Tempat Wisata

Pinggir sawah Sidrap, pesona resto unik bernuansa alam tempo dulu

Tepi Sawah Sidrap mampu menawarkan cita rasa kuliner tradisional yang berbeda dengan pemandangan sawah dan harga yang terjangkau

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 10.00-22.00 WITA, Alamat: J L. Poros Amparita, Tanete, Kec. Maritengngae, Cab Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sulawesi Selatan tidak pernah kehabisan tempat wisata yang bagus. Salah satunya Tepi Sawah Sidrap, restoran unik di Sidrap. Tidak heran tempat ini penuh dengan orang.

Penduduk Tana Luwu sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Jika Anda ingin pergi ke Makassar, Anda pasti pernah melihat snack bar yang sering dikunjungi. Areanya sendiri berada di pinggir sawah dengan interior dan eksterior yang eksotik, seperti di pedesaan.

Ini membedakannya dari takeaways lainnya. Sehingga ketika pengunjung memasuki kawasan Sidenreng Rappang dan melihat tempat ini ada baiknya untuk mampir. Nah, berikut kami berikan gambaran tempat makan tersebut.

Daya Tarik Sawah Sidrap

Daya tarik sawah SidrapKredit foto: Google Maps Satya Putra Husain

Rumah Makan Tepi Sawah Sidrap memiliki berbagai daya tarik yang membuatnya selalu ramai pengunjung. Ini membuatnya menjadi tempat wisata dan tempat makan yang terkenal di Sidrap. Lantas apa saja daya tarik utama dari tempat ini?

1. Pemandangan sawah yang indah

Karena berada di tepi persekutuan persawahan, pemandangan di sekitar kawasan ini adalah persawahan yang indah alami. Pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang masih alami dengan suasana yang sejuk.

Bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Kapan lagi bisa bersantai sambil makan dan menikmati pemandangan hijaunya sawah yang menyejukkan bukan?

2. Alat makan masa lalu

Berkonsep pedesaan, alat makan yang digunakan di warung Tepi Sawah Sidrap adalah alat makan tua. Padahal, gelas tempat Pak Jokowi minum jamu setiap hari adalah gelas dari tempat ini.

Tentu saja, konsep ini jarang ditemukan wisatawan di tempat makan lain. Oleh karena itu, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana makan kampung tempo dulu.

3. Taman yang indah

Tempat makan ini tidak hanya memiliki sawah tetapi juga beberapa taman yang indah. Taman-taman kecil ini membuat lanskap di sana terlihat lebih sempurna. Pengunjung dapat menikmati makanan sambil melihat berbagai tanaman yang ada di taman.

Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk beristirahat saat makan siang. Di malam hari suasananya juga bagus karena ada lampu-lampu kecil di area taman.

4. Pernak-pernik pertanian

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan banyak pernak-pernik menarik. Terutama pernak-pernik pertanian tempo dulu. Dari mortir beras hingga anyaman topi petani, semuanya sudah termasuk.

Jadi jika anda belum pernah melihat alat pertanian kuno maka rasa penasaran anda bisa terobati dengan melihatnya disana. Karena itu, tempat ini juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak.

5. Bangunan unik

Tak hanya dekorasi ruangan dan peralatan makan yang unik, tempat ini juga memiliki konsep bangunan yang menarik. Masih menggunakan arsitektur tempo dulu, Tepi Sawah Sidrap dibangun dengan tata letak batu bata.

Sedangkan tiangnya terbuat dari bambu dan daun sagu digunakan sebagai atap. Atap luar ruangan akan dibangun di bagian atas, dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah di sekitarnya.

Gubuk dengan meja dan kursi dibangun di sawah. Ada juga Anjungan Lesehan di pinggir sawah. Semuanya dibuat dengan konsep outdoor. Meja dan kursi yang digunakan juga sangat berbeda karena khusus didatangkan dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Meja dan kursi klasik ini memberikan tampilan pedesaan yang hilang begitu saja. Pengunjung juga dapat mendengar musik dan seni tradisional. Lagu yang dimainkan disana adalah lagu Bugis, cocok sebagai teman santai dan makan.

6. Aneka menu tradisional yang enak

Semua menu di Rumah Makan Tepi Sawah Sidrap merupakan menu tradisional Sidrap. Ada Bebek Palekko, Sayur Tuttu, Mangga Raca, Bebek Panggang, Ikan Kering dan Bandeng Bakar. Pengunjung juga bisa memilih jenis ikan segar yang akan dimasak.

Harga menu-menu disana juga cukup terjangkau untuk semua kalangan. Jadi, di tempat-tempat tersebut tidak hanya turis, tapi juga penduduk lokal bisa membeli makanan. Ini adalah alternatif restoran murah untuk orang-orang yang ingin pergi berlibur bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sawah SidrapKredit Foto: Galeri Google Maps DiR

Sidrap menjadi terkenal karena terdapat tempat makan yang asik dengan konsep duduk di pinggir sawah. Bahkan, tempat itu sempat viral di media sosial dan diburu para penikmat kuliner. Tak hanya sebagai restoran, tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai objek wisata.

Pinggir sawah Sidrap terletak di Jalan Poros Amparita, Tanete, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Pengunjung yang datang dari kota Pare-Pare harus berjalan kaki sejauh 30,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 55 menit.

Jika masih kesulitan menemukan lokasinya, gunakan saja Google Maps. Jam buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WITA.

Biaya masuk ke objek wisata

Setiap orang tidak perlu membayar tiket. Tentu saja pengunjung tetap harus membayar semua makanan yang dipesannya. Tenang saja, harga makanan di sana juga cukup terjangkau. Harga menu utama berkisar antara Rp5.000 hingga Rp25.000.

Sedangkan untuk paket bebek dan ayam harganya Rp 100.000. Minuman yang dijual di sana juga murah, mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Sekarang hanya ada Rp 15.000 untuk setiap snack.

Aktivitas menarik di pinggir sawah Sidrap

Aktivitas menarik di pinggir sawah SidrapKredit foto: Google Maps Ardy Ardy

Dengan daya tarik khusus tempat tersebut, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Berikut beberapa aktivitas menarik yang wajib Anda coba saat datang ke restoran ternama ini.

1. Nikmati makanan dan minuman

Tentunya sebagai tempat makan, Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di sana. Ini menjadikannya tujuan makan keluarga yang menyenangkan. Jadi jika Anda berkunjung ke Makassar dan ingin menikmati makanan khas tradisional, datang saja ke tempat makan ini.

2. Nikmati pemandangannya

Daerah ini dikelilingi oleh pedesaan yang indah. Itulah daya tarik utama di tempat ini. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotik ini sambil bersantai di paviliun di pinggir sawah sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang nikmat.

Pengunjung juga bisa berfoto di sana. Ada beberapa area foto yang telah disediakan. Latar belakang sawah hijau juga menyempurnakan foto yang diambil. Jangan lupa untuk membagikan foto tersebut ke media sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman padi SidrapKredit Foto: Google Maps Endah Suryandani

Fasilitas restorannya juga cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, mushola, area merokok, spot foto, pendopo, gazebo, colokan listrik, dan fasilitas rekam kesehatan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya Sidrap, tidak ada salahnya untuk makan di pinggir sawah Sidrap. Rasakan sensasi berbeda saat bersantap di pinggir sawah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button