Berita Wisata

Mengenal Asal Usul Hawaiian Van Jabar, Julukan Kabupaten Pangandaran: Okezone Travel

NAMA PANGGILAN Kabupaten Pangandaran memang menarik untuk disimak. Memiliki pantai-pantai indah yang tak bisa disaingi sejumlah daerah lain di Indonesia, Pangandaran kerap disebut sebagai Hawaii Van Jabar.

Padahal, julukan Pangandaran biasa diucapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pada 2019, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini diketahui memulai proyek revitalisasi Pantai Pangandaran.

BACA JUGA:Wisata Pantai Karapyak Pangandaran : Lokasi Rute, Harga Tiket & Atraksi

Sejak awal, Ridwan Kamil memang berharap pantai Pangandaran mirip dengan pantai Hawaii.

Versi Pangandaran Pantai Waikiki

Dalam artikel beberapa tahun lalu, Ridwan Kamil memaparkan rencana revitalisasi Pantai Pangandaran dan menatanya menjadi wisata kelas dunia. Gubernur Jawa Barat ingin menjadikan Pantai Pangandaran seindah pantai-pantai di Hawaii.

BACA JUGA:Wisata Pantai Madasari Pangandaran : Tiket, Lokasi, Rute, Fasilitas dan Atraksi

“Mimpinya seperti pantai Waikiki di Hawaii. Nanti juga akan dibangun pusat budaya Sunda seperti di Ubud Bali,” kata Kang Emil di Instagram.

Revitalisasi ini telah dilakukan di pantai barat dan pantai timur Pangandaran. Ridwan Kamil mencoba menghadirkan desain agar tidak ada permukiman kumuh.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Nama panggilan Pangandaran

Di masa reformasi, Ridwan Kamil kerap meneriakkan slogan “Hawaii Van Jabar”. Dari situ, kota Pangandaran semakin dikenal dengan julukan tersebut.

Misalnya saat Ridwan Kamil melaporkan pembangunan fasilitas di salah satu sisi Pantai Pangandaran. Ia tak lupa menyematkan julukan ‘Hwaii Van Jabar’.

Menggambar

“Hawaii van Jabar di Pangandaran sudah maju. Toilet/kamar mandi akan disediakan di pinggir pantai berpasir, sehingga tidak perlu menyeberang jalan lagi. Tahun baru 2020 Insya Allah selesai. Doakan lancar semua. lancar,” kata Ridwan Kamil melalui laman Facebook resminya.

Nah begitulah, julukan kota Pangandaran selama ini lekat dengan penyebutan Hawaii Van Jabar atau biasa disebut Hawaii Van Java. (kotor)


Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button