Tempat Wisata

Curug Cannung, nikmati pesona air terjun kembar mistis di Tasikmalaya

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.35-16.00 WIB, Alamat: Sirnagalih, Kec. Cigalontang, Cab Tasikmalaya, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Curug Cannung hanyalah salah satu dari sekian banyak air terjun di Tasikmalaya. Meski bukan satu-satunya, air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung. Terbukti setiap hari orang terus berdatangan, termasuk banyak dari luar. Hal ini tidak lepas dari daya tariknya, suasananya yang asri dan kondisi alamnya.

Selain itu, wisata alam ini letaknya strategis di perbatasan antara Tasikmalaya dan Garut. Itu sebabnya wisatawan datang tidak hanya dari daerah, tetapi dari berbagai daerah. Meski jalur yang harus dilalui tidak mudah karena sebagian besar menanjak, namun tetap tidak menyurutkan niat wisatawan.

Meski air terjun di Tasikmalaya ini berada di perbatasan dua kabupaten, namun secara geografis berada di Tasikmalaya. Lokasi persisnya berada di Kawasan Konservasi Garut dan Tasikmalaya sehingga Anda mendapatkan suasana yang sejuk. Rimbunnya pepohonan yang rindang seolah menjadi payung alami, dijamin sejuk dan menyegarkan selama perjalanan menuju lokasi.

Daya tarik Curug Cannung

Objek Wisata Curug CanungKredit foto: Instagram rumah Mr. Morerel

Alasan pengunjung rela datang ke Curug Cdung tak lain karena daya tariknya. Meski ada banyak tur dengan kategori yang sama, masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Berikut tempat wisata yang perlu Anda ketahui sebelum menuju ke tempat tersebut!

1. Keindahan air terjun kembar

Pada umumnya air terjun hanya memiliki satu aliran dan terlihat sangat indah. Bayangkan jika di satu tempat ada dua aliran air sekaligus, itu akan lebih baik lagi. Inilah pemandangan yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi wisata indah ini. Keindahan yang Anda dapatkan bukan berasal dari satu air terjun saja, melainkan dari dua.

Nama Curug Cannung sendiri disesuaikan dengan kondisinya yang berarti air terjun ganda. Namun, ada yang mengartikan nama tersebut karena aliran air yang berasal dari sungai lain. Satu air terjun berasal dari sungai di Garut sedangkan yang lainnya berasal dari sungai Tasikmalaya.

Terlepas dari perbedaan namanya, jelas bahwa air terjun ini memiliki keindahan yang belum tentu ditemukan di tempat lain. Ketinggian kedua air terjun ini berbeda, namun tidak berjauhan. Keduanya memiliki ketinggian beberapa puluh meter dan terdapat tebing bebatuan di kanan dan kirinya.

Perbedaannya sangat jelas pada aliran airnya, yang satu cukup deras dan yang lainnya drainase airnya rendah. Curug Cannung di sebelah kanan memiliki aliran air yang deras dan langsung mengarah ke kolam di bawahnya. Sedangkan yang satunya tidak terlalu deras, airnya mengalir melewati tebing sebelum akhirnya jatuh ke kolam.

Meski ada dua air terjun, kedua aliran tersebut jatuh ke kolam yang sama. Kedalaman kolam ini tidak terlalu dalam sehingga masih aman untuk digunakan sebagai aktivitas bermain air. Hanya berenang tidak disarankan karena tidak memungkinkan di kolam yang dangkal. Untuk warna airnya cukup jernih, berendam dan bermain air dijamin menyegarkan.

2. Mitos Curug Cannung

Curug Cannung juga memiliki mitos yang juga menjadi daya tarik utamanya. Mitos yang dimaksud tidak terlepas dari nama yang disandangnya. Dua air terjun, yang telah dibahas sebelumnya. Adanya nama ini semakin memperkuat mitos yang dipersoalkan bahwa mengunjungi suami istri akan membuat hubungan semakin mesra.

Tak hanya itu, bahkan ada yang percaya bahwa mengunjungi air terjun ini sangat dianjurkan bagi pria yang berpoligami. Hal ini tidak lepas dari namanya, karena kata ambiguitas berarti memiliki lebih dari satu pasangan. Bahkan suami dan istri yang sedang bertengkar disarankan untuk mengunjungi tempat ini agar hubungan mereka kembali normal.

Namun tentunya tidak hanya mengunjungi Curug Cannung saja, tetapi juga berendam atau berendam di kolam tersebut. Apakah ini benar atau tidak belum bisa dibuktikan. Namun tidak ada salahnya jika anda mengunjungi air terjun di Tasikmalaya ini bersama keluarga suami istri beserta anak-anaknya sekaligus.

3. Pesona alam yang serba bisa

Daya tarik selanjutnya bukanlah keindahan air terjun itu sendiri, melainkan pesona alam di sekitarnya. Bukan tanpa alasan, karena vegetasi hijau tumbuh subur di sini. Semak, rerumputan hijau, perdu dan tumbuhan liar merupakan penghuni utamanya. Pemandangan ini tidak hanya dapat dilihat di lokasi utama, tetapi juga saat mengemudi.

Bahkan, Anda juga akan melihat persawahan hijau saat berkendara ke Curug Cdungung. Suasana alam semakin terasa lewat hewan-hewan yang menghuni interior hutan. Kebanyakan dari mereka adalah burung, yang paling sering terlihat adalah burung. Selain itu, ada juga beberapa jenis serangga yang juga menambah semarak suasana dan membuatnya terlihat semakin cantik.

4. Suasana sejuk dan menyegarkan

Kehadiran semak belukar di tempat wisata ini bukan sekedar pemandangan. Selain itu, adanya vegetasi yang hijau membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan. Kualitas oksigennya dijamin jauh lebih bersih dibanding di perkotaan. Jika Anda pernah ke desa, inilah suasana yang akan Anda dapatkan di sini.

Bagi sebagian orang, suasana seperti itu memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi bagi warga kota yang memiliki suasana berbanding terbalik dengan yang satu ini. Karena itu banyak wisatawan yang datang tidak hanya untuk kesenangan, tetapi juga untuk menyembuhkan atau menyegarkan semangat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Cdung TasikmalayaSumber gambar: Google Maps Aris Sulistya

Curug Cannung sebenarnya berada di dalam hutan, butuh perjuangan panjang untuk mencapainya. Namun menariknya, Anda tidak perlu berjalan jauh karena ada akses jalan menuju tempat wisata. Meski jalan menuju air terjun tidak terlalu bagus, setidaknya Anda bisa mencapai tempat parkir dan berjalan sedikit lebih jauh.

Air terjun cantik ini terletak di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Secara geografis berada di Tasikmalaya namun Anda bahkan bisa mengambilnya dari Garut. Bahkan bisa dikatakan jarak dari Garut lebih dekat, hanya perlu menempuh jarak sekitar 13 kilometer saja.

Sedangkan jika Anda berasal dari Tasikmalaya dan ingin mengunjungi Curug Cannung, Anda harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer. Menemukan lokasi pasti dari air terjun cantik ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena banyak tolok ukur yang bisa Anda gunakan. Wisata air terjun ini dekat dengan spot populer lainnya seperti Bukit Pandawa dan Desa Naga.

Agar lebih mudah, silahkan gunakan aplikasi peta digital. Air terjun eksotik di Tasikmalaya ini sudah tertera disana, anda tinggal memasukkan nama tempatnya saja. Selanjutnya, ikuti saja rute terbaik yang diberikan, yang biasanya bergantung pada lokasi Anda saat ini. Anda juga bisa bertanya langsung kepada warga setempat jika sudah dekat dengan tempat tujuan.

Biaya masuk wisata alam

Curug Cannung merupakan wisata alam umum yang bisa dikunjungi siapa saja. Namun tentu saja tidak gratis, Anda harus menganggarkan dana untuk tiket masuknya. Tidak terlalu mahal, seorang pengunjung hanya dikenakan biaya 10.000 rupiah. Harga tersebut berlaku untuk semua golongan, yaitu tidak ada perbedaan antara dewasa dan anak-anak.

Selain tiket masuk, biaya parkir harus disediakan. Seperti halnya wisata pada umumnya, besaran biaya parkir yang harus dibayarkan tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Jika menggunakan sepeda motor, siapkan dana tambahan sebesar 3.000 rupiah sedangkan mobil seharga 5.000 rupiah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Cdung

Aktivitas Air Terjun Cung TasikmalayaKredit foto: Google Maps Rian Sopyan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi Curug Cdung. Biasanya, tempat wisata seperti ini menawarkan aktivitas yang berhubungan dengan air. Itu tidak salah, tapi tentu saja itu bukan satu-satunya aktivitas di sini, karena masih banyak yang bisa dilakukan.

1. Mandi dan bermain air

Hampir tidak ada pengunjung yang datang tanpa mandi. Mengingat airnya yang cukup jernih dan menyegarkan, kegiatan ini sepertinya wajib dilakukan. Jika Anda tidak ingin berenang, Anda bisa bermain air di tepi kolam. Selain mitos yang telah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak lagi alasan untuk mandi di air terjun ini.

2. Berkemah

Seperti yang sudah disebutkan, Curug Cannung terletak di dalam hutan yang masih asri dan alami. Di sini Anda tidak hanya akan menemukan pepohonan perdu yang rindang, tetapi juga tanaman lain yang mempercantik suasana. Selain itu, ada juga lapangan terbuka yang digunakan untuk kegiatan camping, wajib kamu coba jika ingin bermalam di luar ruangan.

3. Berburu Kuliner

Ada beberapa warung makan tidak jauh dari air terjun yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Ini juga bisa dijadikan pekerjaan yang menarik, artinya tentu saja berburu kuliner. Dengan konsep Warung yang sederhana, sebagian besar menu yang tersedia terdiri dari makanan tradisional dan makanan khas daerah.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Kompleks Air Terjun Cung TasikmalayaKredit foto: Google Maps Ras Mana

Fasilitas di Curug Cannung bisa dikatakan cukup lengkap, meski lokasinya berada di dalam hutan dan cukup sulit diakses. Fasilitas pertama yang akan langsung Anda dapatkan saat tiba di lokasi adalah tempat parkir. Kemudian Anda bisa menggunakan fasilitas umum lain yang tersedia, antara lain toilet, mushola, warung makan dan tempat peristirahatan.

Banyak manfaat yang bisa didapat selama liburan, baik fisik maupun psikis. Minimal yang didapat saat liburan adalah ketenangan pikiran karena sejenak melupakan masalah yang ada. Hal ini juga bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Curug Cannde¸, sebuah objek wisata alam yang menawarkan pesona alam yang indah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button