Berita Wisata

Bupati Nanang Ermanto meminta kepala desa menggunakan APBDes untuk mengoptimalkan potensi desa

Cuplikcom – Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) digunakan untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Nanang Ermanto saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Palas yang digelar di Lapangan Desa Bali Agung, Kabupaten Palas, Rabu (02/01/2023).

“Anggaran bank desa harus digunakan untuk berinovasi menghasilkan pertumbuhan ekonomi. Gali potensi yang ada, semua Kepala Desa berkumpul, bagaimana solusi pembiayaannya? Kita ada pihak ketiga, misalnya Bank Lampung untuk pendanaan,” Nanang kata dalam sambutannya.

Nanang mengatakan mengembangkan potensi desa membutuhkan kreativitas dan inovasi dari seluruh pemangku kepentingan. Diawali dengan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, serta didukung oleh pelaku usaha lokal.

Oleh karena itu, sinergi yang baik menjadi poin utama yang perlu terus ditingkatkan. Dengan demikian, lanjut Nanang, diharapkan pembangunan yang dilakukan konsisten dan selaras dengan program pusat serta dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan.

“Kreatifitas inovatif ini sangat dibutuhkan dimana kita tidak bisa terus bergantung pada bantuan pemerintah pusat dan daerah. Saudara-saudara sekalian, perlu diketahui bahwa situasi dunia sangat memprihatinkan dengan perang Uni Soviet yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global, termasuk Indonesia,” kata Nanang.

Sementara itu, Camat Palas, Ns. Rosalina, Bapak Kep mengungkapkan, Kabupaten Palas memiliki luas 173,56 km² yang didominasi oleh kawasan pertanian terutama di kawasan persawahan dan minim wisata alam.

Meski demikian, Kabupaten Palas terus berinovasi dengan memaksimalkan potensi wisata buatan, serta memanfaatkan sawah sebagai objek wisata untuk menggairahkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kabupaten Palas memiliki potensi persawahan, namun kami juga ingin persawahan memiliki potensi yang luar biasa dan juga dapat mendongkrak perekonomian melalui pariwisata. Sehingga kami memiliki ketertarikan pada agrowisata persawahan, perpaduan antara pertanian dan perikanan,” ujarnya. dikatakan. *

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button