkan udara yang sejuk dan segar. Berikut ini beberapa atraksi lain di area piknik, yaitu:

1. Panorama alam yang sangat indah mempesona

Keberadaan Gapura Handara Bali di atas bukit dengan ketinggian 1.400 mdpl membuat wisatawan lebih leluasa melihat pemandangan alam di sekitarnya. Berbagai jenis pepohonan hijau yang rimbun dan rindang, pegunungan yang menjulang tinggi, langit biru dan awan putih berkumpul dalam keindahan yang mempesona serasa di surga.

Selain udaranya yang sejuk dan segar, hembusan anginnya membuat suasana semakin tenang dan romantis. Tentunya tempat ini selalu dipadati turis yang sedang jatuh cinta, bahkan turis yang ingin menikah. Bahkan tak sedikit pengantin baru yang berbulan madu di kawasan wisata tersebut.

2. Banyak resor mewah

Pemerintah pulau Bali mengetahui betul bahwa destinasi wisata Gapura Handara Bali memiliki potensi yang tinggi, sehingga banyak terdapat resort-resort mewah di sekitar area piknik tersebut. Tujuannya untuk memudahkan wisatawan menginap dan menghabiskan beberapa hari di sana. Harga resort mewah di lokasi ini mulai dari ratusan dollar hingga ribuan dollar.

Namun fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, dan favorit wisatawan adalah restoran dan spa. Kebanyakan yang menginap di tempat ini adalah turis asing dan pengusaha karena harganya yang cukup tinggi. Jika Anda berencana untuk bermalam dan menikmati resor, maka siapkan uang untuk tiket pesawat dan akomodasi.

3. Gapura atau Gapura bernuansa Bali

Daya tarik berikutnya yang menjadi ikon Gerbang Handara Bali adalah gapura atau gapura dengan nuansa klasik nan eksotik Pulau Dewata. Ketinggian gapura mencapai lebih dari 25 meter, sangat kokoh dan megah dengan taman hijau di sekelilingnya. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini selalu mengabadikan gaya lari, lompat dan aksi seru lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bali Handara Gate BulelengKredit foto: Google Maps Dean Photography

Menemukan dan mengunjungi Gerbang Bali Handara tidaklah terlalu sulit. Karena destinasi wisata tersebut berada di tempat yang strategis yakni Jalan Raya Singaraja Denpasar, Desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng. Bagi wisatawan dari luar Bali yang tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia persewaan mobil beserta layanan antar jemput, cocok untuk wisatawan yang lelah.

Selain rental mobil dan driver, ada juga taksi online. Jika Anda berada di Bandara Ngurah Rai Bali, ada GrabCar Airport di sana. Ada banyak alternatif untuk masuk ke kawasan ini. Pilih salah satunya dengan menyesuaikan budget yang tersedia. Disinilah perjalanan yang panjang dan melelahkan akan terbayar lunas ketika melihat keindahan alam yang ada disana.

Biaya masuk ke Bali Handara Gate

Tiket Bali Handara Gate BulelengKredit foto: Google Maps Ibrahim Falqi

Biasanya di setiap tempat piknik selalu ada tiket masuknya, begitu juga di tempat wisata Gerbang Handara Bali ada dua jenis harga tiket. Untuk turis domestik harga tiketnya Rp 20.000 per orang, sedangkan untuk turis asing Rp 30.000.

Selain itu, ada tarif khusus yang cukup mahal bagi yang ingin melakukan foto prewedding yaitu Rp 750.000 per crew. Harga diatas berlaku untuk saat ini, sehingga dapat berubah sewaktu-waktu. Karena itu, Anda harus melakukan riset lebih lanjut sebelum berkunjung.

Aktivitas menarik di Bali Handara Gate

Aktivitas Bali Handara Gate BulelengSumber gambar: Google Maps #sydprivatetours Andrew Sorokin

Bukan hanya daya tarik Gerbang Bali Handara yang membuat wisatawan terpesona untuk mengunjunginya. Namun juga berbagai aktivitas seru dan menghibur bisa dilakukan di tempat ini. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan diantaranya:

1. Sebelum pernikahan

Hal pertama yang menjadi kegiatan menarik di Bali Handara Gate, khususnya bagi yang ingin menikah adalah prewedding. Karena destinasi wisata ini memiliki banyak tempat yang indah, menarik dan eksotis. Beberapa di antaranya adalah pegunungan, pepohonan hijau, awan putih yang tertiup angin, taman bunga warna-warni, dan yang fenomenal adalah Gapura Handara.

Berbagai spot tersebut akan membuat foto dan video prewedding Anda semakin cantik dan menggemaskan, serta dokumentasinya akan menjadi kenangan di masa tua. Walaupun biaya masuk untuk prewedding crew cukup mahal, namun untuk momen sekali seumur hidup, motivasi, semangat dan biaya akan lebih ringan.

2. Bermain golf

Golf adalah olahraga elit, eksklusif dan tidak semua orang bisa menikmatinya. Namun, selama berada di Bali Handara Gate, Anda bisa bermain golf bersama pasangan. Olahraga yang menggunakan bola putih kecil dan tongkat ini memiliki banyak keunggulan seperti : B. Pereda stres, pembakaran kalori, kesehatan tulang dan kesehatan jantung.

Jika bola belum masuk lubang pada pukulan pertama, pegolf akan mendekati bola dengan berjalan kaki sambil memandangi pemandangan indah dan menghirup udara segar. Fokus dan konsentrasi pada target yang dituju, mendekat beberapa mil dan melempar bola ke dalam lubang, disinilah berbagai manfaat yang disebutkan di atas dapat diraih.

3. Berburu Kuliner

Usai bermain golf di Bali Handara Gate, kegiatan menarik berikutnya adalah berburu kuliner. Karena jarak jauh saat bermain golf melemahkan stamina dan perut terasa lapar. Banyak restoran yang menawarkan berbagai makanan Indonesia maupun mancanegara, seperti nasi goreng, mie goreng, burger, steak, kentang, capcay, ikan bakar dan lain-lain.

Selain itu, menu minuman di resto sekitar Gerbang Handara antara lain jus pepaya, kopi Bali, es teh lemon dan minuman segar lainnya. Menginap di area ini sangat menyenangkan dan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Karena sambil makan dan minum, wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang indah dan eksotik, serta udara yang segar bebas polusi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bali Handara Gate BulelengKredit foto: Fasilitas Facebook Asgar Posso

Pertimbangan terakhir bagi wisatawan saat memulihkan tempat wisata adalah fasilitas dan fasilitas pendukung yang ada di lokasi. Fasilitas yang tersedia di Bali Handara Gate adalah tempat parkir mobil yang luas sehingga mobil dan bus wisata bisa muat disana. Selain itu, ada juga restoran untuk wisatawan yang gemuruh. Jika ingin buang air, tempat wisata bersejarah ini juga menyediakan toilet umum. Dan masih banyak fasilitas dan kemudahan lainnya yang dapat menunjang kebutuhan anda.

Liburan di pulau Bali memang seru, menantang sekaligus menyenangkan, namun biaya akomodasi dan kebutuhan lainnya tidaklah murah, sekalipun anda berkunjung ke Bali Handara Gate. Maka dari itu, mulailah menabung dari sekarang dan niatkan untuk pergi ke sana bersama pasangan Anda. Bisa ke pulau dewata sekali saja merupakan pengalaman seumur hidup yang tidak akan pernah terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button