Tempat Wisata

Jembatan Siti Nurbaya lebih ramai pada malam hari di bulan Maret 2023

Harga Tiket Masuk Jembatan Siti Nurbaya: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Tempat : Jalan Kp. Batu, Desa Batang Arau, Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, 25215.

Jembatan Siti Nurbaya merupakan jembatan yang menjadi salah satu ikon kota Padang. Sama seperti Jembatan Ampera di Palembang atau Suramadu yang kerap diserbu wisatawan. Wisatawan biasanya duduk atau berjalan-jalan menikmati pemandangan di pinggir jalan. Karena jembatan ini masih berfungsi sebagai jalan utama untuk menyeberangi sungai.

Meski masih jalan utama, wisatawan tetap bisa berwisata dengan aman. Karena disediakan tempat tersendiri bagi wisatawan. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di sekitar jembatan. Serta duduk dan menikmati kuliner di malam hari.

Biaya masuk ke Jembatan Siti Nurbaya

Tidak ada biaya masuk untuk objek wisata ini. Wisatawan dapat masuk dan keluar dengan bebas kapan saja. Hanya saja wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

Biaya masuk
tiket masuk Bebas

Baca: Tiket & Atraksi Pantai Air Manis Padang

Jam buka Jembatan Siti Nurbaya

Atraksi ini tidak memiliki jam operasional tertentu. Wisatawan bisa datang kapan saja. Jika ingin menikmati pemandangan, pagi hingga siang hari adalah waktu yang tepat. Jika ingin bersantai sambil menikmati kuliner, sore hingga malam hari bisa menjadi waktu untuk berkunjung.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Kisah Memikat Jembatan Siti Nurbaya

Pemandangan perbukitan dari Jembatan Siti NurbayaPemandangan perbukitan dari Jembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/Deki Yasnova

Jembatan Siti Nurbaya merupakan ikon dan kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Keberadaannya dapat memudahkan mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain. Begitu juga dengan pesonanya yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk menghabiskan waktu dan berkunjung. Selain itu, nama jembatan ini juga sangat mirip dengan novel berjudul sama karya Marah Rusli.

Siti Nurbaya bukan hanya sebuah jembatan tetapi juga objek wisata yang indah dengan pemandangan yang menarik. Di jembatan sepanjang 600 meter ini, wisatawan disuguhi puluhan lampu. Menampilkan tiang tegak berwarna kuning dan lampu bulat yang menyala di malam hari. Ini membuatnya terlihat sangat cerah dan indah, juga warna lampu ini bisa berubah.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2002 yang juga merupakan tahun peresmiannya. Jembatan ini melintasi Sungai Batang Arau yang menghubungkan Kota Tua Padang dengan Gunung Padang. Sebelumnya, orang yang ingin menyeberang hanya bisa menggunakan sampan atau perahu kecil. Setelah jembatan ini, mobilitas masyarakat akan lebih mudah dan cepat.

Baca: Tarusan KAMANG Padang Rumput Unik di Agam

Suasana Jembatan Siti Nurbaya di malam hari

Suasana Gemerlap Malam di Jembatan Siti NurbayaSuasana Gemerlap Malam di Jembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/hudaputra

Malam adalah waktu paling romantis di Jembatan Siti Nurbaya. Wisatawan bisa menikmati kelap-kelip lampu di sepanjang sisi jembatan. Angin sepoi-sepoi yang bertiup dari sungai membuat suasana menjadi lebih tenang. Lebih asyik lagi jika menikmati suasana ini bersama keluarga atau pasangan.

Untuk lebih menghidupkan suasana, wisatawan bisa mencoba berbagai kuliner yang ada di kawasan ini. Terutama itu adalah makanan ringan khas Sumatera Barat. Seperti jagung bakar yang langsung dibakar dan dimakan, atau jagung yang diparut. Yang lebih istimewa lagi, jagung ini tersedia dengan bumbu yang berbeda sehingga menciptakan cita rasa pedas, gurih, dan manis yang unik.

Ada juga jajanan lainnya yaitu Pisang Kapik yang unik. Pisang yang sudah dipanggang kemudian ditusuk atau dikapiak, lalu ditaburkan. Taburannya bisa berupa kelapa atau gula yang lebih baru ada taburan meses dan keju. Ada juga sate padang, roti bakar dan aneka minuman dengan harga terjangkau.

Baca: Tiket dan Wahana CHIP Christine Hakim Idea Park

Menyusuri Sungai Batang Arau

Berlayar melintasi Sungai Batang ArauBerlayar melintasi Sungai Batang Arau. Foto: Gmap/Nilam Fairna

Tidak hanya di atas jembatan, wisatawan juga bisa mencoba menyeberangi Sungai Batang Arau. Kapal pesiar tersedia untuk berlayar. Selama berwisata, para wisatawan menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar. Kapal-kapal yang bersandar adalah pemandangan unik untuk dinikmati.

Kawasan di sekitar sungai kembali terasa unik dengan hadirnya rumah-rumah penduduk di tepian sungai. Rumah-rumah tersebut sengaja dicat dengan warna cerah dan semarak agar lebih menarik. Tak ketinggalan pepohonan yang juga tumbuh di kanan kiri sungai yang menambah keindahan sungai. Wisatawan akan lupa sejenak kalau ini di Indonesia karena pemandangannya seperti di luar negeri.

Baca: Tiket & Atraksi PANTAI NIRWANA

Kunjungi Taman Siti Nurbaya

Tak jauh dari jembatan tersebut terdapat Taman Siti Nurbaya yang terletak di kaki Gunung Padang. Dimana menurut novel Marah Rusli kaki Gunung Padang merupakan tempat tinggal Siti Nurbaya. Ada juga makam yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya. Selain itu juga terdapat makam Bagindo Sulaiman, Samsul Bahri, Sutan Mahmud dan Siti Maryam.

Tak jarang wisatawan yang datang ke Jembatan Siti Nurbaya pun menyempatkan diri untuk datang ke taman tersebut. Tujuannya untuk berziarah ke makam Siti Nurbaya, pacar dan keluarganya.

Baca: Tiket Murah Batu Malin Kundang Penuh Legenda

Berfoto di Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti NurbayaJembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/mulyadi se

Wisatawan bisa mengabadikan momen di jembatan ini meski masih aktif dilalui kendaraan. Karena di sisi jembatan terdapat tempat khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan jembatan. Selain fenomenal, jembatan ini tampak dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Semua pas jika dijadikan objek dan background untuk difoto.

Melihat ke bawah jembatan, wisatawan mendapatkan pemandangan Sungai Batang Arau yang mempesona. Air sungai hijau jernih tenang. Perahu yang digunakan untuk memancing atau wisata ditambatkan di kedua sisi sungai. Beberapa perahu melintas di seberang sungai.

Lokasi jembatan yang berada di kawasan Kota Tua Padang menjadi keunggulan utama. Pemandangan kota tempo dulu menjadi tempat yang unik dan romantis untuk diabadikan. Di sekitar jembatan Anda bisa melihat pemandangan deretan perbukitan hijau yang terlihat asri. Untuk melengkapi pemandangan alam yang bisa dinikmati dari jembatan ini.

Lokasi Jembatan Siti-Nurbaya

Jembatan ikonik ini terletak di Jalan Kp. Batu, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button