Tempat Wisata

Teletubbies Hills, nikmati panorama alam eksotis di ketinggian Nusa Penida

Bukit Teletubbies menjadi salah satu tempat wisata di Nusa Penida yang sangat terkenal. Di sana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama pasangan atau keluarga.

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Taksi Klungkung, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Siapa bilang mengunjungi pulau Nusa Penida hanya sekedar mengunjungi pantai atau pura-pura mendalami sejarah? Ada juga salah satu wisata unik bernama Teletubbies Hills Klungkung yang terbukti mendunia dengan bukit-bukit landai setengah lingkaran yang luar biasa indahnya.

Nama Teletubbies sendiri berasal dari nama sebuah acara televisi anak-anak dengan latar belakang gundukan-gundukan bulat dengan beberapa boneka berwarna-warni yang masing-masing menyandang nama sendiri-sendiri.

Wisata Utama Nusa Penida sangat baik sebagai alternatif tempat wisata lainnya jika anda puas dengan menjelajahi berbagai pantai dan tempat wisata religi di pulau dewata. Apa Meskipun demikian manfaat dan kegiatan apa yang terbaik untuk dilakukan di sana?

Daya tarik yang dimiliki Bukit Teletubbies

Atraksi Bukit TeletubbiesKredit foto: Google Maps Mike Schwanbeck

Memang, berada di atas Bukit Teletubbies adalah salah satu pilihan wisata di Nusa Penida. Bukan hanya karena bentuknya yang unik, tapi juga karena daya tariknya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

1. Pemandangan perbukitan warna-warni

Berdasarkan pengalaman wisatawan yang pernah ke sana, permukaan bukit Teletubbies berbeda-beda tergantung musim.

Jika Anda datang saat musim hujan antara September hingga Januari, permukaan bukit tampak hijau cerah. Intensitas hujan yang maksimal, tentu tanaman mendapat cukup air disana.

Selama peralihan dari musim hujan ke musim kemarau antara April dan Mei, permukaan tampak kuning. Berbeda jika Anda datang pada musim kemarau, maka permukaan bukit terlihat lebih coklat.

Rasanya akan sangat memuaskan saat Anda menyempatkan diri sejenak menikmati keindahan warna-warna terbaik di atas bukit.

2. Angin sejuk dan segar

Jika berada di dataran tinggi antara lain akan mendapatkan hembusan udara yang sejuk dan segar tentunya jauh dari polusi seperti di perkotaan.

Alasan ini juga menjadi daya tarik tersendiri saat berada di puncak bukit. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan, maka rasa nyaman benar-benar terasa. Oleh karena itu, bukit ini sering dijadikan sebagai tempat menyegarkan dari kelelahan akibat aktivitas yang biasa dilakukan setiap hari.

3. Pemandangan Gunung Rinjani

Jika cuaca cerah sepanjang hari, Anda bisa melihatnya dari atas bukit melihat Gunung Rinjani yang indah. Jangan lewatkan pesonanya sebagai lukisan alam, bagian dari keindahan Bukit Teletubbies yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Begitu juga dengan pulau Lombok yang juga akan terlihat dari jauh selama tidak ada awan yang menutupi langit.

4. Matahari terbit yang indah

Saran bagi wisatawan yang ingin berwisata ke sana sebaiknya datang pada pagi hari sebelum matahari terbit. melihat matahari terbit yang terlihat sangat bagus, berbeda dengan pemandangan pantai atau gunung di pagi hari.

Matahari secara bertahap akan muncul dengan cahaya yang semakin terang hingga akhirnya muncul secara penuh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit TeletubbiesSumber gambar: Google Maps Cees Willemse

Bukit yang juga dikenal dengan Bukit Pohon Gamal ini terletak di Dusun Sedehing atau Desa Sekartaji dan Dusun Julingan atau Desa Tanglad, bagian timur Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali,

Untuk mencapai tempat ini Anda harus melalui jalur laut, apalagi jika Anda berangkat dari Kota Denpasar, pusat Pulau Dewata.

Butuh waktu sekitar 50 menit untuk mencapai lokasi speedboat atau kapal cepat dari Pelabuhan Sanur di Bali. Sedangkan jika berangkat dari Pantai Kusamba Klungkung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja speedboat.

Setelah sampai di pelabuhan Buyuk di Nusa Penida, lanjutkan perjalanan darat sejauh 16 km. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil karena kondisi jalan cukup bagus untuk kendaraan bermotor.

Biaya masuk ke objek wisata

Jika ini merupakan wisata baru, masuk ke kawasan perbukitan ini gratis. Namun akhir-akhir ini pengunjung harus merogoh kocek minimal Rp. 10.000 per orang untuk menikmati keindahan tempat wisata terkenal Nusa Penida ini.

Harga ini juga berlaku untuk weekdays akhir pekan, diberikan kepada pengelola sebelum memasuki kawasan wisata. Untungnya tidak ada biaya tambahan selain tiket masuk, kecuali ingin menikmati jajanan yang disediakan oleh pemilik stand di sekitar lokasi.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Bukit Teletubbies

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Bukit TeletubbiesKredit foto: Google Maps Cathy Plessis

Sebenarnya tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Teletubbies Hills. Setidaknya ada empat kegiatan utama yang sering dilakukan wisatawan lokal maupun mancanegara selama berada di sana.

1. Mendaki

Sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak bukit, juga jalurnya tidak terlalu curam. Tapi bagi yang ingin merasakan sensasinya Kenaikan Sangat menyenangkan mencoba berbagai rute Kenaikan terbaik di sana.

Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan yang mendukung agar perjalanan lebih mudah, pakaian yang tebal dan hangat juga akan membantu dalam prosesnya Kenaikan merasa lebih nyaman. Jangan lupakan bekal tour jika memang menginginkan jalur yang cukup lebar dan sedikit berkelok ke arah salah satu bukit.

2. Fotografi

Kegiatan selanjutnya yang juga sangat menarik adalah memotret berbagai momen dan pemandangan langka selama berada di sana. Mulai dari permukaan bukit yang warnanya bisa berubah tergantung musim.

Kemudian pemandangan perpaduan langit biru, perbukitan, gunung dan lainnya dari lokasi yang berbeda Pekerjaan lebih disukai. Tidak perlu menggunakan kamera dengan lensa mahal, hanya kamera handphone saja yang bisa menghasilkan foto terbaik Kamu tahu.

Juga, bagi yang ingin memiliki momen romantis untuk berfoto sebelum pernikahan Anda juga bisa menyewa fotografer untuk memotret dari atas bukit. Tak sedikit pasangan yang ingin menikah memilih lokasi ini sebagai salah satunya latar belakang Foto sebelum pernikahan.

Tentunya, apalagi jika Anda memiliki kenangan khusus dengan bukit ini yang berbentuk tempurung kelapa, Anda tidak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen bahagia di sana.

3. Perspektif berbeda dari drone

Anda mungkin tidak bisa mendaki semua bukit setengah lingkaran yang ada di kawasan Teletubbies Hills, namun Anda bisa mendapatkan keuntungan drone lalu miliki semuanya melihat paling baik dilihat.

Dijamin puas Lanskap seperti yang terlihat menjelajahi bukit fenomenal di Nusa Penida ini.

4. Piknik

Mungkin bukan piknik yang panjang, setidaknya pengunjung bisa beristirahat sejenak lalu makan siang bersama pasangan atau kekasih di salah satu puncak bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Teletubbies HillsKredit foto: Google Maps Cathy Plessis

Dibandingkan dengan wisata bukit dan gunung lainnya, membutuhkan peningkatan ketersediaan fasilitas pendukung di Bukit Teletubbies. Pasalnya fasilitas yang ada masih sangat minim.

1. Parkir

Tersedia tempat parkir bagi yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan posisi yang strategis dan terlindung.

2. Warung makan

Ada beberapa warung makan di bawah bukit namun menu yang ditawarkan sangat terbatas. Jadi akan lebih baik jika Anda membawa perbekalan sendiri agar tidak kelaparan dan kehausan selama perjalanan.

3. Toilet

Ada toilet umum yang bisa digunakan jika diperlukan, beberapa di antaranya berada di bawah bukit dan kondisinya cukup bersih.

4. Akomodasi

Terdapat sejumlah penginapan bertebaran di sekitar kawasan wisata yang bisa dijadikan tempat menginap jika Anda ingin melanjutkan perjalanan dari Bukit Teletubbies ke berbagai lokasi terdekat.

Mau langsung ke Teletubbies Hills? Jangan lewatkan tamasya seru dan lakukan berbagai aktivitas seru di sana sebagai bagian dari penjelajahan puncak bukit unik yang hanya ada di Nusa Penida.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button