Tempat Wisata

Pulau Kelapa, pulau indah dengan keindahan bawah laut di Jakarta

harga tiket: Dari Rp 200.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Kelapa, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Kelapa adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini memiliki berbagai atraksi yang ditawarkan.

Kawasan Kepulauan Seribu memang menjadi tempat wisata paling populer di wilayah Jabodetabek. Di kawasan kecil di Jakarta yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat asri ini, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur. Salah satu tempat wisata terbaik adalah Pulau Kelapa.

Sama seperti Pulau Harapan yang juga termasuk wilayah Kepulauan Seribu, pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa ini memiliki penduduk mayoritas suku Bugis dan Mandar. Di sepanjang pantai, wisatawan akan terpesona dengan deretan pohon bakau yang hijau subur.

Sedangkan di sisi lain pulau, yakni dermaga timur dan utara, dipenuhi perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi untuk digunakan melaut. Pulau Kelapa sendiri termasuk salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki penduduk cukup padat.

Daya Tarik Pulau Kelapa

Daya Tarik Pulau Kelapa JakartaSumber gambar: Twitter Pulau Cinta

Seperti kebanyakan Kepulauan Seribu yang dijadikan destinasi wisata, Pulau Kelapa memiliki daya tarik utama berupa keindahan alam lautan, pantai, dan pulau-pulau yang masih terjaga keasriannya. Berikut adalah atraksi utama yang ditawarkan:

1. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik utama pulau seribu pulau ini tentu saja pemandangan alamnya yang indah. Pulau dengan luas sekitar 13 hektar ini dikelilingi oleh lautan biru dengan air yang jernih. Wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan alam berupa pasir putih bersih di pinggir pantai.

Selain itu, di pinggir pantai yang dikelilingi rimbunnya pohon kelapa dan deretan hutan bakau membuat pemandangan semakin indah dan sejuk.

2. Wisata Kehidupan Laut

Di antara daya tarik yang ditawarkan Pulau Kelapa tidak hanya pemandangan alam laut dan pantai yang luas, tetapi juga wisata biota laut.

Pulau ini memiliki cagar penangkaran penyu yang bisa dikunjungi wisatawan yang tertarik mempelajari seluk beluk hewan laut ini. Penangkaran penyu di pulau ini dapat dijadikan sebagai tempat edukasi yang menarik bagi anak-anak untuk belajar tentang perawatan penyu dan mengenal berbagai jenis penyu.

Selain itu, habitat terumbu karang yang masih alami di bawah laut juga bisa langsung dinikmati wisatawan.

3. Sajikan seafood segar

Layaknya pulau wisata lain di kawasan Kepulauan Seribu yang kaya akan hasil tangkapan biota laut, Pulau Kelapa juga memiliki daya tarik menyajikan biota laut segar yang baru ditangkap nelayan.

Wisatawan bisa menikmati aneka hidangan seafood seperti ikan, udang, remis, dan kepiting segar dengan harga terjangkau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Kelapa JakartaKredit Foto: Google Maps Sri R

Pulau Kelapa merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan gugusan Kepulauan Seribu. Pulau wisata ini terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Untuk menuju ke luar Kepulauan Seribu hanya ada satu pilihan transportasi yaitu transportasi laut karena pulau ini terpisah dari DKI Jakarta. Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil untuk menuju lokasi dari beberapa dermaga atau pelabuhan di Tangerang dan Jakarta.

Rute pertama yang bisa ditempuh adalah dari pelabuhan Marina Ancol atau Muara Angke. Penyeberangan dari pelabuhan Marina Ancol ke pulau ini memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Penyeberangan dari Pelabuhan Muara Angke memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam dengan feri.

Biaya perjalanan ke Pulau Kelapa

Tiket Pulau Kelapa JakartaSumber gambar: Google Maps Daeng Adri

Harga tiket masuk ke salah satu pulau wisata Kepulauan Seribu ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5.000. Anggaran yang cukup besar untuk disiapkan adalah biaya transportasi atau penyeberangan dari atau ke pulau.

Anggaran penyeberangan berbeda-beda tergantung rutenya. Misalnya, ketika wisatawan berangkat dari Pantai Marina Ancol, biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 250.000 untuk boat trip.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kelapa

Kegiatan di Pulau Kelapa JakartaKredit Foto: Google Maps Muhammad Hadyan Azizi Wisesa

Dengan total jumlah pulau di Kepulauan Seribu yang mencapai hampir 300 pulau, ada banyak tempat wisata yang bisa bebas dipilih wisatawan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Masing-masing tempat wisata ini menyajikan daya tarik yang unik dan berbeda dari tempat lainnya.

1. Berfoto di Spot Keren

Kegiatan yang tentunya tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke tempat wisata tentunya berburu spot foto yang keren. Pulau yang termasuk dalam gugusan pulau Kepulauan Seribu ini sangat kaya akan spot foto yang keren dan menakjubkan.

Wisatawan bisa berjalan-jalan menyusuri pantai untuk mencari spot terbaik untuk berfoto bersama teman, keluarga, atau sendiri. Wisatawan biasanya memilih berfoto pada sore hari saat sunset karena pemandangannya lebih menawan.

2. Mengunjungi Pulau Harapan melalui jembatan

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di pulau cantik ini adalah mengunjungi pulau terdekat di seberang jembatan, Pulau Harapan. Sebuah jembatan kayu dibangun untuk menghubungkan Pulau Kelapa dengan Pulau Harapan.

Keberadaan jembatan ini tentunya memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Harapan tanpa harus menggunakan transportasi laut lagi. Jadi wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin mengunjungi pulau selanjutnya karena cukup berjalan kaki menyeberangi jembatan.

3. Olahraga air

Bosan hanya berkeliling pulau dan mengambil foto? Pulau Kelapa juga menawarkan aktivitas menarik berupa water sport yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang.

Air laut yang jernih dengan biota laut yang masih terjaga menarik banyak wisatawan untuk snorkeling atau menyelam di sini. Banyak wisatawan memilih snorkeling di laut untuk melihat indahnya terumbu karang dengan ikan laut berwarna-warni.

Setidaknya ada 20 spot snorkeling di pulau ini, seperti Pulau Macan, Kayu Angin Genteng, dll. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak anaknya bermain air atau berenang di pantai. Air laut dengan ombak yang tenang membuat berenang bersama anak-anak di tepi laut menjadi aman.

4. Bersantai di bawah pohon yang sejuk

Setelah lelah berkeliling pulau, wisatawan bisa duduk santai di bawah rimbunnya pohon bakau yang berjejer rapi di sepanjang pantai. Ternyata pulau yang satu ini tidak hanya ditumbuhi pohon kelapa saja tetapi juga memiliki hutan bakau yang cukup luas.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Tanaman Pulau Kelapa JakartaKredit foto: Google Maps Seongchoul Myung

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kelapa terbilang cukup lengkap mengingat pulau ini memiliki penduduk tetap yang sudah lama tinggal di sana. Fasilitas umum juga telah disediakan oleh pemerintah setempat untuk mendukung kegiatan pariwisata di kawasan Kepulauan Seribu.

Beberapa fasilitas yang tersedia di pulau ini antara lain homestay, warung makan dan kafe, rumah ibadah, fasilitas kesehatan umum, taman bermain anak, ATM dan lain-lain.

Seperti namanya pulau kelapa memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar pulau. Letak pulau ini sendiri berdekatan dengan pulau-pulau terkenal lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka dan lain sebagainya. Sehingga, banyak wisatawan yang memutuskan untuk mampir ke pulau ini untuk beristirahat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button