Tempat Wisata

Keindahan Bukit Panenjoan, destinasi wisata alam hits di Purwakarta

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: JL.Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Cab.Purwakarta, Jawa Barat; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Ada beragam wisata di kawasan Purwakarta, salah satunya ke Bukit Panenjoan. Tempat ini memiliki nama dengan arti yang unik dan menarik: Nenjo adalah bahasa Sunda sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya “melihat”. Tempat ini terletak di atas bukit yang dapat dinikmati pemandangan seperti pegunungan, perkebunan dan hamparan sungai yang dapat dilihat dari atas bukit.

Awalnya, tempat wisata ini hanyalah sebuah bukit biasa yang terhampar luas. Kini menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang paling diminati berkat ide-ide kreatif dan inovatif warga setempat, terutama membangun jembatan bambu di titik-titik strategis. Beragam atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana membuat wisatawan sering mengunjungi tempat indah ini.

Bagi anak muda milenial, objek wisata cantik ini harus masuk dalam bucket list teratas. Terutama bagi mereka yang suka berfoto dimana pemandangan alam menjadi latar utama pengambilan gambar. Apalagi buat kamu yang belum pernah mampir ke situs Bukit Panenjoan dan penasaran apa saja yang menarik, berikut kami rangkum beberapa informasi penting!

Daya Tarik Bukit Panenjoan

Atraksi di Bukit PanenjoanFoto Nur Ilham di Google Maps

Alam harus dijaga dan dilestarikan agar tetap menarik dan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Seperti masyarakat desa Sindangpanon, mereka menjaga, memelihara dan membangun bukit Panenjoan. Kini menjadi tempat yang mampu menarik banyak wisatawan ke daerah-daerah yang sedang viral di kalangan anak muda milenial.

✦ Pemandangan alam yang indah

Tempat wisata memiliki daya tarik yang berbeda-beda, pantai dengan pasir putih dan laut, pegunungan dan pepohonan hijau serta udara yang dingin, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun lain halnya ketika anda berjalan-jalan di tempat yang indah di alam ini, karena di atas bukit anda dapat melihat pemandangan alam yang indah sejauh mata memandang. Selain itu, tempat ini juga menampilkan keindahan alam yang begitu sempurna.

Ada berbagai keindahan di tempat ini seperti pegunungan yang terlihat hijau karena pepohonan yang kokoh. Ditambah dengan perkebunan yang hijau dan asri, air sungai dan angin sepoi-sepoi seolah membelai rambut dan kulit para wisatawan, memberikan ketenangan, ketentraman dan kesejahteraan. Selain itu, matahari terbit dan terbenam merupakan fenomena alam menarik yang banyak disaksikan wisatawan.

✦ Berbagai spot foto yang unik dan menarik

Menyadari potensi tempat ini, warga di sekitar Bukit Panenjoan, Purwakarta mendirikan titik-titik strategis di sekitar lokasi. Salah satunya dengan membangun jembatan dari bambu dan menciptakan berbagai spot foto yang unik dan menarik bagi wisatawan. Berbagai tempat tersebut antara lain kupu-kupu, sarang burung, sayap bidadari dan masih banyak lagi dapat digunakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan dan kepuasan kepada para pengunjung.

Atraksi inilah yang membuat anak muda milenial mengunjungi tempat ini karena ingin berfoto dengan gaya yang berbeda dengan pemandangan alam yang indah. Harga tiket masuk yang murah membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi anak muda.

✦ Jembatan bambu yang unik

Tidak dapat disangkal bahwa Bukit Panenjoan mudah diakses dan pemandangan dapat dinikmati dari berbagai arah. Itu karena ada jembatan bambu yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Spot foto yang tak kalah unik dan menarik. Untuk menuju tempat ini Anda harus berjalan kaki melewati jembatan bambu setinggi sekitar 1 hingga 3 meter dari permukaan tanah.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena dapat menikmati jalan yang panjang dan berliku sambil memandang pegunungan dan menghirup udara segar bebas polusi. Selain itu, perkebunan yang tampak hijau dengan berbagai jenis tumbuhan dan tumbuhan menambah eksotisme lokasi.

✦ Taman bunga yang indah

Meski pemandangan alam di Bukit Panenjoan begitu indah hingga keindahannya terbentang sejauh mata memandang, namun ada juga taman bunga yang indah di sana. Tersedia berbagai macam warna dan jenis tanaman seperti warna kuning, biru, merah dan juga warna lain yang berpadu dan menyatu dalam sebuah taman. Selain itu, ada juga hiasan untuk mempercantik taman seperti bambu dan aksesoris lainnya, serta pipa agar tanaman tetap segar dan subur.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Bukit PanejoanFoto oleh Septyan Widianto di Google Maps

Bagi yang penasaran dan ingin ke Bukit Panenjoan : Situs ini terletak di Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Ketika wisatawan mencapai tempat itu melalui Kanal Kapten Halim, jaraknya sekitar 19 kilometer sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 45 menit.

Selain itu, kondisi jalan di sepanjang jalan ramai sudah beraspal dan rata, serta tidak ada lubang berarti yang dapat menghambat perjalanan wisatawan. Jika ada keraguan atau kebingungan di sepanjang jalan, aplikasi Google Maps juga bisa diakses. Tempat ini sangat populer sehingga orang-orang di sepanjang jalan dapat membantu Anda jika Anda bingung.

Biaya masuk dan jam buka

Meski panorama alamnya indah dan mempesona, Bukit Panenjoan menawarkan tiket masuk yang murah. Pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang. Tidak ada perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa, semua tarifnya sama. Besaran tarif masuk ini jauh lebih murah dibandingkan objek wisata lain berupa wahana atau kolam renang.

Selain tiket masuk sebagai pertimbangan wajib, ada biaya lain yang perlu Anda siapkan. Pungutan yang dimaksud berkaitan dengan parkir kendaraan bermotor. Ada tiga kategori dengan tarif berbeda, yakni sepeda motor seharga 2.000 rupiah, mobil seharga 5.000 rupiah, dan bus seharga 10.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Bukit PanenjoanFoto oleh Irwan Qadli di Google Maps

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Bukit Panenjoan. Karena tidak ada air terjun atau kolam renang, tidak perlu berganti kostum atau membasahi baju dan badan. Satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah kamera atau ponsel canggih dengan definisi tinggi.

1. Berkuda

Pekarangannya luas, bersih, asri, sejuk dan segar. Sangat cocok untuk berjalan-jalan santai sambil memandangi pemandangan dan menghirup udara yang kaya oksigen. Ini mungkin dan lebih mengasyikkan jika Anda berkendara di tempat yang ditentukan.

Traveler bisa duduk manis, santai dan sedikit fokus pada sadel sambil merasakan goyangan kuda saat berjalan. Ini memberikan pemandangan panorama alam perasaan yang sangat istimewa. Kuda dari berbagai usia juga bisa digunakan di sana. Pengunjung tidak perlu khawatir karena ada petugas profesional yang siap memandu dan mengantar wisatawan.

2. Kunjungi kebun binatang mini

Selain menunggang kuda, Bukit Panenjoan juga menawarkan kebun binatang mini. Tempat ini dihuni oleh berbagai binatang yang lucu, lucu dan menggemaskan. Hewan yang dimaksud antara lain rusa, kelinci dan aneka burung warna-warni dengan suara merdu.

Bisa jadi mereka sudah tahu, pernah melihat dan bermain dengan hewan-hewan tersebut, namun memberi makan, bermain dengannya di alam, mereka tidak pernah merasakannya. Nongkrong bersama hewan di kebun binatang mini sangat menyenangkan.

3. Bersantai di sekitar Bukit Panenjoan

Nongkrong bareng memang menyenangkan dan wajib dilakukan di mana saja, apalagi jika sedang berada di tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Bersantai di sekitar bukit dengan pemandangan yang indah, merokok dan minum kopi pahit adalah kegiatan yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan bersama.

Terdapat berbagai tempat bersantai di Bukit Panenjoan, seperti bangku taman dan gazebo. Wisatawan bisa saja bersantai atau menunggu keluarga yang sedang dalam perjalanan. Obrolan ringan atau obrolan berat, semuanya terasa manis dan menyenangkan, meskipun kopi yang Anda minum rasanya pahit.

4. Wisata kuliner

Berbagai aktivitas dari pagi hingga siang hari membuat badan lelah dan perut terasa lapar. Maka berwisata kuliner adalah pilihan yang tepat. Obyek wisata cantik ini menawarkan berbagai warung makan yang siap menenangkan perut keroncongan para wisatawan. Menu yang tersedia pun beragam, mulai dari ikan hingga bebek hingga ayam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit PanejoanFoto oleh Abd Amin di Google Maps

Meski Bukit Panenjoan tergolong baru, berbagai fasilitas pendukung sudah tersedia. Toilet umum misalnya tersedia dalam jumlah banyak, sehingga Anda tidak perlu mengantre lama. Selain itu, tempat ibadah seperti mushola juga tersedia bagi pengunjung muslim. Sekarang juga ada tempat parkir yang luas dengan kapasitas puluhan mobil dan ratusan sepeda motor.

Berbagai fasilitas penunjang tersebut bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan sehingga dapat menikmati tempat tersebut dengan tenang dan situasi terkendali. Selain itu, petugas yang tersedia di berbagai tempat siap membantu wisatawan dengan kebutuhannya.

Banyak orang tahu bahwa harta yang paling berharga di dunia ini adalah keluarga. Oleh karena itu, menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah suatu keharusan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga keharmonisan keluarga adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alam. Bukit Panenjoan mencapai Purwakarta adalah pilihan yang menyenangkan, menarik dan tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button