Tempat Wisata

Taman Barito, Taman Wisata Hits dengan berbagai tempat menarik di Jakarta

Taman Barito merupakan sebuah taman di Jakarta Selatan yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu melakukan kegiatan positif dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Lamandau III No.RT.4, Kramat Pela, Kec. Kebanyoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Jakarta adalah tempat liburan terbaik karena banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Taman Barito Jakarta Selatan merupakan taman yang asri meski berada di tengah kawasan perkantoran. Tidak bisa disebut kawasan wisata alam karena merupakan taman buatan.

Meski demikian, sangat banyak pengunjung yang berduyun-duyun menikmati keseruan yang bisa didapat di tempat ini. Tak jarang untuk bersantai setelah seharian bekerja keras.

Karena taman ini adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu luang Anda, ia memiliki fasilitas. Wisatawan akan menikmati mengunjungi wisata ini karena berbagai fasilitas dapat digunakan untuk kegiatan yang menarik.

Daya tarik Taman Barito

Atraksi Taman BaritoKredit Foto: Google Maps M. Jibran Ramadan

Nama lain dari taman ini adalah Taman Ayodya yang terletak di Jalan Barito. Oleh karena itu sering disebut sebagai Taman Barito. Daya tarik taman ini sangat menakjubkan, seperti:

1. Air mancur

Terdapat air mancur yang indah di tengah taman ini yang dapat dimanfaatkan sebagai manfaat dari taman ini. Menariknya, banyak orang yang menggunakannya untuk spot foto terbaik dan hasil fotonya sangat indah.

Air mancurnya tidak hanya satu, tapi ada beberapa air mancur yang bergerak bersamaan. Keindahan Taman Barito terletak pada air mancur dan kolamnya yang jernih dan bersih.

2. Jalur olahraga dan alat fitnes

Untuk mendukung aktivitas yang menjaga kesehatan wisatawan, taman ini menawarkan lintasan olahraga dan alat fitnes. Ada jalan setapak di sekitar taman yang bisa digunakan pengunjung untuk berlari.

Ada juga alat fitnes sederhana yang bisa digunakan para penggiat olahraga secara cuma-cuma. Jangan khawatir karena kebersihan mesin fitnes ini terjamin.

3. Wi-Fi gratis

Jika Anda mengunjungi area taman ini tetapi tidak memiliki paket data, jangan khawatir lagi. Di area parkir, WiFi disediakan gratis dan dapat diakses oleh semua orang. Meski ada format yang harus diikuti.

Oleh karena itu, taman ini banyak digunakan oleh pelajar, mahasiswa dan lainnya untuk mengakses internet dengan lancar. Dari mana? Karena kekuatan sinyalnya sendiri mencapai kecepatan 100 Mbps.

4. Rumah sepeda

Masih ada satu tempat yang menjadi daya tarik utama taman barito ini yaitu rumah sepeda. Pasalnya, ini adalah tempat parkir sepeda yang berada di trotoar seberang taman. Namun, agar lebih menarik lagi, disebut rumah sepeda.

Sepeda-sepeda yang diparkir di sana pasti sudah tertata rapi. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu pemandangan karena jaraknya sendiri cukup jauh dari taman ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman BaritoKredit Foto: Google Maps Agung “tongkito” Hadiyanto

Bicara soal lokasi, Taman Barito yang terletak di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini bisa diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Gunakan Transjakarta Koridor 1 dan turun di halte Blok M Square tetapi jika Anda menggunakannya
  • Kemudian turun di stasiun MRT BCA Blok M dan berjalan melintasi Jalan Melawai.

Biaya masuk ke objek wisata

Wisatawan yang ingin bersantai di Taman Barito dapat dengan leluasa memasuki kawasan ini kapan saja. Sebenarnya taman ini merupakan fasilitas umum yang tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalamnya.

Beberapa wahana di sini juga disediakan gratis. Pasalnya, taman terbaik ke-4 di DKI Jakarta ini berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah. Wisatawan bisa mengunjunginya 24 jam sehari dan setiap hari, namun waktu terbaik adalah pagi hari karena udaranya sangat segar.

Saat berkunjung ke taman ini, Anda cukup membayar biaya parkir bagi yang datang dengan kendaraan pribadi. Untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000, sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp 5.000.

Aktivitas menarik di Taman Barito

Aktivitas menarik di Taman BaritoKredit foto: Google Maps Pariwisata Jakarta

Wahana yang disiapkan di sini cukup menyenangkan karena bisa diakses dengan mudah dan gratis. Berbagai aktivitas bisa dilakukan sepanjang hari di kawasan wisata ini, seperti:

latihan pertama

Berbagai jenis rute nyaman telah disediakan di taman ini bagi wisatawan yang ingin berolahraga. Biasanya latihan berjalan pada pagi dan sore hari. Cukup mengelilingi taman, maka latihan akan terasa sangat nyaman.

Selain itu didukung oleh pepohonan rindang yang ada di taman. Ada juga wahana fitnes yang bisa digunakan wisatawan untuk berolahraga. Jadi mengunjungi taman ini juga bisa membuat tubuh terasa sehat dan segar karena udaranya langsung berasal dari pepohonan.

2. Nikmati WiFi gratis

Cobalah WiFi gratis taman selama kunjungan Anda. Fasilitas ini diberikan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas taman agar bisa mengakses internet tanpa harus menggunakan kuota internet.

Oleh karena itu, tidak jarang taman digunakan untuk kerja kelompok atau berbagi tugas dengan teman. Untuk menikmati WiFi dengan kecepatan 100 Mbit/s Anda dapat mengirimkan SMS dengan format NET (spasi) 5000 ke 98108.

3. Bersantai di taman

Areal taman ini sangat menyenangkan saat cuaca mendukung, misalnya pagi dan sore hari. Banyak orang yang suka bersantai di area taman ini karena sangat menyenangkan. Pengunjung akan tiba pada sore hari.

Air mancur di tengah taman menambah ketenangan sekaligus keindahan. Untuk membuat suasana santai semakin menyenangkan, taman ini mendapatkan area tempat duduk di sekitar taman dengan pepohonan yang rindang.

4. Nikmati makanan ringan

Di area publik yang biasa digunakan untuk jalan-jalan, ternyata wisatawan juga bisa menikmati jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Menariknya, jajanan tersebut memiliki harga yang terjangkau dan tidak membuat kantong kurus. Sehingga para pengunjung tidak akan merasa lapar.

5. Berfoto di area parkir

Banyak pengunjung yang memanfaatkan keindahan Taman Barito untuk berfoto. Di era digital ini, konten berupa foto dan video sangat marak di dunia maya. Oleh karena itu, taman ini memiliki bagian foto yang sangat menarik dan instagramable.

Misalnya area yang bisa digunakan adalah air mancur yang memiliki spot foto terbaik. Ada gazebo, serta foto-foto dengan kesan berada di teras rumah. Pepohonan rindang juga bisa digunakan untuk mengabadikan foto dengan tema alam yang menenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman BaritoSumber gambar: Google Maps Angga Eka

Dari penjelasan di atas, mungkin wisatawan sudah bisa menebak fasilitas unggulan yang dimiliki taman ini. Dan beberapa fasilitas yang dimilikinya, seperti:

Jalan setapak untuk trek olahraga.

  • Wifi gratis.
  • Tempat peristirahatan umum.
  • Kursi taman.
  • peralatan olahraga.
  • tempat parkir dan lain-lain.

Melihat penjelasan di atas, Taman Barito tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kawasan Jakarta Selatan, bukan? Wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini pasti akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan bahkan bisa dikunjungi setiap hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button