Tempat Wisata

10 Wisata Pantai Kupang Terpopuler

Mau liburan ke Kupang? Cek daftar pantai terindah di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata laut yang populer dan paling hits dikunjungi wisatawan saat berlibur Akhir pekan.

Tentu saja, letak geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi salah satu alasan mengapa negara ini dipenuhi dengan pantai-pantai yang indah. Tak terkecuali wilayah timur Indonesia, Nusa Tenggara Timur, lebih tepatnya di Kupang. Kota yang berbatasan dengan pulau Alor ini muncul sebagai permata wisata alam yang luar biasa.

Ada wisata pantai di Kupang yang memberikan kesan alami dan unik yang akan menarik bagi anda jika membutuhkan liburan yang tak terlupakan. Berikut ratingnya.

1. Pantai Lasiana

Pantai LasiaSumber Gambar: Google Maps Bayu Mee

Kota Kupang yang dekat dengan air rupanya menjadi salah satu alasan pengunjung berduyun-duyun ke berbagai lokasi pantainya. Dalam urutan rekomendasi, Pantai Lasiana menduduki peringkat pertama karena kepopulerannya dan lokasinya yang sangat mudah dijangkau, hanya 15 menit dari kota Kupang.

Selain itu, pantai ini juga mudah dijangkau karena dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Berlokasi di Lasiana, Kelapa Lima, tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Daya tarik utamanya adalah keindahan pantai berpasir putih, air laut yang jernih dan juga deretan pohon kelapa di tepi pantai.

Anda tidak akan bosan bersantai di pantai ini karena banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari menikmati fasilitas pantai, wisata kuliner, bermalam, berfoto di instagenik keindahan alam, menikmati kesegaran air laut atau menunggu keindahan sunset yang spektakuler.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai berpasir yang panjang

Pantai berpasir yang panjangSumber gambar: Google Maps Agus aQm

Apakah Anda ingin menikmati waktu romantis dengan matahari terbenam yang eksotis? Coba kunjungi pantai berpasir panjang di Jl Timor Raya Kupang. Seperti namanya, wisata alam ini memiliki pantai yang membentang hingga sepanjang 1 km dan diselimuti pasir putih halus.

Keindahan pasirnya seakan menyatu dengan birunya air laut. Sebagai destinasi pantai yang populer bagi pengunjung dan warga sekitar, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini. Jika Anda mengunjungi tempat ini Anda tidak akan kehabisan aktivitas karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk menikmati segarnya birunya laut di Pantai Pasir Panjang. Anda bisa berenang dengan tenang karena ombak laut lebih tenang, asal memperhatikan bebatuan di sepanjang pantai. Waktu yang tepat untuk ke pantai ini adalah saat matahari mulai terbenam ke arah ufuk barat sehingga menghasilkan sunset yang mempesona.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Tua, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Oesapa

Pantai EsapaSumber gambar: Google Maps Mey Anin

Terletak di kecamatan Oesapa, pantai ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kupang. Anda hanya perlu menempuh jarak 10 kilometer dari Kota Kupang untuk menikmati keindahan Pantai Oesapa ditemani nikmatnya jagung bakar lokal. Seperti halnya pantai-pantai lain di Kupang, Anda akan disuguhi dengan pantai berpasir putih yang indah.

Tak hanya itu, pemandangan pantai dengan bibir pantai yang sangat luas akan membuat Anda terlena dan betah berada di sini. Sambil berenang dan berjemur, Anda bisa mengunjungi beberapa paviliun atau tenda-tenda kecil di sekitar pantai. Di sana Anda akan menemukan banyak penyedia kuliner sederhana yang cocok untuk menemani liburan pantai.

Mulai dari pisang pipih, jagung bakar dan berbagai jenis minuman untuk disantap di dekat pantai. Tak hanya itu, pantai ini juga menjadi tempat warga sekitar untuk berwisata dan beraktivitas. Anda bisa menyaksikan hiburan musik di pinggir pantai, bermain sepak bola di pinggir pantai, atau sekedar duduk santai menikmati keindahan sunset.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai JL.Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Namosain

Pantai NamosainKredit foto: Google Maps Wahyu Fajar

Rasanya deretan pantai di Kupang selalu menjadi tempat untuk menikmati keindahan sunset. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Pantai Namosain yang terletak di Jalan Pahlawan Desa Namosain. Namun, ada satu hal yang membuatnya berbeda yaitu luasnya padang savana di kawasan bukit Namosain.

Sabana ini berada di daerah berbatu di sekitar pantai. Tak hanya itu, view yang diberikan memiliki kesan berbeda karena area sekitarnya masih alami. Hamparan lautnya menjadi pemandangan indah panorama Teluk Kupang. Juga di dekat pantai Anda akan menemukan pantai berpasir yang tidak kalah menawan.

Dibandingkan dengan pantai lainnya, perpaduan sabana, laut biru, pasir putih, dan koral hitam bisa menjadi background foto yang ikonik. Jangan dulu, luangkan waktu untuk menyaksikan panorama sunset. Lebih asyik lagi jika Anda juga bisa membeli ikan segar pilihan dari nelayan setempat.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pahlawan, JL, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Tablolong

Pantai TablolongKredit foto: Google Maps hafiz alif

Jika beberapa pantai tersebut sudah menjadi destinasi wisata populer, maka Pantai Tablolong merupakan wisata pantai yang masih perawan. Kesan ini terlihat jelas pada kondisi alam pantai dan sekitarnya yang masih bersih. Pantai berpasir putih yang luas masih terlihat indah dengan deburan ombak laut biru yang tenang.

Karena ombaknya yang tenang ini, Anda bisa leluasa berenang, menyelam, snorkeling, atau scuba diving. Jika ingin menikmati angin sejuk dan segar, Anda bisa bersantai di pinggir pantai atau mampir ke tenda-tenda tradisional yang ada di sekitar pantai. Pastikan untuk menjaga kebersihan tempat di Kabupaten Kupang Barat ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Kolbano

Pantai ColbanoSumber gambar: Google Maps Isnan Wijarno

Pantai ini memiliki pasir pantai yang halus karena didominasi oleh pecahan karang. Alhasil, pantai ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Yakni pasir putih, warna karang kelabu dan laut biru yang sangat jernih. Batu-batu ini juga memiliki nilai tersendiri, karena pengunjung dapat memainkannya dan membawanya kembali sebagai oleh-oleh.

Selain bermain di pantai, pantai laut Kolbano juga menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang gemar berenang dan menyelam. Bagi Anda yang gemar berfoto, tentunya tidak akan kehabisan spot cantik untuk diabadikan. Mulai dari pantai, tebing tinggi, hamparan bebatuan pantai, hingga bebatuan besar menyerupai kepala manusia.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Kolbano, Kab.Timor Selatan-Tengah, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Nunsui atau Batu Nona

Pantai Nunsui atau Batu NonaSumber gambar: Google Maps Hasrul

Pantai Nunsui juga disebut Batu Miss karena suatu alasan. Nama ini berasal dari sebuah batu karang yang memiliki bentuk menyerupai wanita. Hal unik inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung Kota Kupang. Tempat yang terletak di kecamatan Lasiana ini sebenarnya dekat dengan bandara sehingga cukup banyak pengunjung yang mampir ke pantai ini.

Tidak hanya memiliki terumbu karang yang unik, ternyata pemandangan yang disajikan pun tak kalah menawan. Hamparan pasir putih yang membentang begitu jauh menjadi panorama menarik di pantai ini. Tak ayal, pantai eksotis ini menjadi surganya para pecinta foto yang siap menjelajahi pantai dan menunggu sunset yang mempesona.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai Nunsui, Oesapa, Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai Oetune

Pantai OetuneSumber Gambar: Google Maps Johan N.

Jika Anda merasa berada di sabana di Pantai Namosain, Anda akan dibawa ke belahan dunia lain di Pantai Oetune. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan menemukan hamparan pasir putih halus yang seakan tak berujung. Berdiri di atas pasir putih memberikan kesan mengunjungi gurun Sahara.

Pantai di pesisir barat daya Kalbano ini juga menawarkan keindahan pantai yang memukau. Setelah menyusuri pantai berpasir putih, Anda akan disambut deburan ombak yang tenang. Ada juga banyak fasilitas yang masuk akal di pantai ini. Anda bisa menikmati udara segar sambil bersantai di Lopo atau rumah khas NTT di pinggir pantai.

harga tiket: Rp3.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tuafanu, Kec. Kualin, Kab.Timor Selatan-Tengah, Nusa Tenggara Timur.

9. Dekat Pantai

Pantai NeemKredit foto: Facebook Backpackers International

Tak sedikit traveler yang rela berebut atau menjelajahi kawasan tertentu untuk mengunjungi wisata alam yang masih belum terjamah. Di Kupang, nama Pantai Neam masih belum banyak digunakan dan belum banyak dikunjungi orang. Karena itu, pantai yang tersembunyi di balik hutan ini tetap memiliki keindahan yang menawan.

Meski harus menempuh perjalanan panjang 3 jam dari kota Kupang, pantai Neam menyambut Anda dengan pasir putihnya yang indah. Beberapa bebatuan tersebar di sepanjang pantai, namun yang membuatnya semakin menarik adalah keberadaan gua misterius yang dikelilingi pepohonan. Keindahan alam ini membuatnya layak untuk dikunjungi.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Tua, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

10. Pantai Boneka

pantai laki-lakiKredit foto: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Pantai terakhir di Kupang yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Manikin. Daya tarik utamanya adalah hamparan pantai dengan bebatuan karang yang sangat luas. Bongkahan batu kecil itu bahkan dicampur dengan batu akik yang tak kalah indahnya. Namun untuk melihat fenomena alam ini, Anda harus bersiap menunggu hingga sore hari.

Hal ini karena air laut yang surut memperlebar bibir pantai pada sore hari. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang tidak terpikirkan sebelumnya. Yakni air tawar dari sungai bercampur air asin laut. Anda tidak boleh melewatkan fenomena ini.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tarus, Kec. Pusat Kota Kupang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dengan meningkatnya pariwisata di Indonesia, tidak heran jika Indonesia Timur juga menjadi tujuan wisata yang populer. Selain masih memiliki eksotisme alam yang indah, masih banyak spot pantai di Kupang yang belum terjamah manusia. Untuk itu, keindahan pantai di NTT ini tidak boleh dilewatkan dalam program liburan panjang Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button