Tempat Wisata

Pantai Sanur Bali – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Harga Tiket – Pantai Sanur merupakan destinasi wisata bahari yang terkenal dan menakjubkan di pulau Bali. Menawarkan keindahan alam bak surga dunia sekaligus momen liburan yang menyenangkan.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Kusuma Sari No.1, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali; map: Cek lokasi

Nama Pantai Sanur sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan, setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung dari dalam dan luar negeri. Pemandangannya indah, seperti berada di surga dunia. Lalu apa sisi istimewa dari pantai terkenal di pulau dewata, Denpasar, Bali yang membuatnya begitu mempesona?

Sejarah Singkat Pantai Sanur Bali

Sejarah Singkat Pantai Sanur BaliKredit foto: Google Maps Jolanda van Ee van der Pijl

Pantai Sanur sudah lama dikenal sebagai tempat liburan yang mempesona di pulau Bali. Namanya dikenal di seluruh dunia, sehingga tidak heran jika banyak turis asing yang sering datang. Namun perlu Anda ketahui bahwa pantai ini sebenarnya baru diperkenalkan pada tahun 1937. Artis Belgia bernama AJ Le Mayeur yang membawa Pantai Sanur ke pentas dunia.

Mayeur pun kemudian ditakdirkan untuk jatuh cinta dengan pesona alam pantai ini. Setelah beberapa tahun, ia semakin jatuh cinta dengan pantai eksotis ini, setelah menemukan idolanya di sini. Mayeur memutuskan untuk menikah dengan Ni Polok, gadis Bali yang memimpin pelukis untuk menjelajahi keindahan laut Pantai Sanur.

Mayeur mengungkapkan sisi eksotis pantai ini melalui lukisan. Setiap ada pameran lukisan di luar negeri, Mayeur mempresentasikan karyanya. Hingga banyak pengunjung yang datang karena menyukai detail dan pesona karyanya. Dari sini, perlahan pantai ini berubah menjadi wisata Pulau Dewata yang sayang untuk dilewatkan.

Bisa dikatakan kawasan Sanur merupakan salah satu pionir pariwisata di Bali. Sebelum adanya Pantai Kuta atau destinasi wisata lainnya, Pantai Sanur selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Tak ayal jika sampai saat ini setiap wisatawan terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi Dataran Sanur.

Atraksi Utama Pantai Sanur Bali

Atraksi Pantai Sanur BaliKredit foto: Google Maps Prima Wahyudi

Bagi Anda yang belum pernah liburan ke pantai indah di pulau Bali, tentu akan bertanya-tanya apa saja sisi istimewanya. Jadi ada baiknya Anda segera mencari jawabannya agar bisa membuktikan sendiri pesona pantai ini. Jadi Anda tidak lagi penasaran panorama alam mana saja yang sering dibicarakan.

Tidak semua pantai di Bali memiliki pasir putih, kecuali Pantai Sanur. Anda akan menemukan hamparan pasir putih yang masih terjaga dengan baik. Pantai berpasir sepanjang 8 kilometer ini begitu menawan. Hal ini membuat Mayeur terkesan dan mengabadikannya dalam sebuah lukisan.

Di tepi pantai ini terdapat jalan setapak yang biasa digunakan wisatawan untuk bersepeda atau berjalan kaki. Ditunjang juga dengan jogging track menjadikan area pantai sebagai tempat berolahraga. Selain itu, suasana hangat di pagi hari menginspirasi wisatawan untuk menikmati Sanur sambil berolahraga.

Sambil jogging Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit terbaik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Anda juga bisa melihat eksotisme matahari terbit dari gazebo sambil menyeruput secangkir teh atau kopi. Tidak hanya pagi hari yang mempesona, matahari terbenam di sore hari juga tidak kalah mengesankan.

Selain pasir putihnya yang indah, Pantai Sanur memiliki ombak yang relatif tenang. Belum lagi kontur pantai yang dangkal, menjadikannya tempat yang aman untuk berenang. Anda tidak perlu khawatir bermain air bersama si kecil di sini. Namun, tetap waspada dan awasi untuk memastikan anak-anak tidak melewati batas pantai.

Perahu tradisional berjajar di kanan dan kiri pantai ini. Perahu itu milik warga setempat yang juga berlabuh untuk memancing. Ada juga beberapa perahu yang disewakan untuk aktivitas di sekitar pantai ini. Pemandangan ini sering dijadikan oleh wisatawan sebagai spot foto yang Instagramable.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sanur

Alamat Pantai SanurSumber gambar: Google Maps Wiraseta

Pulau Dewata sebenarnya memiliki banyak destinasi bahari yang cukup banyak. Namun, Pantai Sanur tetap menjadi pemenang di hati para wisatawan. Seolah mengunjungi pantai di sisi tenggara pulau Bali sudah menjadi suatu keharusan. Apalagi mengingat akses menuju pantai berpasir putih ini cukup dekat karena masih berada di bawah pemerintahan Kota Denpasar.

Kawasan Pantai Sanur berada tepat di sebelah timur Kota Denpasar. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menemukan rute tercepat menuju pantai ini. Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil dan sepeda motor. Karena masih dalam kawasan wisata kota, Anda juga bisa memanfaatkan pilihan transportasi online.

Jika Anda terbang dari Bandara Ngurah Rai, Anda akan menempuh jarak sekitar 16 kilometer, atau sekitar 31 menit. Kemudian lewati Jalan Nusa Dua atau Bali Mandara menuju Tol Benoa. Selanjutnya Anda harus melalui Jalan Bet Ngandang II di Depansar City, lalu ke Jalan Danau Tamblingan hingga Jalan Duyung dan kemudian sampai di pantai yang terkenal ini.

Lain cerita saat Anda keluar dari kawasan wisata Seminyak. Maka Anda harus menempuh jarak sekitar 18 kilometer. Perkiraan waktu sampai di pantai kurang lebih 45 menit. Atau misalnya jika Anda berada di tempat wisata Sawah Terasering Tegalalang, maka jaraknya 33 kilometer. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 10 menit.

Untuk kenyamanan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Maps. Sehingga keakuratan lokasi lebih akurat dari perkiraan Anda sendiri. Atau tanyakan kepada warga sekitar yang tahu persis dimana letak Pantai Sanur. Semakin cepat Anda menemukan rute dan sarana transportasi yang tepat, semakin cepat Anda akan melihat keindahan pantai.

Pengelola pantai ini tidak memungut biaya masuk bagi pengunjung. Wisatawan bebas memasuki kawasan wisata ini sesuka hati. Bahkan jika Anda ingin menghabiskan sepanjang hari di Sanur, itu tidak masalah. Bagi wisatawan, hanya dikenakan biaya parkir yang bervariasi tergantung mobil dan motor.

Aktivitas liburan menarik di pantai Sanur

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai SanurKredit foto: Google Maps Coryna Yusi

Pantai Sanur tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga berbagai aktivitas menarik untuk mengisi liburan. Di sini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru yang akan menyempurnakan momen liburan Anda. Bahkan beberapa dari Anda akan mengingatnya sebagai agenda paling menyenangkan dalam hidup Anda.

Seperti agenda wajib ketika pergi ke pantai pada umumnya, snorkeling menjadi pilihan utama para wisatawan. Anda bisa melihat sendiri keindahan alam bawah laut yang mempesona. Dengan air laut yang jernih, Anda bisa melihat berbagai biota laut secara langsung. Jangan lupa abadikan keindahannya di kamera.

Setelah puas snorkeling, Anda bisa mencoba menyewa kano. Tak ada salahnya mengitari Pantai Sanur dengan mendayung santai. Anda bisa membingkai kegiatan ini sebagai agenda refreshing sambil memandangi birunya laut. Angin sepoi-sepoi membuat pikiran Anda lebih rileks dan melepaskan penat.

Jika Anda bermain kano, Anda harus pergi ke Pantai Karang Sanur. Salah satu gugusan pantai ini merupakan kawasan terbersih. Di sini Anda bisa duduk santai di pantai berpasir putih sambil menunggu matahari terbenam. Di sepanjang pantai ada jalur untuk berjalan kaki dan bersepeda.

Jika Anda mengunjungi Pantai Sanur bersama buah hati Anda, sangat disarankan untuk mencoba aktivitas Seawalker. Wahana ini dirancang untuk wisatawan yang bukan ahli menyelam tetapi ingin melihat keindahan alam bawah laut. Sea walker belakangan ini menjadi agenda edukasi untuk mengenalkan biota laut.

Sayangnya, Anda harus membayar ekstra untuk menyewa perlengkapan Seawalker. Namun, itu sepadan dengan pengalaman tak terlupakan yang Anda dapatkan. Anda akan diajak menyelam hingga kedalaman 6 meter menggunakan helm anti air. Selanjutnya, instruktur akan memandu Anda untuk berjalan dengan hati-hati di atas karang laut.

Pantai Sanur juga menawarkan permainan jet ski bagi wisatawan yang ingin meningkatkan adrenalin. Wahana ini mirip dengan Tanjung Benoa, bedanya tidak ada instruktur di pantai ini. Namun jangan khawatir, meskipun Anda pergi jet ski sendirian, Anda akan dipandu oleh ahlinya terlebih dahulu.

Jika Anda bosan dengan aktivitas air, Big Garden Corner bisa menjadi alternatif. Tempat ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sini Anda akan menemukan taman yang indah dan spot foto yang instagramable. Selain itu, ada taman air, serta restoran dengan pilihan hidangan lezat.

Penginapan murah di sekitar pantai Sanur

Akomodasi tepi pantai SanurKredit foto: Google Maps Frans Fiby

Tidaklah memuaskan liburan di Pantai Sanur hanya dalam satu hari. Kali ini Anda membutuhkan setidaknya tiga hari untuk memuaskan hasrat liburan Anda. Oleh karena itu, sebelum sampai di lokasi ada baiknya mencari penginapan terdekat yang mana jika sesuai dengan isi dompet. Pastikan juga fasilitas yang tersedia sesuai dengan standar Anda.

Untungnya, ada banyak penginapan di sekitar pantai. Jaraknya bisa hanya beberapa langkah dari pantai. Dari kamar penginapan Anda langsung bisa melihat pemandangan pantai. Anda bahkan dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari akomodasi Anda tanpa harus pergi ke pantai.

Setiap penginapan menawarkan fasilitas yang berbeda, tentunya dengan harga yang berbeda pula. Namun, rata-rata harga sewa kamar tamu masih ramah kantong. Soal fasilitas, pengelola sudah menyesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Jadi dijamin betah untuk liburan panjang di Pantai Sanur.

Meski jumlah penginapan di sekitar pantai cukup banyak, Anda tidak boleh meremehkannya. Karena tempat wisata ini jarang sepi pengunjung, otomatis penginapan selalu ramai. Sebaiknya reservasi terlebih dahulu setelah Anda menemukan tempat menginap yang cocok.

Fasilitas pantai Sanur

Fasilitas Pantai Sanur BaliKredit foto: Google Maps Sri Rahayu

Pulau Dewata telah mempersiapkan diri dengan baik untuk ledakan wisatawan, termasuk pengelolaan pariwisata di Pantai Sanur. Salah satu fasilitas yang menjadi daya tarik adalah adanya kawasan wisata lain di sekitar pantai. Sehingga pengunjung yang kurang tertarik untuk berbasah-basah bisa mengambil alternatif untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Fasilitas lain yang patut diacungi jempol adalah beberapa restoran yang menonjol. Rata-rata sajian hidangan lezat dengan harga ramah kantong. Di sini Anda juga bisa menikmati hidangan ikan segar. Bisa dibilang gaya penyajian restonya hampir sama dengan di Pantai Jimbaran.

Selain itu, kompleks hotel bintang 5 yang menawarkan tempat tinggal dengan tingkat kenyamanan hidup yang tinggi. Jadi Anda bisa segera beristirahat dengan nyaman setelah lelah bermain game. Belum lagi pelayanan hotel yang akan membuat Anda betah tinggal lebih lama di Pantai Sanur.

Menghabiskan liburan di Pantai Sanur memang akan menawarkan banyak momen tak terlupakan. Populer dengan berbagai keindahannya, pantai ini diberkahi dengan berbagai aktivitas menarik. Dijamin liburan yang Anda rencanakan jauh-jauh hari akan berakhir dengan kenangan yang menyenangkan. Apakah Anda ingin mengunjunginya?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button