Berita Wisata

Tempat Wisata Di Dlingo Jogja: Mansion Bantul Wajib Dikunjungi

Solo

Membicarakan tempat wisata di kawasan Jogja sepertinya tidak akan ada habisnya. Kawasan wisata menarik begitu indah tersaji di berbagai lokasi mulai dari timur hingga barat. Yang menghadirkan tempat-tempat wisata menarik khususnya di wilayah Bantul. Di kabupaten ini tepatnya di Dlingo terdapat berbagai tempat wisata yang menarik.

Di kecamatan ini banyak terdapat tempat wisata baru yang bernuansa alam. Bagi pecinta suasana pegunungan Sedulur, sangat cocok menghabiskan liburan di kawasan wisata Dlingo.

Hutan Pinus Instagramable di BantulHutan Pinus Instagramable di Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

koleksi detikJateng, Pada Rabu (1/2/2023), ada berbagai tempat wisata di Dlingo, Bantul Mangunan yang wajib dikunjungi. Berikut daftarnya:

1. Kayu Pinus Pengger

Yang pertama adalah Hutan Pinus Pengger. Berada di dataran tinggi, wisata alam ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan indah Jogja dari atas. Suasana alam yang segar dan aroma hutan pinus membawa perasaan menyegarkan.

Tak heran jika tempat ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi menyegarkan dan rileks. Hutan Pinus Pengger terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, tak jauh dari Puncak Becici. Jarak tempuh dari kota jogja sekitar 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Hutan Pinus Pengger bisa dikunjungi mulai pukul 08:00 WIB hingga 21:00 WIB. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahannya matahari terbenam hingga kelap-kelip lampu kota Jogja di malam hari.

Harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger relatif murah, hanya Rp 5.000.

Spot Foto dan Instalasi di Hutan Pinus Pengger

Ada banyak spot foto yang instagramable di tempat ini. Pengelola mendesainnya dengan sangat baik, tempat foto yang menawan untuk menghasilkan hasil terbaik.

Panca Wara, Tangan Raksasa

Spot foto yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan jika ke hutan pinus Pengger. Spot foto susunan kayu yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai tangan raksasa merupakan salah satu icon dari Hutan Pinus Pengger.

Tangan raksasa ini berada di tepi jurang. Wisatawan bisa mendapatkan latar belakang pemandangan yang indah jika mengambil foto tempat ini.

Jembatan Pinus Pengger

Jembatan pinus ini dibangun di antara dua pohon pinus yang berjauhan. Jembatan ini tidak didesain untuk perlintasan sebidang, hanya untuk spot foto.

lubang raksasa

Spot foto selanjutnya adalah Giant Hole, bentuknya menyerupai sangkar burung. Wisatawan biasanya berfoto di sini untuk mendapatkan background rumah penduduk di Bantul.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di lokasi wisata Hutan Pinus Pengger juga cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah area parkir kendaraan, toilet, mushola, warung makan dan minum, area berkemah, gazebo untuk bersantai, dan persewaan hammock.

Tempat wisata di Mangunan, Bantul.Tempat wisata di Mangunan, Bantul. Foto: Johannes Randy

2. Bukit Panguk Kediwung

Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Mangunan Bantul adalah Bukit Panguk Kediwung. Mengutip dari situs resmi Pemprov Jogja, wisata alam ini berlokasi di Kediwung, Dlingo, Mangunan, Bantul, Jogja. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja ke arah selatan.

Di tempat ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu menarik. Apalagi jika Anda berkunjung pada malam hari, suasana keindahan lampu hunian akan menjadi sensasi tersendiri.

Wisata ini buka 24 jam setiap hari, jadi kapanpun anda ingin berkunjung, anda bisa langsung masuk ke kawasan ini.

Biaya masuk

Harga tiketnya juga cukup murah, hanya Rp3.000-5.000 untuk masuk. Dengan biaya parkir kendaraan sendiri yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor, Rp 5.000 untuk mobil/elf dan Rp 10.000 untuk bus.

Reda

Ada banyak spot foto menarik yang diunggulkan di tempat ini. Diantaranya gardu langit yang terbagi menjadi dua titik yaitu barat dan timur. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menawan untuk menyaksikan matahari terbit.

Selain itu, ada juga spot foto instagramable lainnya seperti sky boat, sky delman dan juga sky palace.

3. Puncak Becici

Tempat wisata alam lainnya di Dlingo adalah Puncak Becici. Tempat wisata ini juga termasuk sebagai wisata andalan di Bantul. Tempat wisata ini berada di desa Muntuk, kecamatan Dlingo, Bantul, Jogja.

Saking menariknya tempat ini, pada tahun 2017 lalu Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga mengunjungi tempat ini. Mengutip laman Instagram resmi @puncakbecici, tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Pengunjung juga dibawa ke dalam suasana alam dengan berbagai sudut pandang yang begitu menakjubkan.

Harga tiket

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, harga tiket masuk yang ditawarkan cukup murah yaitu hanya Rp 5.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak selalu gratis. Lalu biaya parkirnya Rp 2000 untuk sepeda motor, Rp 5000 untuk mobil/elf dan Rp 10000 untuk bus.

Reda

Pengunjung bisa mengabadikan setiap momen indah di spot foto yang disediakan. Ada banyak spot foto yang bisa dipilih pengunjung. Kemudian, pengunjung juga bisa menyewa tenda atau kemah di sana.

Pengelola menawarkan persewaan tenda bagi pengunjung yang ingin menikmati malam dan tidur di pegunungan.

Keindahan air terjun Grojogan Lepo di Bantul, YogyakartaKeindahan air terjun Grojogan Lepo di Bantul, Yogyakarta Foto: Julie Kirey/d’Traveler

4. Grojogan Lepo Dlingo

Selain menikmati keindahan alam, di Dlingo juga terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Grojogan Lepo Dlingo. Mengutip situs resmi Desa Dlingo, tempat wisata ini berada di Dusun Pokoh II Desa Dlingo.

Keindahan alam Grojogan Lepo membawa banyak wisatawan penasaran ke tempat ini. Air tawar Grojogan menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Pengunjung bisa melepas penat dengan berendam di bawah grojogan.

Namun, umumnya air akan surut saat musim kemarau tiba.

Harga tiket

Belum ada keputusan akhir untuk harga tiket. Memang tempat wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa datang mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Reda

Masyarakat sekitar menawarkan berbagai fasilitas untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Mulai dari mushola, rest area, wahana hiburan dan juga berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Tempat ini juga menawarkan kuliner yang bisa membuat pengunjung ketagihan, yaitu nasi jagung (bledak) dan wedang kekep.

objek wisatatempat wisata Foto: (Erwin Sudrajat/d’Traveler)

5. Jurang Tembelan

Ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Bantul, yaitu Ngarai Tembelan. Mengutip situs resmi Pemprov Jogja, Ngarai Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Rute untuk menuju ke tempat ini cukup mudah karena banyak dipasang rambu-rambu. Lokasinya ada di selatan pusat kota Jogja atau ke arah Jalan Imogiri. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai keindahan tersendiri.

Keindahan pemandangan alam yang disajikan bahkan menjadikan Ngarai Tembelan sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Bantul. Bagi Anda yang menyukai pemandangan tinggi, datang ke tempat wisata ini akan sangat memuaskan.

Harga tiket

Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun tarif parkir hanya dikenakan mulai dari Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 10.000 untuk sprite dan Rp 20.000 untuk bus.

Reda

Meski tidak dipungut biaya, fasilitas yang disediakan pengelola cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, mushola, warung makan dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Sehingga pengunjung dapat mengabadikan setiap momen menarik di spot foto yang tersedia.

Ada banyak spot foto instagrammable yang dapat dipilih wisatawan. Tentunya spot foto tersebut akan menyuguhkan keindahan alam di ketinggian layaknya di negeri di atas awan.

Tonton videonya “Kafe tanpa izin di Babarsari disegel, ada perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/am)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button