Tempat Wisata

🏖 7 Rekomendasi Pantai di Pacitan Indah dan Lebih Hits

Pacitan merupakan kawasan yang dikelilingi banyak destinasi wisata, mulai dari gua hingga pantai menawan di pesisir selatan. Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki pasir putih, air laut jernih, dan perbukitan hijau di sekelilingnya.

Saking banyaknya properti wisata pantai di Pacitan, kawasan ini selalu dibanjiri wisatawan, terutama di akhir pekan dan hari libur. Beberapa ulasan Pantai Pacitan yang indah di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat program liburan bersama keluarga atau teman.

1. Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai indah pertama di Pacitan adalah Pantai Srau dengan pasir putih berkilau dan air laut yang jernih. Sayangnya pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga tidak cocok untuk berenang karena akan berbahaya.

Kawasan pantai ini cukup luas sehingga mampu menampung banyak pengunjung apalagi terdapat tiga kawasan yakni Pantai Srau 1, 2 dan 3. Tempat yang paling diminati wisatawan untuk bermain air adalah Pantai Srau 2.

Pantai Srau 2 memiliki luas yang cukup luas dan bebas dari batu-batu yang terbawa ombak, sehingga cukup nyaman untuk bermain air maupun pasir. Pantai Wayang juga menjadi salah satu destinasi di Pantai Srau 2 sebagai motif foto yang menarik.

Pantai Wayang memiliki ombak yang besar dan kuat, sehingga wisatawan di kawasan ini dilarang untuk berenang atau bermain air. Meski begitu, tempat wisata ini cocok untuk relaksasi dengan pemandangannya yang indah dan suasana yang menyenangkan.

Wisatawan juga bisa menjelajahi perbukitan karang di sekitar pantai untuk menikmati panorama Pantai Srau dengan lebih leluasa. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi ini adalah pada pagi atau sore hari.

2. Pantai Klajar

Pantai Klayar

Pantai lain yang tak kalah menariknya terletak di Desa Sendang, Kec. Donorojo, Cab. Pacitan atau tepatnya 40 km sebelah barat Kota Pacitan. Pantai Klayar memiliki pesona alam yang luar biasa indah dan tak luput dari misteri yang diyakini penduduk setempat.

Pantai Klayar memiliki banyak daya tarik mulai dari keindahan pasir putih, seruling laut, karang besar menyerupai Sphinx di Mesir, air terjun, air mancur alami dan terumbu karang yang indah. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mengakui keindahan alam ini.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang sudah populer di berbagai media di internet. Karena itulah pantai ini tidak pernah sepi, apalagi di akhir pekan atau hari libur, setiap tempat pantai dipenuhi oleh wisatawan.

Untuk mencapai tempat-tempat wisata tersebut, wisatawan dapat memilih antara dua jalur alternatif yaitu dari Yogyakarta – Wonosari – Wonogiri dan dari Jawa Timur. Dibutuhkan sekitar 3 sampai 4 jam dengan mobil dari Yogyakarta.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan menuju lokasi karena dalam kondisi baik. Hanya saja saat memasuki jalan desa menuju Pacitan di Wonogiri jalannya cukup berlubang sehingga harus lebih berhati-hati.

3. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pantai-pantai indah di Pacitan memang sangat cocok menjadi destinasi wisata diantaranya Pantai Buyutan di Desa Widoro, Kec. Donorojo, Cab. Pacitan. Pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya terumbu karang berbentuk mahkota dewi Narada.

Dikatakan bahwa mahkota Narada jatuh saat terbang di atas daerah ini dan kemudian berubah menjadi batu. Bagi wisatawan yang masih ingin menikmati suasana malam di sini, terdapat banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa dipilih.

Namun, jika ingin pengalaman yang lebih seru, pihak pengelola objek wisata juga menawarkan pilihan berkemah. Kawasan savana yang cukup luas bisa menjadi tempat yang pas untuk berkemah, diberkahi suara ombak yang merdu.

Kawasan ini masih cukup alami, bahkan wisatawan bisa menjumpai monyet-monyet jahat yang kerap mempermainkan pengunjung. Keunikan lain dari pantai ini adalah sumber air tawarnya yang tidak jauh dari sabana dan berasal dari pegunungan.

Pantai berpasir dengan ombak yang besar membuat pemandangan pantai menjadi segar. Namun, banyak batu-batu kecil yang berserakan di pasir pantai, jadi Anda harus ekstra hati-hati agar tidak melukai diri sendiri.

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karang sering disamakan dengan Raja Ampat di Papua Barat karena sama-sama menawarkan panorama yang indah. Pantai ini kembali hits. Bebatuan besar yang mengelilingi pantai menjadi salah satu keunikan yang bisa ditemukan di berbagai pantai Pacitan.

Ombak pantai ini sangat cocok untuk berselancar, dari pemula hingga ahli selancar. Selain itu, bongkahan batu yang besar membuat pemandangan semakin eksotis, terutama saat matahari terbenam.

Air laut di pantai ini tidak hanya pasir putih dan bersih, tetapi juga biru jernih. Beragam kegiatan dapat dilakukan di kawasan wisata ini, mulai dari berenang, bermain pasir, berselancar, fotografi hingga sekedar bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi.

Bersantai di pantai semakin nikmat dengan segarnya air kelapa muda yang dijual di warung-warung pantai. Bahkan, wisatawan bisa mencoba berbagai makanan ringan hingga berat yang akan membuat liburan ini semakin berkesan.

Pantai di Pringkuku, Ketro, Watukarung ini cukup jauh dari pusat kota, bahkan memakan waktu sekitar 90 menit dengan kendaraan pribadi. Wisatawan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang untuk mengakses kawasan ini.

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Pantai terdekat di Pacitan yang tak kalah memukau adalah Pantai Tibo. Pantai ini terletak di desa Widoro, Kec. Donorejo, Cab. Pacitan memiliki keindahan alam yang sempurna, terutama dengan pemandangan sungai yang mengesankan di sepanjang pantai.

Nama Banyu Tibo berarti air terjun karena terdapat air terjun kecil di kawasan pantai ini. Adanya aliran alami mata air pegunungan nampak begitu nyata sehingga menjadikan pantai ini unik.

Untuk masuk ke pantai, wisatawan harus menggunakan tangga dan membayar biaya Rp 10.000 karena pantai berada di bawah. Tangga ini terletak di sebelah air terjun dan wisatawan bisa langsung merasakan kesegaran air terjun yang menyatu dengan pantai.

Pantai Banyu Tibo memiliki pasir yang berwarna kecoklatan, lembut dan selalu basah karena air sungai mengalir di tengahnya. Hamparan pasir pantai yang lembut ini dilengkapi dengan karang bibir pantai.

Banyak spesies ikan hidup di sekitar karang, menjadikannya tempat snorkeling yang sempurna. Bagi wisatawan yang tidak membawa peralatan snorkeling, tidak perlu khawatir karena persewaan peralatan snorkeling sudah tersedia di pinggir pantai.

6. Pantai Seruni

Pantai Krisan

Pantai lain di kawasan Pacitan yang selalu dipadati pengunjung adalah Pantai Seruni yang memiliki keindahan alam yang memukau dan diberkahi deburan ombak pantai. Tempat wisata yang satu ini memiliki nuansa romantis sehingga menjadi destinasi yang cocok untuk pasangan.

Pantai ini terletak di desa Jhole, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan memiliki suasana pemandian dan lingkungan yang asri. Bukan hanya pemandangannya yang indah, tetapi juga masyarakatnya yang ramah menjadi daya tarik utama kawasan ini.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Pacitan, Pantai Seruni termasuk salah satu yang jarang dikunjungi karena letaknya yang sangat tersembunyi. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai suasana sepi dan masih alami.

Ombak pantai di sini tidak terlalu besar, jadi wisatawan masih diperbolehkan berenang, namun tetap harus berhati-hati. Daya tarik lain dari Pantai Seruni adalah bukit-bukit yang mengelilingi pantai, memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan dengan lebih baik.

Fasilitas yang disediakan oleh pemandu antara lain tempat parkir kendaraan, tempat istirahat dan kamar kecil. Jangan lupa membawa bekal dari rumah karena tidak ada warung di sekitar pantai.

7. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul

Pantai terakhir yang sangat direkomendasikan saat berkunjung ke Pacitan adalah Pantai Ngandul, pantai tersembunyi yang dekat dengan Pantai Buyutan. Pantai ini terletak di desa Widoro, Kec. Donorejo, Cab. Pacitan, Jawa Timur.

Nyatanya, pantai ini tidak memiliki pasir pantai yang biasa ditemukan di sebagian besar pantai Pacitan. Meski begitu, Pantai Ngandul memiliki daya tarik tersendiri yaitu adanya sungai dan air terjun kecil, mirip dengan Pantai Banyu Tibo.

Selain itu, Pantai Ngandul memiliki daya tarik lain berupa celah seperti teluk yang memungkinkan air laut tumpah ke daratan. Tempat ini sering dijadikan spot foto yang menarik bagi para wisatawan.

Wisatawan diharapkan untuk berhati-hati saat mengunjungi pantai ini karena bebatuannya terjal dan tebingnya cukup terjal dan licin. Hindari menembak ke pinggir tebing karena sangat berbahaya, apalagi jika tidak hati-hati.

Pacitan masih memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menawan. Pantai-pantai di Pacitan menjadi bukti yang cukup bahwa kota ini memiliki potensi alam yang luar biasa sebagai tujuan wisata.

Itu tadi 7 daftar pantai indah yang sedang populer di Pacitan. Selamat berlibur!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button