Tempat Wisata

Air Terjun Sarambu Masiang, air terjun yang indah dengan panorama alam yang mempesona di Luwu

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kaladi Darussalam, Kec. Suli Barat, Kab.Luwu, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Air Terjun Sarambu Miang merupakan salah satu objek wisata menarik dan potensial yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu.

Keindahan alam Indonesia memang luar biasa. Bentang alam yang beraneka ragam dengan berbagai keindahan membuat negeri ini dikaruniai potensi wisata yang luar biasa. Salah satu obyek wisata potensial yang sedang dikembangkan saat ini adalah Air Terjun Sarambu Masiang.

Berada di Kabupaten Luwu, air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis yang dijamin membuat semua orang jatuh cinta saat melihatnya. Berada di kaki Gunung Latimojong, wisatawan akan disambut oleh derasnya aliran air terjun yang sejuk dan juga sangat jernih.

Untuk menuju kawasan wisata air terjun, wisatawan terlebih dahulu harus melintasi kawasan hutan yang masih asri dan juga cukup lebat. Obyek wisata yang satu ini sangat cocok sebagai tempat beristirahat, bersantai ataupun melakukan kegiatan outdoor.

Daya tarik air terjun Sarambu Masiang

Daya tarik air terjun Sarambu MasiangSumber gambar: Facebook Habibi Idea Walk

Obyek wisata Air Terjun Sarambu Masiang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Belopa Sulawesi Selatan berkat daya tariknya yang luar biasa. Ada banyak alasan yang membuat wisatawan senang mengunjungi air terjun yang satu ini.

1. Suasana alam pegunungan

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan tempat wisata Air Terjun Sarambu Masiang adalah suasana pegunungan yang masih sangat asri. Air terjun yang terletak tepat di kaki Gunung Latimojong ini diapit oleh dua buah gunung yang masih belum terjamah.

Sehingga suasana asri dan segar khas pegunungan masih sangat terasa. Oleh karena itu, tempat wisata ini menjadi pilihan liburan yang paling cocok bagi mereka yang ingin rehat dari hiruk pikuk khas perkotaan.

Ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi berjejer di kedua sisi air terjun. Udara segar pepohonan menjamin kedamaian dan ketenangan.

2. Air terjun deras dengan air tawar

Tentunya jika dilihat dari daya tariknya, daya tarik wisata alam ini adalah derasnya air terjun yang mengalir turun dari ketinggian sekitar 150 meter. Air terjun ini sangat segar dan jernih karena berasal dari mata air Gunung Latimojong yang masih alami.

Selain itu, di bawah air terjun terdapat sungai kecil dengan aliran yang berasal dari air terjun. Oleh karena itu, pesona alam yang terbentuk di sekitar air terjun dijamin akan memukau para pengunjung yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Sarambu MasiangKredit foto: Google Maps Kibaraja Studio

Air Terjun Sarambu Masiang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Desa Kalidi Darussalam, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Air terjun yang sangat indah ini hanya berjarak sekitar 35 km dari ibu kota Luwu yaitu kota Belopa.

Meski letak desa ini cukup terpencil, namun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Namun, akses ke desa tersebut masih terbilang sulit. Tidak ada angkutan umum yang bisa digunakan pengunjung untuk mencapai tempat wisata ini.

Oleh karena itu, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan roda 2 maupun roda 4 jika ingin berwisata ke lokasi air terjun. Jalan menuju kawasan wisata dengan air terjun ini menyusuri jalur ke arah selatan dari kota Belopa.

Ada banyak itinerary yang bisa ditempuh untuk menuju kantor desa Kaladi Darussalam. Dari kantor desa ambil jalan menuju tempat air terjun dengan jarak sekitar 5 km. Di beberapa tempat terdapat rambu-rambu tempat wisata yang memudahkan wisatawan untuk menuju ke tempat tersebut.

Setelah sampai di titik lokasi, wisatawan dapat menitipkan kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. Selain itu, pengunjung harus menyusuri jalan menuruni bukit untuk sampai ke lokasi bibir air terjun.

Biaya masuk untuk wisata air terjun

Tarif masuk ke tempat wisata air terjun Sarambu Masiang ini bisa dikatakan cukup terjangkau karena dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar termasuk perangkat desa. Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tiket masuk Rp 10.000 pada hari kerja atau weekdays saja.

Sedangkan tiket masuk weekend sama saja, hanya Rp 10.000. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, objek wisata ini menjadi pilihan tepat bagi yang ingin berlibur dengan budget terbatas.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Sarambu Masiang

Aktivitas Air Terjun Sarambu MasiangKredit foto: Facebook Indrajaya

Keindahan alam yang masih alami menjadikan Air Terjun Sarambu Masiang pilihan liburan yang tepat untuk keluarga, teman atau sendiri. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, mulai dari menikmati alam hingga aktivitas yang memacu adrenalin.

1. Mainkan air

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan saat mengunjungi air terjun ini adalah bermain di air terjun yang aliran airnya sangat segar dan juga jernih.

Terdapat bebatuan besar di air terjun yang digunakan pengunjung untuk memanjat dan berendam sambil merasakan air yang menerpa tubuh. Pengunjung juga bisa berenang di sungai yang terbentuk di bawah air terjun.

Kecuali saat musim hujan, aliran air curug ini tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang.

2. Medan yang menantang bagi para petualang off-road

Air Terjun Sarambu Masiang terletak di tempat yang cukup terpencil sekitar 35 km dari pusat Kota Belopa. Karena medan yang harus dilalui untuk menuju lokasi air terjun cukup ekstrim, objek wisata yang satu ini sebenarnya cocok untuk para petualang off-road.

Banyak petualang yang menggunakan kendaraan roda 4 off road maupun motor trail dan memilih berpetualang di sekitar kawasan air terjun. Tantangan berkendara di medan yang tidak biasa tentu saja menjadi hal yang paling disukai para petualang.

3. Berburu foto keren

Pengunjung bisa berfoto di berbagai sudut kawasan wisata air terjun yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Ada banyak spot foto Instagrammable yang bisa dipilih di objek wisata air terjun ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Air Terjun Sarambu MasiangKredit foto: Google Maps Kibaraja Studio

Meski masih perlu pengembangan lebih lanjut oleh pengelola pemerintah desa setempat, Wisata Air Terjun Sarambu Masiang sudah memiliki beberapa fasilitas umum untuk menunjang kegiatan wisata.

Beberapa fasilitas di sekitar lokasi air terjun seperti jalan setapak beraspal dan tangga terpahat memudahkan wisatawan yang ingin menuju ke lokasi. Selain itu juga telah disediakan tempat parkir mobil khusus untuk memarkir kendaraan di luar pusat wisata.

Di luar kawasan wisata, terdapat beberapa warung makan dan minum yang dikelola warga setempat. Sedangkan ruang ibadah atau toilet bisa ditemukan di perkampungan yang agak jauh dari lokasi air terjun.

Destinasi wisata unggulan desa Kaladi Darussalam ini memang menjadi fokus perhatian pengelola desa untuk pengembangan lebih lanjut. Hotel ini terletak di ketinggian 640 mdpl di kaki Gunung Latimojong Air Terjun Sarambu Masiang memiliki suasana udara yang sangat sejuk dan juga segar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button