Tempat Wisata

Air Terjun Sikulikap, surga alam eksotis yang tersembunyi di Karo

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Cab Karo, Sumatera Utara; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Air Terjun Sikulikap merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dengan tinggi sekitar 30 meter, air terjun ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Sangat cocok untuk liburan keluarga.

Suasana asri di bawah rindangnya pohon pinus menjadikan wisata indah ini sebagai destinasi liburan yang ideal. Apalagi bagi Anda yang mencari suasana tenang dan alami.

Penataan ulang pengelolaan wisata air terjun menyerupai wisata Cikole Bandung menjadi salah satu alternatif untuk menarik kembali wisatawan. Karena dahulu Air Terjun Sikulikap yang memiliki keindahan tersembunyi mengalami pasang surut pengunjung.

Daya tarik air terjun Sikulikap

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Sikulikapfoto dari Achmad Siddik Thoha di Twitter

✦ Suasana alam yang masih asri

Lokasi di sekitar air terjun masih terlihat sangat bagus. Berada di ketinggian yang merupakan bagian dari kawasan ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser, Tanah Karo dengan hutan yang dipenuhi pepohonan membuat udara di lokasi ini tetap terasa sejuk.

Bagi Anda yang memiliki hobi pecinta lingkungan atau hiking, wisata alam yang mempesona ini menjadi referensi liburan yang tepat.

✦ Memiliki tata letak yang menarik

Sempat mengalami sepi pengunjung yang lagi-lagi membuat pengelola mengubah tata letak di sekitar Curug Sikulikap. Pihak pengelola sengaja mendesain tempat ini seperti wisata di Bandung yang sudah populer yaitu di Cikole.

Adanya tempat selain lokasi air terjun ini menjadi salah satu yang membuat wisatawan ingin lebih ramai lagi. Juga jam operasionalnya padat baik pada hari kerja maupun hari libur.

✦ Ada rumah hobbit

Jika Rumah Hobbit selama ini identik dengan Kota Bandung, pesonanya kini bisa Anda nikmati di Sumatera Utara. Nuansa tempat baru ini selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berfoto.

Apalagi di hari libur, spot foto yang kekinian di rumah hobbit membuat antrean cukup panjang. Jadi mudah-mudahan Anda harus sedikit lebih sabar.

✦ Banyak turis berkemah

Pemandangan yang berbeda dengan lokasi di air terjun Sikulikap yaitu dengan pesona warna warni tenda kemah. Biasanya suasana seperti itu tampak lebih ramai di akhir pekan atau hari libur nasional.

✦ Memiliki perasaan kafe yang unik

Kafe adalah tempat di mana Anda dapat menikmati berbagai kuliner. Tidak jauh berbeda dengan kafe di sekitar air terjun.

Wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner di kafe sambil menikmati pesona alam yang indah. Jika Anda datang pada malam hari, Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda, yaitu udara malam yang dingin dihiasi kerlap-kerlip lampu di setiap sudut kafe.

Namun, jam buka kafe ini hanya sampai pukul 20.00 baik di hari kerja maupun hari libur nasional. Dan biasanya keadaan kafe selalu ramai. Banyak wisatawan yang ingin mengabadikan tempat yang Instagrammable ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun SikulapFoto oleh Nate Shunheng di Google Maps

Air Terjun Sikulikap terletak di Desa Doulu Tanah Brestagi, Mertelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Medan, mungkin diperlukan waktu dua hingga tiga jam untuk mencapai lokasi air terjun. Akses ke air terjun juga mudah. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Medan, harganya juga relatif murah.

Itinerary penggunaan transportasi darat adalah sebagai berikut.

Dari pusat kota, ikuti rambu ke Jalan Guru Patimpus lalu masuk ke Jalan Gatot Subroto. Selanjutnya menuju Jalan Jamin Ginting melalui Jalan Iskandar Muda. Kemudian ikuti rambu yang menunjukkan arah air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Air Terjun Sikulikap sudah termasuk harga standar. Tiket masuk dibagi menjadi tiga jenis pengunjung.

Jika wisatawan datang dengan berjalan kaki, cukup membayar Rp 5.000 untuk masuk ke air terjun. Sedangkan wisatawan yang berkunjung dengan kendaraan roda dua harus membayar Rp 20.000.

Sebaliknya, wisatawan yang mengunjungi air terjun dengan mobil harus membayar Rp 60.000. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir.

Jam operasional air terjun cantik ini adalah 24 jam sehari. Kunjungan dimungkinkan dari Senin hingga Minggu. Namun, jika ingin suasana yang lebih sepi, sebaiknya datang pada hari-hari sibuk, yakni antara Senin hingga Jumat.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Air Terjun SikulikapFoto oleh Kalak Karo Kerina di Facebook

1. Nikmati keajaiban hutan alam

Selain itu, sebelum memasuki lokasi air terjun, pemandangan hutan tropis yang tersusun dari berbagai jenis pohon menanti Anda. Ada meranti, sonokeling, kelenjer, kecing, dll sebagai peneduh jalan.

Udara sejuk, pepohonan hijau, angin sepoi-sepoi dan kicauan burung yang merdu membuat suasana asri semakin terlihat. Karena lokasi hutan yang masih terjaga keindahannya, Anda justru bisa melihat monyet bergelantungan di dahan.

2. Bersantai dan menikmati air terjun yang jatuh

Air Terjun Sikulikap berasal dari Taman Hutan Raya yang termasuk dalam Kawasan Hutan Lindung Bukut Barisan. Sebab, airnya memiliki suhu yang sangat dingin.

Debit air yang berlebihan membuat wisatawan tidak diperbolehkan berenang. Jika ingin merasakan dinginnya air, Anda bisa memilih tempat di tepi aliran air.

3. Temukan foto Instagram-ready

Di depan luapan air terjun terdapat pondok pohon bergaya kotak-kotak tradisional. Anda bisa memanjat pohon menggunakan anak tangga yang disediakan pengelola.

Anda bisa langsung membuat spot foto kekinian dengan landscape air terjun. Gambar yang dihasilkan terlihat lebih eksotis dan cocok untuk diunggah ke media sosial Anda.

4. Foto prewedding

Lokasi Air Terjun Sikulikap yang berada di tengah hutan dengan pohon pinusnya yang khas mengundang banyak pasangan untuk melakukan foto prewedding. Pohon pinus yang menjulang tinggi memberikan kesan dramatis dan romantis.

Oleh karena itu, lokasi yang indah ini sering dijadikan pilihan untuk foto pre-wedding, terutama jika menginginkan tema alam.

5. Trekking di jalan setapak menuju air terjun

Jalur pendakian menuju air terjun dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Pemandu telah dengan hati-hati menata jalan setapak menuju air terjun berupa jalan setapak.

Dalam perjalanan wisatawan disuguhi pemandangan indah seperti bayang-bayang pepohonan yang menjulang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa melihat monyet bergelantungan di pepohonan.

6. Berkemah di Air Terjun Sikulikap

Kegiatan camping bersama rombongan di lokasi yang hanya berjarak 150 meter dari air terjun membuat suasana semakin seru. Melalui kegiatan ini Anda bisa mengenal lebih dekat wisata alam di Karo.

Namun, karena tidak ada persewaan peralatan berkemah di lokasi, Anda harus membawa sendiri. Ini termasuk tenda, kantong tidur dan kasur.

Disarankan juga untuk memakai jaket tebal karena suhu di malam hari sangat dingin di lokasi air terjun.

7. Olahraga panjat tebing

Tebing dengan kemiringan 90◦ ini mengundang adrenalin wisatawan untuk mencobanya saat berkunjung ke Air Terjun Sikulikap. Atlet juga sering menggunakan situs untuk mendaki.

Bagi Anda yang ingin menaklukan olahraga panjat tebing, jangan lupa pastikan Anda mengenakan perlengkapan keselamatan.

8. Nongkrong di kedai kopi

Ada kafe di kawasan Sikukilap yang lagi hits seperti kafe di wisata Cikole di Bandung. Kafe-kafe tersebut dibangun di atas pohon pinus yang rindang. Di malam hari, suasana kafe semakin semarak berkat lampu-lampu gantung.

Di kafe, Anda bisa menikmati kuliner sambil bersantai dan meregangkan kaki untuk melepas penat. Suasananya yang asri dan unik tentu menjadi daya tarik wisatawan.

9. Nikmati perjalanan rumah hobbit

Salah satu tempat yang menjadi incaran wisatawan di Air Terjun Sikulikap adalah Rumah Hobbit yang menjadi latar belakang air terjun tersebut. Wahana ini merupakan tempat yang paling ramai sehingga Anda harus cukup sabar untuk menunggunya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun SikulikapFoto oleh Mena Waty di Google Maps

1. Warung/Kafe

Usai beraktivitas di air terjun yang dingin, perut jadi lapar. Anda tidak perlu khawatir karena terdapat warung dengan aneka jajanan di sekitar air terjun Sikulikap. Pedagang dari masyarakat sekitar menjual kuliner dengan harga terjangkau.

2. Tempat parkir

Sebuah tempat wisata pasti membutuhkan tempat parkir yang nyaman seperti air terjun eksotis ini. Tentunya bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena tempat parkir di lokasi ini cukup luas.

3. Toilet

Ada fasilitas umum yang sepertinya wajib, yaitu toilet. Anda bisa menggunakan toilet sebagai kamar mandi atau ruang ganti. Anda tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar objek wisata karena di wisata air terjun ini sudah tertata rapi.

4. Tempat berkemah

Kegiatan camping oleh para pemanjat tebing tentunya membuat lokasi Air Terjun Sikulikap semakin unik. Tenda warna-warni menghiasi bumi perkemahan ini. Tak jarang, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berswafoto.

5. Akomodasi

Bagi Anda yang ingin mencari penginapan agar lebih merasakan suasana Air Terjun Sikulakap, Anda bisa memesan akomodasi selama tour berlangsung. Sesuaikan dengan anggaran Anda.

6. Cari sudut spot kontemporer

Salah satu tujuan perjalanan adalah untuk memperluas koleksi hit Anda sendiri. Termasuk mengunjungi air terjun eksotis ini.

Ada beberapa spot foto yang indah untuk difoto seperti: B. pemandangan langsung air terjun yang mempesona, rumah hobbit, pohon pinus yang rindang, kafe mirip rumah pohon dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi sebelum mengunjungi wisata air terjun keren ini, pastikan Anda memiliki memori kamera yang cukup. Jangan menyesal jika Anda tiba di tempat terbaik tetapi penyimpanan tidak mendukung pengambilan foto.

Pastikan juga teman yang Anda bawa adalah orang-orang yang mahir dalam bidang fotografi. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil gambar memiliki kualitas yang lebih tinggi seperti yang diharapkan.

Demikian informasi singkat Air Terjun Sikulikap yang berada di perbatasan Kabupaten Karo dan Deli Serdang. Ayo segera jadikan wisata eksotik ini sebagai salah satu destinasi liburan Anda untuk berkunjung ke Sumatera Utara. Pesonanya dijamin membuat Anda terkagum-kagum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button