Tempat Wisata

Ngarai Sianok: Tiket Masuk, Lokasi, Atraksi dan Fasilitas

Ngarai Sianok merupakan salah satu kekayaan alam di Bukittinggi yang saat ini dijadikan sebagai objek wisata. Ngarai ini merupakan lembah dengan panjang sekitar 15 km dan lebar 200 meter.

Tak heran jika lembah ini menarik perhatian banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata ini, pastikan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Berikut adalah beberapa informasi dan tempat untuk mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi ini.

Lokasi dan jam buka Ngarai Sianok

Ngarai cantik ini terletak di Jalan Binuang, Kecamatan Sianok Anam Suku, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berangkat dari kota Padang, Anda perlu menempuh jarak sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

Jam buka objek wisata ini adalah Senin hingga Minggu mulai pukul 09:30 hingga 17:30. Pemandangan ngarai paling bagus di pagi hari, saat suasana belum panas dan terik. Oleh karena itu, ada baiknya mengunjungi ngarai ini pada pagi hari.

Biaya masuk

Untuk menikmati panorama Ngarai Sianok yang sangat indah ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir tergantung jenis kendaraannya.

Atraksi Ngarai Sianok

Karena daya tariknya yang hanya bisa ditemukan di sini, destinasi wisata alam ini tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa atraksi yang dapat Anda alami saat berkunjung ke sini antara lain:

1. Wisata habitat berbagai flora dan fauna

Daya tarik yang pertama adalah ketika Anda berkunjung, Anda bisa melihat langsung habitat dari berbagai jenis flora dan fauna. Lokasi ngarai yang diapit oleh hutan sekitarnya merupakan habitat asli flora dan fauna.

Berbagai spesies hewan hutan asli dapat ditemukan di sekitar desa, termasuk tapir, macan tutul, babi hutan, rusa, dan monyet vervet. Jika Anda bertemu hewan liar, jangan panik karena dapat membahayakan keselamatan Anda.

2. Menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam

Atraksi kedua sangat cocok bagi Anda yang suka mencari tempat untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Ngarai ini menawarkan pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan pegunungan atau laut untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Suasana matahari terbit dan terbenam di ngarai ini begitu mempesona sehingga banyak wisatawan bahkan fotografer profesional mencari foto saat ini. Saat matahari terbit Anda bisa melihat sinar matahari perlahan menembus celah-celah lembah.

Selain itu, kamu juga bisa melihat siluet Gunung Singgalang yang sangat indah dan megah. Siluet panorama Gunung Singgalang begitu indah sehingga dijadikan gambar pada uang kertas Rp 2.000 edisi terbaru.

3. Pemandangan hamparan sawah

Daya tarik ketiga dari objek wisata ini adalah dapat menikmati pemandangan hamparan sawah yang sangat indah di dasar lembah. Bahkan dari kejauhan, sawah yang sangat luas ini terlihat sangat terawat.

Jalur yang berkelok-kelok juga menimbulkan kesan artistik. Beberapa wisatawan juga rela berjalan jauh untuk pergi ke sawah dan mengambil foto yang estetik dan instagramable.

4.Janjang Koto Gadang

Daya tarik keempat yang hanya bisa Anda temukan dengan mengunjungi ngarai ini adalah mengunjungi Janjang Koto Gadang. Spot ini berupa tembok setinggi 1,5 meter dan lebar 2 meter. Tembok ini dikenal sebagai Tembok Raksasa di Indonesia.

Bagian atas tembok ini memperlihatkan keindahan Ngarai Sianok dari sudut pandang yang berbeda. Pemandangan lembah di bawah terlihat lebih maskulin dan mengesankan jika dilihat dari atas tembok ini.

FYI: Tembok ini juga dikenal sebagai Tembok Besar Cina di Indonesia karena bentuknya yang menyerupai Tembok Besar Cina asli.

5. Gua Jepang

Daya tarik berikutnya adalah keberadaan goa Jepang di sekitar kawasan wisata Canyon. Di gua Jepang ini, Anda bisa berwisata untuk mempelajari sejarah Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Gua ini digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat pertahanan.

Goa ini memiliki panjang 1,5 km namun hanya bisa dijelajahi hingga 750 meter karena sisanya tidak bisa dilalui, sehingga keamanan para pengunjung terjamin. Ingatlah untuk membawa senter saat memasuki gua karena di dalamnya sangat gelap.

6. Keindahan pemandangan

Ngarai ini sangat terkenal dengan keindahan bentang alamnya. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan seperti di lukisan alam. Obyek wisata ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan rimbun.

Terdapat juga jurang terjal yang indah dan sungai kecil yang mengalir di tengahnya yang menambah keindahan pemandangan. Kesempurnaan alam di ngarai ini dilengkapi dengan udara yang masih sangat sejuk dan asri.

7. Sungai Batang Sianok

Atraksi terakhir yang bisa Anda temukan saat mengunjungi objek wisata ini adalah pemandangan Sungai Batang Sianok. Sungai ini terletak di tengah lembah yang terjal dan dikelilingi pepohonan yang sangat rimbun.

Air di sungai ini masih sangat jernih karena belum tercemar oleh sampah atau pencemaran lainnya. Di sini Anda dapat menikmati air yang tenang dan jernih serta mendengarkan suara gemercik air. Anda pasti akan merasa rileks saat mengunjungi sungai yang indah ini.

Tips mengunjungi Ngarai Sianok

Karena objek wisata ini sangat luas dan memiliki medan yang cukup menantang, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar liburan Anda menyenangkan.

1. Membangun daya tahan

Tips yang pertama adalah jaga kebugaran dan konsumsi vitamin beberapa hari sebelum mengunjungi objek wisata ini. Untuk menjelajahi semua tempat objek wisata ini, Anda membutuhkan stamina yang kuat dan baik.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Karena Anda sedang berjalan-jalan di objek wisata dengan pemandangan yang bervariasi, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman. Jika perlu, Anda bisa menggunakan sepatu khusus untuk hiking agar kaki tidak cepat lelah atau melukai diri sendiri.

3. Bawa baju ganti

Di dalam objek wisata ini terdapat sungai. Tentunya jika ingin bermain air di sana, kemungkinan pakaian Anda akan basah. Jadi pastikan untuk membawa baju ganti agar bisa cepat mengganti baju jika baju basah.

4. Pastikan kebersihan

Karena Anda sedang berwisata ke objek wisata alam, pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Anda dapat menyimpan sampah yang terkumpul di tas atau tas Anda terlebih dahulu hingga menemukan tempat sampah.

Menutup

Menikmati keindahan Ngarai Sianok pasti akan membuat liburan Anda lebih bermakna dan membantu menghilangkan stres. Anda wajib mengabadikan keindahan pemandangan objek wisata ini dalam foto-foto selama berkunjung.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button