Tempat Wisata

3 Tempat Teratas untuk Menikmati Musim Semi Salju di Jepang, Seru!!

Mungkin menikmati salju di musim dingin adalah hal yang lumrah di Jepang. Meski memang sangat seru menikmati berbagai atraksi salju di musim dingin, namun tentunya akan lebih seru lagi menikmati salju di musim semi.

Bagaimana jika waktu perjalanan tidak bertepatan dengan musim dingin? Apakah menurut Anda ada tempat di Jepang yang saljunya bertahan lebih lama sehingga Anda dapat menikmatinya di luar musim dingin?

Tentu saja jawabannya iya, karena jika itu tidak ada, maka tentunya tidak perlu menulis artikel ini. Ada beberapa tempat di Jepang yang saljunya bertahan sedikit lebih lama sehingga Anda bisa menikmatinya hingga musim semi tiba.

Tempat terbaik untuk menikmati salju musim semi di Jepang

Nah kalau kamu penasaran banget mau main salju sementara cuma bisa wisata musim semi, kamu bisa cek tempat-tempat berikut ini.

1. Hokkaido

Rute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe melalui susu JawaRute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe melalui susu Jawa

Tempat terbaik pertama untuk menikmati salju di musim semi tentunya adalah kawasan Hokkaido. Karena letaknya di ujung utara Jepang, daerah ini memiliki musim dingin yang relatif lebih panjang.

Hokaido memiliki banyak resor ski menarik yang tetap buka hingga akhir musim semi, yaitu bulan Mei. Selama peralihan ke musim panas, salju mulai mencair dan akhirnya menghilang sama sekali di musim panas. Jika Anda tertarik pergi ke Hokkaido saat musim semi, Anda bisa membeli rail pass yang bisa dilihat di sini.

Resor ski di HokkaidoResor ski di Hokkaido
Resor Ski di Hokkaido Matcha-JpResor Ski di Hokkaido Matcha-Jp

2. Rute Alpen Tateyama-Kurobe

Rute Alpen Tateyama KurobeRute Alpen Tateyama Kurobe

Tempat favorit selanjutnya untuk menikmati salju di musim semi adalah Rute Alpen Tateyama Kurobe. Rute ini merupakan bagian dari rute yang ada di Pegunungan Alpen Jepang Utara. Bingung? Jadi di Jepang terdapat pegunungan yang mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa, yang kemudian disebut Pegunungan Alpen Jepang Tengah, Pegunungan Alpen Jepang Selatan, dan Pegunungan Alpen Jepang Utara.

Yang terakhir membentang melintasi wilayah Toyama, Nagano, dan Gifu dan memiliki beberapa puncak setinggi lebih dari 3.000 meter. Nah, Tateyama Kurobe Alpine Route merupakan rute yang melewati pegunungan dan menghubungkan kota Toyama dengan kota Omachi.

Rute ini sebenarnya sangat menarik karena dilalui dengan berbagai jenis kendaraan dan melewati tempat yang berbeda dengan pemandangan yang berbeda, jadi semoga lain kali saya bisa menulis lebih banyak di artikel terpisah.

Jadi apa hubungan rute ini dengan salju di musim semi? Ada koridor salju di bagian Rute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe, lebih tepatnya di bagian jalan yang menghubungkan Bijodaira ke Murodo. Ketinggiannya pun tidak main-main karena bisa mencapai 20 meter dengan panjang 500 meter.

Sulit membayangkan seberapa tinggi 20 meter itu? Jika mengikuti standar dalam arsitektur, dimana ketinggian dari lantai ke langit-langit adalah 3-4 meter, berarti ketinggian koridor salju ini setara dengan 5-6 lantai sebuah bangunan. Bahkan saat hujan salju lebat, koridor ini bisa setinggi 10 lantai bangunan. Luar biasa bukan?

Rute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe melalui susu JawaRute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe melalui susu Jawa

Koridor salju ditutup pada musim dingin dan hanya terbuka untuk pejalan kaki dari April hingga Juni. Saat itu, pengunjung diperbolehkan datang dengan berjalan kaki atau naik bus; dan lihat atraksi menghilangkan salju dari jalanan. Tidak punya waktu untuk datang di bulan April-Juni?

Tenang, koridor ini cukup awet. Masih akan ada salju di bulan Agustus. Apa cara terbaik untuk mengakses Rute Pegunungan Alpen Tateyama Kurobe dan koridor saljunya dari Tokyo? Bersabarlah, saya akan menulis yang lengkap terpisah nanti.

3. Kereta Gantung Shinhotaka

Kereta Gantung Shinhotaka melalui Match JpKereta Gantung Shinhotaka melalui Match Jp

Ada tempat favorit lain untuk menikmati salju di musim semi. Tidak pernah mendengar hal tersebut Kereta gantung Shinhotaka? Itulah nama kereta gantung paling unik di Jepang. Mengapa? Pertama karena kereta gantung ini adalah satu-satunya kereta gantung dari jenisnya bersusun alias 2 level di Jepang.

Kedua, karena kereta gantung ini memiliki ketinggian yang tidak biasa. Bagi yang pernah naik kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah dan ngeri, sebaiknya berpikir dua kali untuk naik kereta gantung ini. Bayangkan kereta gantung ini melintas di ketinggian 2156 meter, jadi 2 kilometer lebih!

Kereta Gantung Shinhotaka melalui Match JpKereta Gantung Shinhotaka melalui Match Jp
Kereta Gantung Shinhotaka melewati Fung JepangKereta Gantung Shinhotaka melalui Fun Japan

Kereta Gantung Shinhotaka terletak di Prefektur Gifu, di kota Okuhida. Mengapa kereta gantung ini bisa lewat di ketinggian yang tidak biasa? Itu karena kereta gantung ini bergerak di antara Pegunungan Hotake.

Dengan kata lain, kereta gantung ini melintasi lembah di antara gunung-gunung yang beberapa di antaranya memiliki puncak tertinggi di Jepang. bagaimana saljunya

Nah, salah satu pemandangan yang bisa dilihat dari kereta gantung ini adalah Gunung Kasagadake dengan puncak hingga 2898 mdpl yang masih tertutup salju hingga akhir musim semi.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan puncak gunung yang diselimuti salju dari kereta gantung, atau hanya sekedar melihat sekilas salju Melihat platform yang ada di stasiun kereta gantung Shinhotaka.

Oh, jadi kamu tidak bisa bermain di salju? Tenang, di sekitar stasiun kereta gantung di puncak gunung biasanya masih ada salju yang bertahan hingga akhir Juni.

Apakah Anda ingin mencoba kereta gantung Shinhotaka? Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta JR ke Stasiun Matsumoto (¥3890*, 158 menit) lalu naik bus ke Stasiun Pangkalan Kereta Gantung Shinhotaka (120 menit).

Sebenarnya masih banyak tempat lain yang menawarkan kesempatan untuk menikmati salju di musim semi. Beberapa resor ski di wilayah Bandai, Prefektur Fukushima buka hingga akhir Mei.

Demikian pula, resor ski di sekitar Gunung Fuji rata-rata dibuka hingga awal April. Jadi kenapa banyak tempat di Jepang masih bersalju sampai musim semi hampir berakhir?

Namun jika memang ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut di luar musim dingin, sebaiknya terus pantau ramalan cuaca setempat. Mengingat perubahan cuaca akhir-akhir ini sulit diprediksi, seharusnya salju tidak mencair sebelum waktunya saat Anda tiba.

* * * * * *

Oleh karena itu, berikut adalah ikhtisar beserta rekomendasi tempat terbaik untuk dikunjungi menikmati salju di Jepang pada musim semi. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan anda selanjutnya. Selamat berwisata!

Kunjungi juga: 20 kota wisata terbaik dan terpopuler di Jepang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button