Tempat Wisata

Wisata Museum Nasional Seni Kontemporer Jogja Maret 2023

Harga Tiket Masuk Museum Nasional Jogja: Gratis – Rp 30.000. Jam buka: 10.00 – 22.00 WIB. Nomor Telepon : 0274586105. Alamat / Tempat : Jl. Prof.DR.Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55167.

Sebagai kota seni dan budaya, Jogja memiliki banyak galeri, mulai dari galeri kecil hingga besar. Salah satunya yang cukup terkenal baik di kalangan turis maupun artis adalah Museum Nasional Yogyakarta.

Secara historis, bangunan museum memiliki sejarah panjang dalam dunia seni, khususnya seni rupa. Betapa tidak, gedung Museum Seni Rupa Kontemporer dulunya merupakan bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Jogja, Institut Seni Indonesia (ISI).

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Menilik sejarahnya yang panjang, tidak heran jika saat ini museum seni ini menjadi tempat pameran seni rupa yang bergengsi, khususnya seni rupa kontemporer. Satu dari acara seni kontemporer bergengsi yang telah disimpan di Museum Nasional Jogja selama beberapa tahun Jogja Biennale.

Koleksi Seni Kontemporer JNMBerbagai koleksi seni kontemporer dapat dilihat di museum ini. Foto: Google Maps/R Hermawan

Tak hanya itu, pameran seni juga menjadi bagian darinya acara terbesar di Indonesia, yaitu ArtJog juga memilih tempat ini sebagai lokasi. Oleh karena itu, tidak heran jika galeri ini menjadi salah satu kiblat seni rupa kontemporer di Jogja, bahkan di Indonesia.

Tiket masuk Jogja National Museum

Museum ini sebenarnya tidak memiliki tiket masuk khusus. Artinya, wisatawan bisa masuk ke museum ini secara gratis.

Hanya jika itu ada acara Pertunjukan seni atau semacamnya, hanya untuk panitia acara Buka loket masuk. Tarifnya tentu berbeda-beda tergantung musim acara yang sedang diadakan.

Tiket masuk Jogja National Museum
tiket masuk BEBAS
Tiket masuk pameran After Masks Rp30.000

Baca: Tiket Masuk KRATON YOGYAKARTA & Kawasan Wisata

jam buka

Galeri dan museum seni kontemporer ini buka setiap hari dari pagi hingga malam.

JAM BUKA
jam buka 09.00 – 22.00 WIB
Setelah Masker 13 Maret – 12 April 2023 10.00 – 22.00 WIB

*Waktu buka dapat berubah tergantung pada acara saat ini.

Baca: 5 Museum Unik di Yogyakarta

Nikmati seni dari Art Museum ternama di Jogja

Salah satu sudut galeri Museum Nasional JogjaBeberapa karya seni dipamerkan di Jogja National Museum. Foto: Google Maps/Dimas Suyatno

Museum Nasional Jogja menempati area seluas sekitar 1,4 hektar. Dengan luas lahan yang cukup luas, pihak pengelola membangun sejumlah bangunan lain yang tidak hanya berfungsi sebagai galeri seni namun juga memiliki fungsi lain, tentunya masih berkaitan dengan seni khususnya seni rupa kontemporer.

Bangunan utama yang menjadi landmark museum ini secara alami berfungsi sebagai galeri. Bangunan ini sering terjadi Tempat pameran seni ternama.

Baca: Tiket dan Aktivitas Museum Ullen Sentalu

Namun, jika tidak ada acara Pameran, galeri utama menampilkan sejumlah koleksi seni kontemporer museum. Koleksi yang dipamerkan tidak hanya untuk pameran, tetapi juga dijual secara komersial bahkan ada yang dilelang untuk tujuan amal.

Kenali seni kontemporer

Karya seni kontemporer di Jogja National MuseumPengunjung dapat berkenalan dengan berbagai karya seni kontemporer. Foto: Google Maps/Naufal Ilham Sutianto

Secara umum, Jogja National Museum hadir sebagai museum yang menampilkan berbagai karya seni rupa kontemporer yang unik dan berkualitas. Museum ini sangat cocok untuk mahasiswa atau pengunjung umum yang tertarik dengan seni kontemporer.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang menyukai karya seni kontemporer berkualitas tinggi, tidak ada salahnya mengunjungi museum ini. Setidaknya museum ini menawarkan suasana berbeda bagi wisatawan.

Nikmati karya seni tanpa batas

Para seniman sibuk menyiapkan karya mereka di Jogja National MuseumTidak hanya seniman besar, seniman muda pun diberikan ruang untuk berpameran di Jogja National Museum. Foto: Google Maps/cotim mamen

Meski sering dijadikan tempat pameran seni kontemporer berkualitas tinggi, museum ini bukan berarti berdiri di atas menara gading. Museum ini juga menampilkan berbagai karya seni para seniman yang belum terkenal atau bahkan orang awam sekalipun.

Hal inilah yang menjadi nilai plus museum ini dibanding galeri lainnya. di tengah banyak orang acara Pameran yang menampilkan karya seniman besar di museum ini membuktikan bahwa masih ada ruang bagi seniman muda dan masyarakat umum untuk memamerkan karyanya.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum Benteng VREDEBURG

Beli oleh-oleh yang bagus

Salah satu oleh-oleh seni yang dijual di Jogja National MuseumSuvenir artistik yang indah dijual di salah satu acara yang berlangsung. Foto: Instagram/woodapple_project

Selain pameran seni rupa kontemporer, wisatawan yang berkunjung ke museum ini juga bisa membawa pulang berbagai cinderamata menarik. Tentu saja souvenir yang dijual di Art Shop Jogja National Museum ini merupakan souvenir seni kontemporer.

Bersantai di kantin artistik yang menyenangkan

Panggung tersebut terletak di area kantin Museum Nasional JogjaKantin yang menyenangkan dengan alat peraga artistik. Foto: Google Maps/Mio Figlio

Para wisatawan sudah lelah berjalan menyusuri galeri untuk menikmati karya seni dengan estetika tinggi, saatnya wisatawan bersantai di kantin yang terletak di belakang kompleks museum. Konsep operator juga memastikan pengunjung di kantin merasa nyaman berlama-lama.

Baca: Tiket dan Aktivitas Museum Merapi

Selain kuliner yang bervariasi, pengunjung juga harus nyaman dengan kantin yang sengaja didesainIde ide dengan seni yang unik. Dengan demikian kantin tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari konsep Museum Nasional Jogja sebagai museum dan galeri seni.

proses dengan seniman

Seniman residen sedang dalam proses menghasilkan karya seni bersamaTidak hanya karya yang siap dipamerkan, Jogja National Museum juga menjadi tempat proses berkarya dengan para seniman. Foto; Google Maps/Adib Fajariyanto

Museum ini bukan hanya galeri, tetapi juga menawarkan ruang bagi siapa saja yang ingin mengolah dan mengasah kemampuan artistiknya. Melalui ruang Lokakarya, Setiap orang dapat berpartisipasi dalam diskusi menarik tentang seni dan perkembangannya.

Selain itu, museum ini juga memiliki program seni di rumah. Program ini terbuka untuk seniman lokal dan internasional untuk mendapatkan akses ke berbagai galeri dan tempat di dalam museum.

Pameran seni terkenal di Jogja National Museum

Jogja National Museum saat menjadi tempat penyelenggaraan ArtJog 2019Museum Nasional Jogja kerap menjadi tempat pameran seni bergengsi, termasuk ArtJogj 2019. Foto: Google Maps/Anggia Zai

Museum Nasional Jogja merupakan salah satu galeri terpenting di Jogja yang sering dipilih sebagai museum Tempat pameran terkenal seni kontemporer. Beberapa dari mereka adalah langganan ArtJog Dan Jogja Biennale.

Melalui program seni bergengsi ini, wisatawan berkesempatan untuk melihat karya-karya monumental dari banyak seniman besar. Tak heran jika JNM kerap menjadi rujukan bagi siapa saja yang mencari karya seni kontemporer berkualitas.

Rute dan lokasi menuju Jogja National Museum

Museum dan galeri ini terletak di Jalan Amri Yahya No.1, Gampingan, Kecamatan Wirobrajan, Jogja. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Jogja memudahkan wisatawan yang ingin ke sana.

Dari kawasan Malioboro, museum dan galeri ini hanya berjarak sekitar 1 mil saja. Untuk menuju museum, wisatawan cukup menuju arah barat dari kawasan Kilometer Nol, setibanya di perempatan kedua, wisatawan harus belok kanan.

Beberapa meter dari situ, wisatawan harus belok kanan lagi menuju Jalan Amri Yahya. Wisatawan dapat menghubungi (0274) 586105 untuk informasi lebih lanjut mengenai Museum Nasional Jogja.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button