Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Museum House of Sampoerna Februari 2023

Harga tiket Sampoerna House: Gratis. Jam buka: 09.00 – 18.00. Nomor Telepon: (031) 3539000. Alamat/Lokasi: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60163.

Berlibur di Surabaya belum lengkap tanpa berkunjung ke Museum House of Sampoerna Surabaya. Museum ini merupakan museum tembakau dan markas dari pabrik rokok Sampoerna. Dibangun pada tahun 1862, tetapi museum ini baru dibuka secara resmi pada tahun 2003.

Museum ini memiliki gaya arsitektur yang dipengaruhi oleh gaya Kolonial Belanda. Sebelum menjadi museum, gedung ini berfungsi sebagai panti asuhan yang dikelola Belanda. Pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee dan digunakan sebagai fasilitas produksi rokok Sampoerna.

Biaya masuk ke Museum Sampoerna

Biaya masuk museum ini tidak harus mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Penghapusan tarif masuk merupakan bentuk tanggung jawab sosial museum dalam menyampaikan sejarah.

Biaya masuk ke Museum Sampoerna
tiket masuk Bebas

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Monumen Kapal Selam

Jam buka museum

Museum ditutup sementara menunggu pengumuman lebih lanjut

Museum buka setiap hari dari pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan. Pengunjung yang datang ke sini diminta membawa KTP sebagai syarat masuk ke museum ini.

Jam buka museum
Senin minggu 09.00 – 18.00
proses produksi rokok 09.00 – 14.00

Pengunjung dengan jumlah lebih dari 25 orang diharapkan menghubungi (031) 3539000. Sedangkan proses produksi rokok bisa dilihat hingga pukul 14.00 atau saat jam kerja. Museum ini juga tutup selama Idul Fitri.

Aktivitas dan atraksi House of the Sampoerna Museum

pintu masuk ke rumah sampoernaPintu masuk ke rumah Museum Sampoerna dihiasi dengan 4 tiang besar. Foto: Google Maps/Edo Septian Nugroho

Kalian pasti penasaran apa saja yang bisa kita lakukan di museum ini? Berikut adalah beberapa kegiatan dan daya tarik museum ini.

Pelajari sejarah Keretek di Indonesia

Saat pertama kali memasuki museum ini, Anda pasti akan mencium aroma cengkih yang sangat menyengat. Pasalnya, lantai 2 museum ini masih digunakan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna. Lantai dasar digunakan sebagai area pameran untuk segala hal yang berkaitan dengan pembuatan rokok.

Di lantai satu terdapat koleksi mahakarya berupa replika stand dan mesin Sampoerna. Ada juga sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok.

Di lantai dua, pengunjung bisa langsung melihat produksi rokok Dji Sam Soe. Proses produksinya bisa dilihat di balik kaca transparan dan hanya berlangsung hingga pukul 14.00. Meskipun memproduksi rokok yang umumnya dikonsumsi oleh pria, sebagian besar karyawannya adalah wanita.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Hutan Mangrove Surabaya

Berkeliling Surabaya gratis

gratis bus tour heritage surabayaBus Jalur Merah Surabaya Heritage – Foto: Instagram/andri_de_feraudy

Dengan layanan bus Surabaya Heritage Track, Anda dapat dengan mudah mengenal sejarah kota Surabaya. Bus berwarna merah ini terletak di halaman Museum House of Sampoerna. Pengunjung diajak berkeliling Surabaya secara gratis. Dilengkapi dengan guide yang akan menjelaskan sejarah tempat dan bangunan yang akan dilalui.

Meski gratis, Surabaya Heritage Track memiliki kontingen yang terbatas karena hanya ada satu armada bus. Durasi perjalanan di Surabaya Heritage Track adalah satu hingga satu setengah jam. Perlu diketahui bahwa Surabaya Heritage Track memiliki rute yang berbeda tergantung hari dan waktunya.

TUR REGULER
Senin kamis
Surabaya – Kota Pahlawan
(Tugu Pahlawan – PTPN XI)
10:00 – 11:00
Surabaya – Kota perdagangan
(Kelenteng Hok Ang Kiong – Bank Escompto)
13:00 – 14:00
Surabaya pada masa pendudukan Belanda
(Kantor Pos Kebonrojo – Gereja Kepanjen – Ex. De Javasche Bank)
15:00 – 16:30
Jumat Sabtu
Jelajahi Surabaya
(De Simpangsche Societeit – Ex. De Javasche Bank)
10:00 – 11:30
Surabaya – Kota Pahlawan
(Tugu Pahlawan – PTPN XI)
13:00 – 14:30
Kronik Surabaya
(Kampung Kraton – De Simpangsche Societeit – Cak Duram)
15:00 – 16:30

Nikmati kopi di kafe Tanamera House Of Sampoerna

Café Tanera, rumah SampoernaSelain mengunjungi museum, ada juga kafe dengan berbagai pilihan kopi dan makanan.

Lelah setelah jalan-jalan? Jangan khawatir karena ada kafe di sebelah galeri seni. Kedai kopi bernama Tanamera buka mulai pukul 09:00 hingga 19:00.

Pengunjung bisa menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Rp 35.000,00. Selain kopi, ada juga pilihan makanan dengan harga mulai dari Rp 70.000,00. Ada juga pertunjukan musik live pada hari dan jam tertentu.

Kafe ini mengusung tema klasik namun dengan tampilan modern. Lukisan-lukisan klasik dan modern menggantung di dinding kafe menghiasi suasana kafe.

beli oleh-oleh

Kerabat atau teman minta oleh-oleh? Jangan khawatir karena di dalam museum terdapat tempat untuk membeli oleh-oleh. Pengunjung bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Surabaya. Mulai dari baju, sepatu, mug, tas, dll yang ada di lantai satu museum. Ada berbagai kain batik Indonesia di lantai dua.

difoto

Liburan pun terasa kurang lengkap jika tidak berfoto. Rumah Museum Sampoerna memiliki beberapa spot foto yang menarik.

Mulai dari kolam ikan di depan pintu masuk hingga berfoto dengan replikanya. Berfoto di kafe Tanamera juga bisa menghasilkan foto yang menarik lho.

Lokasi rumah Sampoerna

Rumah Museum Sampoerna terletak di kawasan Surabaya lama. Tepatnya di Jalan Taman Sampoerna No.6 Krembangan Utara di Cantian Surabaya. Ada banyak tempat wisata sejarah dan religi di sekitar museum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button