Tempat Wisata

Taman Dempo, taman indah dengan berbagai wahana seru di Pagar Alam

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Dempo Park bukan satu-satunya destinasi wisata di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Namun karena keindahan dan daya tariknya, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Pengunjung dari berbagai daerah juga datang di akhir pekan untuk menikmati apa yang ditawarkan.

Tempat ini semakin populer dan menjadi perbincangan banyak wisatawan, terutama yang aktif di media sosial. Bukan tanpa alasan pengunjung yang datang pasti ingin menunjukkan pesonanya. Taman bunga yang indah, spot foto yang instagramable dan berbagai wahana menjadi daya tarik tersendiri.

Mengunjungi Hits di Pagar Alam sangat dianjurkan terutama bagi anda yang ingin berobat. Hal ini dikarenakan pesona alam yang dimiliki seseorang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Sebut saja rangkaian bukit-bukit yang eksotik, kemudian dipadukan dengan taman cantik warna-warni bunga.

Daya tarik Taman Dempo

Atraksi di Taman DempoKredit foto: Google Maps Adriansyah Putera

Taman Dempo merupakan taman rekreasi yang menawarkan berbagai hal menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Penasaran seperti apa objek wisata tersebut, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Pemandangan alam yang mempesona

Seperti namanya, wisata hits di Pagar Alam ini terletak di kaki Gunung Dempo. Tak heran jika lokasinya dipenuhi dengan keindahan alam yang mempesona. Pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan dengan konturnya yang berkelok-kelok. Dari kejauhan deretan perbukitan ini terlihat begitu eksotis dan sangat indah.

Pemandangan lain di Taman Dempo adalah hamparan kebun teh yang menghijau. Juga undakan medan yang disebut terasering terlihat jelas, pesonanya semakin menawan. Untuk kualitas udara disini terasa sejuk dan menyegarkan. Bagi penduduk kota, inilah suasana santai yang tentunya tidak akan Anda temukan di kawasan metropolitan.

2. Tempat bermain anak

Selain pemandangannya yang indah, wisata yang indah ini dilengkapi dengan tempat bermain anak yang luas dan aman. Keberadaan kawasan ini menjadi alasan mengapa pengunjung datang dari kalangan keluarga. Jadi, pada intinya Taman Dempo cocok untuk semua wisatawan, termasuk pasangan muda yang ingin mencari spot foto yang bagus.

Anak-anak dapat bermain dengan aman di taman bermain ini. Seperti halnya taman bermain lainnya di ruang publik, terdapat juga ayunan, perosotan, jembatan gantung, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Meskipun seharusnya aman, tetap perhatikan sebanyak mungkin apa yang dilakukan anak-anak saat mereka bermain.

3. Temukan foto-foto indah

Daya tarik Dempo Park selanjutnya adalah banyaknya spot foto yang cantik dan instagramable. Bagi yang suka fotografi, tempat ini tidak boleh diabaikan, artinya wajib dikunjungi. Di antara sekian banyak lokasi yang paling menarik perhatian adalah rumah hobbit, jembatan gantung, dan berbagai patung unik.

Meski bukan tempat untuk berfoto, taman bunga cantik ini menjadi idola para wisatawan. Bagaimana tidak, warna-warni bunganya memukau setiap orang yang melihatnya. Ini juga menawarkan pemandangan indah di beberapa tempat, seperti sekumpulan semak yang menenangkan.

4. Fasilitas Rekreasi

Banyaknya wahana hiburan, atau bisa dibilang wahana keluar, juga menjadi salah satu daya tarik Taman Dempo. Ada rubah terbang di sini yang membuat pengunjung merasa terbang di atas lembah dengan tali dan tali kekang. Selain itu, ada juga ATV yang bisa mengelilingi kawasan wisata dengan sepeda motor khusus off-road.

Tidak hanya wahana darat tetapi juga wahana air tersedia di sini. Misalnya, kolam renangnya cukup besar dan dilengkapi beberapa fasilitas seperti seluncuran air dan pancuran. Selain itu, ada juga sepeda air yang memungkinkan Anda menikmati segala keindahan tempat wisata sambil bersantai di danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Dempo Park Pagar AlamKredit foto: Google Maps Tomy Heryandi

Taman Dempo merupakan destinasi wisata alam yang dipadukan dengan wahana dan berbagai spot foto. Alamatnya terletak di Desa Dempio Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Mengunjungi tempat ini sangat mudah karena tempatnya cukup strategis meski berada di kaki gunung.

Jarak ke pusat kota atau Alun-alun Pagar Alam hanya sekitar 10 kilometer. Jarak ini biasanya dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit. Jika berangkat dari pusat kota, sebaiknya melalui Jalan Mayjen S Parman terlebih dahulu baru kemudian ke Jalan DI Panjaitan.

Ikuti lurus jalan utama hingga sampai di Jalan Depati Renasin. Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Soekarno Hatta, lalu jalan terus hingga sampai di Jalan Muntung Raje. Setelah mengikuti jalur utama sekitar 500 meter, Anda akan sampai di sebuah tempat wisata. Berada di sisi kanan jalan, tidak jauh dari kawasan Air Terjun Mangkok di sisi kiri jalan.

Biaya masuk ke objek wisata

Setelah menemukan lokasi Dempo Park, silahkan cari tempat parkir yang nyaman untuk kendaraan anda dibawah. Silakan pergi ke konter untuk membeli tiket karena objek wisata ini tidak gratis untuk dikunjungi. Tapi tenang, harga tiket masuk tempat wisata ini tidak mahal, pengunjung cukup membayar Rp 5.000 saja.

Seperti tempat wisata pada umumnya, tempat parkir yang digunakan untuk kendaraan bermotor tidak gratis. Untuk ini Anda perlu mengumpulkan dana tambahan, biaya sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Harga tiket masuknya juga belum termasuk spot foto yang harganya antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per spot.

Kegiatan menarik di Taman Dempo

Kegiatan menarik di Taman DempoSumber Gambar: Google Maps Leof Rhmn

Dempo Park merupakan tempat wisata dengan konsep taman rekreasi yang menawarkan berbagai aktivitas menarik. Tentu saja, ini termasuk alasan mengapa banyak wisatawan yang mengunjunginya, selain tempat wisata yang telah dijelaskan di atas. Dari sekian banyak aktivitas, berikut rekomendasi yang tidak boleh Anda tinggalkan!

1. Coba Wahana Permainan

Kegiatan menyenangkan yang dijamin pertama adalah mencoba permainan yang tersedia. Misalnya bersepeda, tempat wisata ini memiliki jalur sepeda yang indah dan lebar sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan taman. Karena adanya kolam renang, Anda bisa merasakan segarnya air yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Dua wahana di atas tidak gratis, Anda harus membayar ekstra. Jika Anda menginginkan sesuatu yang gratis, silakan kunjungi area taman bermain. Dempo Park menawarkan area bermain anak yang lengkap. Misalnya perosotan, ayunan dan arena bermain lainnya, cocok untuk keluarga yang ingin bersantai sambil melihat anaknya bermain.

2. Berburu spot foto

Dengan latar belakang pepohonan hijau dan taman yang indah, tur yang sukses ini adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto. Tujuannya tak lain untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga atau teman. Di antara sekian banyak tempat, yang paling menarik adalah air terjun buatan, jembatan kayu, dan taman bunga.

3. Nikmati porsi kuliner lokal

Taman Dempo menampilkan berbagai kios dan warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman. Keberadaan toko ini juga bisa dijadikan sebagai kegiatan yang menarik, apalagi jika bukan tentang berburu kuliner. Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang lezat sambil menikmati keindahan alam yang dipajang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Taman DempoKredit foto: Instagram Dempo Park

Menggabungkan konsep wahana dan spot foto, wisata alam ini tidak melulu soal keindahan. Selain itu, ada juga fasilitas yang dinilai cukup. Keberadaan tempat parkir menjadi fasilitas utama, Anda dapat dengan mudah memarkirkan kendaraan karena cukup luas. Fasilitas lain yang tersedia antara lain toilet, spot foto, pendopo, dan penjual makanan.

Itu yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu destinasi wisata di Pagar Alam yaitu Taman Dempo. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan dan belum menemukan tempat yang cocok, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Selain murah, lokasinya sangat strategis sehingga mudah ditemukan, plus menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button