Tempat Wisata

Pantai Pacar Tulungagung – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Pacar salah satu wisata pantai yang unik di tulungagung menarik untuk dijelajahi. Pantai berpasir dengan air terjun mini dalam pengaturan yang indah dan masih asri.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Pacar merupakan destinasi wisata bahari dengan pemandangan yang indah di salah satu daerah di Jawa Timur yaitu Tulungagung. Lokasinya dekat dengan dua pantai indah lainnya yaitu Pantai Molang dan Pantai Lumbung. Panorama yang disuguhkan begitu unik dan berbeda dengan pantai lainnya.

Masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, sehingga suasananya begitu tenang dan sepi. Sangat cocok menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang membutuhkan istirahat. Tempatnya masih sulit dijangkau, namun panorama pantai yang indah tidak akan menyurutkan keinginan wisatawan yang berencana berkunjung ke sana.

Pantai tersembunyi ini masih sangat alami, sehingga terasa sangat bersih dan membuat wisatawan betah berlama-lama. Karena letaknya yang tersembunyi, Girlfriend Beach sering dianggap sebagai pantai pribadi atau pantai pantai pribadi. Lokasi yang masih sepi sangat cocok untuk hunting foto dengan latar belakang yang begitu menyenangkan.

Atraksi Pantai Pacar

Atraksi Pantai PacarKredit foto: Google Maps Rio Adi Marhendra

Kabupaten Tulungagung sangat populer di telinga wisatawan karena memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Pacar merupakan salah satu pantai yang bisa dijadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Tulungagung. Pantai ini memiliki pesona tersendiri yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

1. Asal usul nama yang terhormat

Nama “Pacar” yang disematkan pada pantai yang satu itu terdengar cukup unik. Namun meski diberi nama “Pacar” bukan berarti pantai ini khusus diperuntukan untuk kencan. Konon kawasan pantai ini dulunya merupakan hutan dengan banyak tumbuhan dan pepohonan.

Yang membuatnya unik adalah tanaman yang berkumpul di sekitar area pantai, yaitu tanaman pacar. Namun, suatu hari hutan ditebang, menyebabkan tanaman dan pohon menghilang. Untuk mengenang hutan yang dipenuhi tanaman henna dan pepohonan, pantai ini diberi nama Girlfriend.

2. Ada air terjun di dekat pantai

Salah satu daya tarik Pantai Pacar adalah air terjun yang berada di dekat pantai. Air terjun mengalir dari bebatuan di atas bukit dan airnya mengalir langsung ke laut lepas. Ketinggian air terjun sekitar 3 meter dan airnya sangat bersih dan jernih. Saat musim hujan, air semakin deras.

3. Termasuk pantai tersembunyi

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Cara menuju ke sana sangat rumit sehingga limusin tidak dapat digunakan untuk sampai ke pantai. Jalannya tidak mulus, jadi disarankan hanya sampai di sana saat musim kemarau. Selama musim hujan jalan sangat licin dengan banyak kerikil berbahaya.

4. Pasir pantainya beda

Pasir pantai di sana berwarna putih dengan hiasan batu-batu besar mulai dari yang kecil hingga yang besar. Sesekali ombak menyapu pasir pantai dan pecah oleh bongkahan batu besar. Pemandangan yang muncul saat bebatuan memecah ombak begitu menakjubkan.

Alamat dan rute ke tempat wisata buat pacar

Alamat pantai pacar TulungagungKredit foto: Google Maps Bian Ragil

Wisata pantai ini berada di area perkebunan yang tempatnya tersembunyi dan harus melewati jalan yang kasar. Jalan yang berkelok-kelok dan tanjakan yang tajam mengharuskan Anda membawa kendaraan pribadi dalam kondisi yang sangat baik, baik mesin, rem, dll. Namun demikian, ada pohon-pohon sejuk di kedua sisi jalan.

Pantai ini terletak di kawasan Pucang Laban. Untuk menuju ke tempat tersebut Anda dapat mengambil dua jalur yaitu dari Blitar dan dari Tulungangung, Jawa Timur. Kedua jalur tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, kondisi mesin, rem dan lainnya aman dan tidak berbahaya karena jalan menuju pantai masih belum bagus.

Jika Anda berangkat dari Blitar Anda dapat mengambil rute melalui Kademangan. Dari Kademangan, Anda dapat mengikuti jalan tol menuju Pantai Tambakrejo hingga mencapai Persimpangan Suruhwadang. Kemudian Anda bisa berbelok ke kanan di pertigaan, melewati desa Kebonsari, Maron dan Panggungduwet.

Dari Panggungduwet, saat bertemu pertigaan, belok kanan hingga mencapai pertigaan Pasar Puser. Kemudian dari pertigaan Pasar Puser, ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan yang mengarah ke desa Pucanglaban. Setelah sampai di Desa Pucanglaban, lurus saja sampai menemukan kolam kepiting. Lokasi Pantai Pacar berada di dekat kolam kepiting.

Jika Anda berangkat dari Tulungagung, Anda bisa mengambil jalur melalui Ngunut. Saat berada di pertigaan pasar Ngunut, Anda bisa berbelok ke kanan hingga sampai di pertigaan pasar Panjerejo. Kemudian dari pertigaan Panjerejo ambil jalan ke kiri. Setelah itu, ketika Anda menemukan pertigaan besar, belok kiri sampai Anda mencapai desa Pucanglaban dan kolam kepiting.

Tiket Masuk Pantai Pacar Tulungagung

Tiket Masuk Pantai Pacar TulungagungKredit foto: Google Maps Bian Ragil

Pantai yang tersembunyi dan murni ini terbuka untuk umum 24 jam sehari dan tidak ada biaya masuk sama sekali. Anda hanya perlu membayar 5.000 Rupiah untuk biaya parkir. Namun meski tidak dipungut biaya masuk, wisatawan harus selalu menjaga kebersihan pantai untuk menjaga keindahan alamnya.

Saat berkunjung ke sana, tidak disarankan menggunakan limusin. Wisatawan disarankan untuk mengunjungi pantai saat musim kemarau. Saat musim hujan jalan menuju pantai sangat licin disertai dengan adanya kerikil yang dapat menyebabkan kendaraan tergelincir.

Jika ingin berkemah di area pantai pengelola telah menyediakan persewaan tenda dan kasur. Anda bisa menyewa tenda besar dengan kapasitas maksimal 6 orang dengan harga sewa Rp 35.000. Ada juga tenda dengan kapasitas maksimal 4 orang dengan harga sewa Rp 25.000. Maka harga sewa kasurnya adalah Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Girlfriend Beach

Aktivitas Menarik Pantai PacarKredit foto: Google Maps Arif Usman

1. Memancing di pantai

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk memancing. Sebagian besar tamu memancing adalah penduduk lokal. Namun, karena tidak ada persewaan alat pancing, Anda harus membawa alat pancing sendiri saat ke sana. Aktivitas menarik biasanya dilakukan dari atas bukit.

2. Berfoto dengan background pantai dan air terjun

Daya tarik utama dari Girlfriend Beach adalah pantai dengan air terjunnya yang mempesona. Latar belakang foto terdiri dari pantai berpasir putih bersih dengan air terjun yang mengalir indah dan air laut yang biru serta ombak yang bergulung-gulung menjadi paduan yang tepat untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

3. Berkemah di area pantai

Area pantai ini bisa digunakan untuk berkemah. Biasanya para wisatawan yang datang ke camp menggunakan lapangan di puncak air terjun. Pihak Administrasi Tempat Wisata telah menyediakan persewaan tenda dan kasur sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkemah di kawasan pantai yang indah ini.

4. Makan ikan bakar di pantai

Aktivitas menyenangkan ini bisa dilakukan sambil meletakkan tikar di tepi pantai. Para wisatawan biasanya membawa ikan hasil tangkapannya untuk dibakar kemudian disantap bersama teman dan keluarga sambil menunggu fajar menyingsing. Tentunya Anda harus membawa sendiri semua peralatan untuk membakar ikan tersebut.

Penginapan murah terdekat dari lokasi Boyfriend Beach

Homestay di tepi sungaiSumber gambar: Twitter Terbang Rahasia

1. Homestay di tepi Sungai

Penginapan ini berada di kawasan pemukiman Riverside II, jarak menuju lokasi penginapan hanya 30 km dari kota Kediri. Tarif sewa kamar per malam mulai dari Rp 300.000. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, seperti akses WiFi gratis, area lounge, kamar mandi, TV layar datar, dan dapur umum. Sebagian besar keluarga besar yang tinggal di sana.

2. Homestay Alba Suites

Homestay dengan tarif sewa kamar mulai dari Rp80.000 ini terletak di pusat Kota Tulungagung. Homestay ini merupakan akomodasi yang direkomendasikan karena bersih, asri dan nyaman. Peralatannya lengkap dan memadai. Pelayanannya juga sangat ramah.

3. Hotel Palapa

Bagi Anda yang memiliki budget minim, Anda bisa menginap di hotel yang menawarkan harga sewa per kamar yang terjangkau. Hotel ini menawarkan harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 150.000 dengan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas ini meliputi binatu, layanan kamar, parkir, dan Wi-Fi gratis.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pacar Tulungagung

Fasilitas Pantai Pacar TulungagungKredit foto: Google Maps Paradise Indonesia

Meski tergolong pantai yang tenang dan tersembunyi, fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain persewaan tenda dan kasur untuk camping, tempat parkir, kamar mandi, toilet, mushola dan warung makan. Jika ingin memancing bisa membawa alat pancing sendiri dari rumah karena pengelola tidak menyediakannya.

Pantai Pacar cocok untuk wisatawan dari segala usia. Namun, jika Anda pergi ke sana, lebih baik memikirkan kendaraan mana yang akan diambil karena jalannya tidak bagus dan memadai. Lebih baik untuk menghindari limusin agar Anda dan keluarga serta teman-teman Anda bepergian ke tempat tujuan dengan aman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button