Berita Wisata

MENEMUKAN KAPAL YANG TETAP TETAP DI TEPI PANTAI PARANG IRENG ALAS PURWO TAMAN NASIONAL BANYUWANGI –

Kapal tersebut kandas di tepi Pantai Parang Ireng Taman Nasional Alas Purwo, Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi (02/01/2023)// foto: tim

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pada hari Rabu tanggal 1 Februari 2023 sekitar pukul 11.34 WIB, ditemukan sebuah kapal terdampar di tepi Pantai Parang Ireng, Taman Nasional Alas Purwo, Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi.
Kasus tersebut ditangani Satpolairud Polresta Banyuwangi dan didukung Ditpolairud Polda Jatim.

Kabid Polairud Polresta Banyuwangi KOMPOL Masyur Ade, SIK, MH oleh Kasi Binmasair Aiptu I Gede Eka Darmayasa menjelaskan, “Rangkaian kejadian sebagai berikut:

Pada Selasa, 31 Januari 2023, sekitar pukul 21.30 WIB, ditemukan sebuah kapal terdampar di Pantai Parang Ireng, Taman Nasional Alas Purwo, Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi yang dimulai sekitar pukul 17.00 WIB, Pak Mandra mancing di sekitar pantai Parang Ireng dan melihat ada perahu di pinggir pantai, namun saat itu beliau tidak begitu memperhatikannya.

Namun saat hari mulai gelap gulita di kapal tidak ada aktivitas dan lampu di kapal tidak menyala, kemudian sekitar pukul 18.30 wib Mr Mandrak melaju pulang dan singgah di Pos Resor Pancur Taman Nasional Alas Purwo untuk melapor hal tersebut, saat itu sekitar pukul 21.30 WIB, Bpk Mandra, Bpk Sumarni, Bpk L’Andra dan para nelayan yang berada di sekitar TKP melakukan pengecekan terhadap kapal tersebut dan ternyata tidak ada nakhoda/abk di kapal tersebut dan kondisi kapal rusak di bagian atas dan sudah tumbuh ban dalam yang mana kapal itu bernama KM Gunung Baru 1, dan karena angin kencang akhirnya ombak besar yang gelap itu pulang.

Kemudian pada hari Rabu tanggal 1 Februari 2023, sekitar pukul 11.30 WIB, mereka kembali melakukan pengecekan kapal sekaligus melakukan upaya pengamanan sementara kapal dengan mengikatkan buritan kapal ke pohon di tepi pantai menggunakan tali tambat, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Satpolairud Polresta Banyuwangi, yang kemudian diberangkatkan untuk menindaklanjuti dengan mendatangi TKP dan meninjau kondisi kapal serta mengumpulkan informasi.

“Perkaranya sedang ditangani Satpolairud Polresta Banyuwangi dan didukung oleh Gakkum Ditpolairud Polda Jatim Subdirektorat,” jelas Aiptu I Gede Eka Darmayasa, Rabu (1/2/2023).

Saksi – saksi antara lain; Mandra, 47, Muslim, Nelayan, beralamat di Desa Bagorejo, Kec. Srono Kab. Banyuwangi, Sumarni, 58, Muslim, Petugas Taman Nasional Alas Purwo, Kec. Tegaldlimo Banyuwangi dan Andra, 21, Muslim, Mahasiswa Brawijaya, Perumahan Rakyat Alamat. Blok Karamglo Indah H2 Kel. Bale arjosari Kec. Kota Malang yang menakjubkan.

Tindakan penertiban laut yang telah dilakukan antara lain;

1. Kunjungi TKP
2. Berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Taman Nasional Alas Purwo mengenai penemuan kapal yang terdampar.
3. Laporkan dan laporkan peristiwa yang terjadi pada kesempatan paling awal kepada manajemen untuk tindakan kebijakan lebih lanjut.
4. Menangani kasus insiden yang terjadi secara profesional dan prosedural sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Laporan: j0181/Tim

Penerbit : Budi Santoso

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button