Tempat Wisata

Tiket Pemandian Air Panas Cibolang & 3 Kolam Unik Februari 2023

Harga Tiket Masuk Kolam Air Panas Cibolang: Rp 25.000 hingga Rp 40.000. Jam buka: 06.00-17.00. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Desa Wanasuka, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

Pemandian Air Panas Cibolang salah satu destinasi wisata di bandung yang menarik dan hangat alami. Sangat cocok bagi yang ingin menghangatkan badan di tengah sejuknya udara kota Bandung. Air panas di kolam pemandian ini berasal langsung dari mata air panas pegunungan. Hal inilah yang membuatnya begitu alami dan mengandung berbagai manfaat bagi tubuh.

Setidaknya ada 3 kolam untuk mandi atau berenang. Dibedakan dari kedalaman dan lebar kolam. Selain itu, ada juga kolam pemancingan bagi wisatawan yang senang memancing. Serta berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan untuk menikmati objek wisata ini.

Biaya masuk ke pemandian air panas Cibolang

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Namun, jika wisatawan ingin menikmati kolam dayung, akan dikenakan biaya tambahan. Lalu jangan lupa siapkan biaya parkir tergantung kendaraannya.

Biaya masuk
Tiket masuk reguler Rp 25.000
Tiket reguler + VIP Rp40.000
tiket berkemah Rp30.000
tarif parkir
sepeda motor Rp7.000
mobil Rp 12.000
bis-bis Rp40.000

Baca: Harga Tiket Kebun Binatang Bandung dan Atraksi Satwa

Jam buka pemandian air panas Cibolang

Tempat wisata ini buka 24 jam sehari, setiap hari. Sehingga wisatawan bisa datang ke objek wisata ini kapan saja. Dan kolam mendayung juga tetap buka di malam hari.

jam operasi
hari dalam seminggu 06.00 – 17.00
akhir pekan 06.00 – 21.00

Pemandangan indah di sekitar Kolam Air Panas Cibolang

Pemandangan puncak pemandian air panas CibolangPemandangan puncak pemandian air panas Cibolang. Foto: Gmap/Eri Ricaflair

Pemandian air panas Cibolang menjadi kebanggaan warga Bandung. Situs ini berada di kawasan pegunungan Bandung Selatan yang memiliki cuaca sejuk dan cenderung dingin. Suhu rata-rata harian di tempat wisata adalah 12-28 derajat Celcius. Tak heran jika keberadaan objek wisata pemandian air panas ini sangat menarik.

Sedangkan kawasannya berada di atas lahan seluas 2 hektar, dengan ketinggian 1.000 – 1.400 m, kawasan objek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Dilihat dari atas, area pemandian ini dikelilingi pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Ditambah dengan hamparan kebun teh hijau yang segar, tampak hamparan yang rimbun di luar area pemandian.

Kemudian Anda melihat barisan pegunungan di kejauhan, yang berwarna biru kehijauan. Area pemandian air panasnya sendiri memiliki beberapa kolam lain selain pemandian. Yaitu kolam untuk memancing yang letaknya bersebelahan dengan kolam dayung. Ada juga bangunan dan gubuk yang mengapung di atas air, membuat pemandangan semakin mempesona.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan FLOATING MARKET Lembang

Berendam, berenang, selama terapi di kolam renang

Kolam air panas dikelilingi pepohonan hijauKolam air panas dikelilingi pepohonan hijau. Foto: Gmap/Firman Syahruman

Ada 3 kolam berbeda untuk mandi dan berenang. Ketiganya berbeda dari kedalaman, fungsi, dan suhu di kolam. Air panasnya sendiri berasal dari mata air panas Gunung Windu. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan merilekskan tubuh agar tidak kaku dan kaku.

Semua kolam sudah diberi ubin sehingga warna airnya terlihat jernih. Dari kejauhan terlihat biru kehijauan, gumpalan asap menandakan hangatnya air. Kolam pertama adalah kolam yang berada di dekat pintu masuk. Di kedalaman sekitar 1,5 meter, dengan suhu air kolam 40 derajat Celcius.

Kolam ini ditujukan untuk pengunjung dewasa yang mencari terapi. Berikutnya adalah kolam terluas dengan kedalaman 80 cm. Kolam ini bisa digunakan oleh orang dewasa hingga anak-anak dan biasanya digunakan untuk berenang. Suhu di pemandian air panas ini mencapai 35 derajat Celcius, lebih rendah dari kolam pertama.

Baca: Tiket Masuk DUSUN BAMBU Lembang dan 8 Opsional Aktivitas

Relaksasi tubuh dengan berendam di air panas

kolam air panaskolam air panas Foto: Gmap/Rama Ramdani

Selain dua kolam sebelumnya, ada lagi kolam khusus. Jika ingin menggunakan kolam ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 10.000. Kolam ini biasanya lebih tenang dan lebih kecil. Jadi kalau mau berenang lebih tenang, kolam ini lebih pas dan cocok.

Ini adalah kegiatan yang menyenangkan untuk bersantai sambil duduk di dinding kolam dan merenungkan pemandangan sekitar. Air panas dengan suhu 35 derajat Celcius bisa jadi obat penat di tubuh. Seolah enggan bergerak saat tubuhnya terendam air kolam.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TAMAN SKY Pangalengan

memancing Melanjutkan di kolam ikan

Ada kolam lain di sekitar kolam pemandian. Bedanya, kolam ini merupakan kolam yang dasarnya masih berupa tanah. Kolam ini didesain khusus untuk wisatawan yang ingin memancing. Anda bisa membawa alat tangkap sendiri atau menyewanya dari objek wisata.

Wisatawan yang hobi mancing siap duduk berjam-jam menunggu umpan ditelan. Sambil menunggu ikan, wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar. Perpaduan lanskap hijau pepohonan dan kebun teh serta birunya pegunungan dan langit. Menjadi hiburan yang bisa menghilangkan rasa bosan saat menunggu joran.

Selain memancing, ada tradisi lokal yang bisa dilakukan di tambak. Pengetahuannya adalah Melanjutkanyang tentunya juga menarik bagi wisatawan luar daerah. Melanjutkan adalah cara menangkap ikan langsung dengan tangan tanpa alat. Jadi bersiaplah untuk basah dan menceburkan diri ke dalam kolam jika Anda melakukannya.

Baca: Tiket Masuk DAGO DREAM PARK dan Top 10 Wahana

Nikmati kuliner nikmat di tengah air panas

Salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati kuliner di tempat wisata ini. Udara dingin akan dilawan dengan menikmati makanan hangat, yang tentunya sangat cocok. Hidangan khas Sunda dan minuman panas dapat dipilih dari menu. Wisatawan juga bisa menikmati teh panas sambil mengamati pemandangan kebun teh di sekitarnya.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cibolang

Pilihan akomodasi di kawasan wisataPilihan akomodasi di kawasan wisata. Foto: Gmap/Zamil Abdul Aziz

Berdiri sejak tahun 1985, tempat wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap. Ada toilet dan ruang ganti, mushola, tempat parkir dan gubuk. Ada juga penginapan yang masih berada di kawasan wisata. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin menginap disini.

Alamat pemandian air panas Cibolang

Pemandian air panas ini terletak di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bandung dan perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button