Tempat Wisata

Air Terjun Cikondang, Saksikan pesona air terjun mistis di Cianjur

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Sukadana, Kec. Campaka, Cab.Cianjur, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Obyek wisata Curug merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Jawa Barat, salah satunya Air Terjun Cikondang di Cianjur. Kawasan ini dikenal dengan surganya air terjun karena banyak terdapat wisata air terjun di bumi parahyangan ini.

Air terjun di kabupaten ini terkenal karena keindahannya. Pesonanya yang menakjubkan membuat air terjun ini juga dikenal dengan Mini Niagara. Air terjun ini tidak hanya menawarkan panorama yang indah, air terjun yang tingginya mencapai 70 meter ini memiliki banyak cerita di baliknya. Kisah-kisah inilah yang kemudian menjadi salah satu daya tarik Curug Cikondang.

Apalagi saat musim liburan tiba, tempat ini akan ramai dikunjungi pengunjung, baik lokal maupun dari luar kota. Meski banyak air terjun di Jawa Barat, namun air terjun eksotik ini memiliki satu keistimewaan yang menjadi daya tarik tersendiri.

Daya Tarik Air Terjun Cikondang

Objek Wisata Air Terjun CikondangSumber gambar: Google Maps oleh bakteri pengurai limbah cair milik risma

Setiap objek wisata memiliki keunikan tersendiri yang menarik minat pengunjung. Nah berikut adalah beberapa objek wisata yang ada di Curug Cikondang.

1. Niagara Mini di Indonesia

Daya tarik utama air terjun ini adalah keindahannya yang konon menyerupai Air Terjun Niagara. Makanya, air terjun di Kabupaten Cianjur ini dikenal dengan Mini Niagara.

Meski tidak selebar dan setinggi aslinya, Curug Cikondang memiliki lebar 20 meter dan tinggi 70 meter. Sebab, debit air air terjun ini sangat besar.

2. Pemandangan lokasi yang indah

Dalam perjalanan menuju lokasi, mata Anda akan dimanjakan dengan pesona alam. Dimana pada setiap jalur wisatawan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang indah, panorama khas pegunungan.

Ada puluhan hektar kebun teh yang menghijau ditemani kabut tipis. Apalagi jika perjalanan dilakukan pada sore atau pagi hari, Anda bisa merasakan sejuknya udara menuju air terjun cantik ini.

3. Sejarah Air Terjun Cikondang

Banyak orang yang mengira bahwa nama Cikondang berasal dari bahasa Sunda yang berarti terkenal. Padahal, penamaan tersebut berasal dari nama pohon Loa atau Kondang.

Ini terdiri dari sejumlah anak tangga bertumpuk dengan dinding batu hitam. Air Terjun Cikondang diapit oleh tumbuh-tumbuhan alami dan bebatuan besar yang menambah keindahan.

4. Mitos dan misteri

Tak bisa dipungkiri, mitos tentang air terjun ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Keindahan air terjun ini memiliki banyak cerita menarik di baliknya.

Kisah-kisah mistis ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Konon Curug Cikondang ada penjaganya, sehingga saat ini wisatawan dilarang mendekati kawasan air terjun menjelang pukul 17.00 WIB.

5. Air curug dipercaya memiliki khasiat

Daya tarik berikutnya adalah air terjun dari Sungai Cikondang yang konon memiliki khasiat tertentu. Tak sedikit warga dan wisatawan yang percaya bahwa air terjun bisa membuat orang terkenal.

Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa kawasan air terjun selalu ramai pengunjung. Banyak orang datang untuk mandi atau bermeditasi untuk diberkati oleh air terjun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CikandongSumber gambar: Google Maps Santi Prismitha

Wisata alam ini berlangsung di Desa Sukadana di Kecamatan Campaka yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Cianjur. Untuk menuju ke tempat tersebut, wisatawan dapat menggunakan salah satu dari dua jalur yang tersedia. Jalur pertama melewati Lampegan dan Warungkondang dan jalur kedua melewati Cibeber dan Cilaku.

Saat Anda berada di tujuan Gunung Padang, jarak ke Air Terjun Cikondang adalah 10 km. Namun dari pusat kota, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 37 km.

Wisatawan juga bisa menggunakan jalur Cilaku menuju Cibeber tanpa mengambil jalur kiri, akses jalan relatif sudah baik. Meski kondisi jalan di jalur ini sedikit rusak, namun jarak yang harus ditempuh tidak terlalu jauh.

Biaya masuk wisata alam

Sebagai destinasi primadona, harga tiket masuk Curug Cikondang sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per orang. Harga tiket sudah termasuk hari kerja dan hari libur. Namun, biaya masuk tersebut belum termasuk biaya parkir.

Parkir disediakan warga dengan tarif mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk roda dua dan empat. Air terjun cantik ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Artinya, seluruh wisatawan dilarang menginap di kawasan air terjun di luar jam operasional.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Cikondang

Aktivitas seru di Air Terjun CikondangKredit foto: Google Maps Maya MSD

Agar liburan Anda semakin seru, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di Air Terjun Cikondang. Di bawah ini adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata.

1. Abseiling

Jika Anda menyukai aktivitas yang memompa adrenalin, cobalah meluncur. Sekilas kegiatan ini mirip dengan panjat tebing karena peralatan yang digunakan sama.

Namun aktivitas yang dilakukan menuruni tebing di kawasan Air Terjun Cikondang. Sehingga wisatawan perlu mempersiapkan kondisi fisik yang prima serta keberanian yang kuat.

Tentunya sebelum menuruni tebing, peserta harus mendaki bukit terlebih dahulu titik abseil. Kemudian gunakan safety kit untuk keamanan aktivitas ekstrim ini. Untuk mengikuti kegiatan menarik ini, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 250.000.

2. Mainkan air

Wisatawan bisa merasakan derasnya air dan dinginnya air saat mendekati air terjun melalui bebatuan. Air yang jatuh mendinginkan area dengan air mendidihnya.

Namun untuk amannya, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan air terjun ini saat bermain air. Anda bisa bermain di air terjun yang membentuk sungai karena jauh lebih aman.

3. Berkemah

Selain bermain air di dekat air terjun, ada juga area khusus untuk mendirikan tenda. Wisata ini sering dijadikan tempat untuk camping atau berkemah berkemah.

Pastikan untuk memilih waktu pengeringan jika Anda ingin melakukan ini berkemah di air terjun Cikondang. Dan nikmati pemandangan alam yang menakjubkan saat Anda berada di sana berkemah Daerah.

4. Berburu foto

Bagi anda yang suka selfie atau selfiejangan khawatir karena pengelola menyediakan Pekerjaan menarik untuk foto. Tak jauh dari air terjun terdapat sebuah batu besar dengan platform dan penghalang benturan.

Tempat ini memang sengaja dibuat untuk wisatawan yang ingin berfoto dengan background air terjun. Selain itu, Anda bisa menjelajahi setiap sudut objek wisata alam ini Pekerjaan foto ini Instagramable. menyembuhkan di air terjun tidak akan sempurna kecuali diabadikan melalui fotografi kan?

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Kredit foto: Google Maps indra dh

Curug Cikondang telah ditetapkan sebagai tujuan wisata sejak tahun 2008, banyak pembenahan yang dilakukan. Semula, air terjun ini hanya sebagai penunjang wisata sejarah Komplek Megalitikum Gunung Padang.

Pesona air terjun ini semakin dikenal luas, sehingga pengelola mulai melakukan berbagai perbaikan fasilitas. Sekarang menjadi tujuan wisata utama, bukan tujuan sekunder.

Meski berada di kawasan pegunungan yang relatif terpencil, namun fasilitas di kawasan air terjun ini cukup memadai. Di mana ada akses jalan yang bagus, ada toilet, tempat parkir, dan tempat istirahat. Selain itu, ada juga mushola, warung makan dan masih banyak lagi keluarga tamu atau akomodasi.

Rasakan momen liburan tak terlupakan bersama orang tersayang di Curug Cikondang Cianjur. Segarkan kembali semangat yang lelah dengan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button