Tempat Wisata

Pantai Kusamba, pantai indah dengan ikon makam bersejarah di Klungkung

Pantai Kusamba merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang menarik di wilayah Klungkung Bali. Tempat ini dikenal sebagai salah satu penghasil ikan Bali.

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Cab.Karangasem, Bali; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pantai Kusamba merupakan destinasi liburan yang cocok jika menginginkan pantai yang bersih dan tenang. Pantai indah ini belum banyak dijamah tangan investor. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Bandara Ngurah Rai, waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara. Dekat dengan Pura Goa Lawa yang terkenal dengan banyak kelelawarnya.

Keunikan dari pantai ini adalah wisatawan dapat menyaksikan aktivitas nelayan setempat yang menangkap ikan dengan menggunakan cara penangkapan ikan yang tradisional dan ramah lingkungan. Selain nelayan ikan, banyak juga petani garam di pantai ini yang juga menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat pesisir.

Pemandangan yang ditawarkan Pantai Kusamba juga sangat bagus. Wisatawan akan terkagum-kagum dengan pantai berpasir hitam yang dipadukan dengan birunya air laut serta pemandangan pantai kepulauan Nusa Penida. Pemandangan indah ini membuat wisatawan yang mengunjunginya betah.

Excursion 3 titik snorkeling di Nusa Penida dan Nusa Lembongan

Daya Tarik Pantai Kusamba

Objek wisata Pantai KusambaFoto: Google Maps/Ketut Suparta

Pesona yang terhampar di sekitar pantai ini sangat memanjakan mata. Dari sisi lain Anda bisa melihat dengan jelas kepulauan Nusa Penida. Selain itu, keindahan Gunung Agung juga bisa dilihat dari jauh karena pantai ini terbentang cukup luas dari tenggara hingga barat laut. Bagi mereka yang ingin menemukan kedamaian dan menjauhkan diri dari kehidupan sehari-hari, kunjungan ke pantai ini adalah yang Anda butuhkan.

Manjakan mata Anda dengan bersantai dan menikmati keindahan pantai untuk melepas penat. Tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini saat akhir pekan atau liburan panjang. Meskipun pantai ini tidak sepopuler pantai lainnya di Bali, namun pesonanya tidak kalah indah. Apa daya tarik dari pantai ini?

✦ Pemandangan pantai yang indah

Desa Kusamba yang terletak di pesisir selatan Kab.Klungkung ini memiliki banyak spot pantai yang menarik diantaranya adalah Pantai Kusamba. Pantai ini memiliki pasir hitam yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang lembut. Pemandangan di sekitar pantai sangat indah dan masih alami.

Dari pantai ini Anda bisa melihat keindahan kepulauan Nusa Penida yang terbentang di seberang lautan. Selain itu, wisatawan dimanjakan dengan aktivitas nelayan dan pekerja garam di sekitar pantai. Di sepanjang pantai banyak terdapat gubuk-gubuk yang digunakan untuk produksi garam.

✦ Ada kuburan bersejarah

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai ini, tapi juga belajar tentang sejarahnya. Perlu diketahui bahwa di pantai tersebut terdapat makam Habib Ali bin Abubakar bin Umar bin Abubakar Al Khamid yang merupakan penyebar Islam pertama di Kampung Kusamba. Hal ini menjadikan desa ini sebagai desa Islam pertama di Kab.Klungkung.

Private Tour 2T1N di Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

✦ Suaka Ikan

Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya shelter yang memang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai pasar hasil tangkapan para nelayan. Ada berbagai jenis ikan pindang diantaranya cakalang, tuna dan lemuru. Di sini Anda juga bisa melihat prosesnya secara langsung.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai KusambaFoto: Google Maps/Nur Khafid

Pantai ini terletak di desa Kusamba, Kec. Fajar, Taksi Klungkung, Bali. Tempatnya dekat dengan Pura Goa Lawah yang berjarak sekitar 3 km dan dapat ditempuh dengan 7 menit berkendara. Jika Anda memulai dari Kota Semarapura, jalan untuk mencapai pantai ini berjarak 8 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Perjalanan melewati pemukiman penduduk hingga sampai di desa Kusamba. Tak perlu khawatir karena akses menuju pantai ini cukup mudah karena melewati Kab. Karangasem dan Klungkung. Tersedia juga tempat parkir yang luas dan pantai hanya berjarak 1 menit.

Cek hotel murah di Klungkung Bali

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di pantai KusambaFoto: Google Maps/Dewa Purnama Sidi Putra (DEWAP060)

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kusamba, mulai dari mengamati pembuatan garam oleh petani garam di pinggir pantai, hingga berburu hasil tangkapan laut, bermain pasir dan bersantai di tepi pantai sambil menikmati dan mengamati pemandangan indah Dermaga Kapal.

1. Lihat proses pembuatan garam

Menyaksikan proses pembuatan garam menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Karena banyak penduduk setempat adalah pekerja garam, proses pembuatan garam mudah ditemukan di sepanjang pantai. Bahkan pekerja garam ini dengan baik hati menjelaskan cara membuat garam.

Disini wisatawan dapat melihat proses pembuatan garam yang masih konvensional dan menggunakan cara tradisional yang sudah jarang ditemui di zaman modern ini. Ini adalah hal menarik dan unik yang dapat ditemukan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kusamba.

Masyarakat daerah Klungkung sangat bangga bisa memproduksi garam dengan cara tradisional dan berkualitas. Tak heran jika garam yang dihasilkan di pantai ini sering dipesan banyak orang dan restoran untuk diekspor ke luar negeri karena memiliki rasa dan kualitas yang istimewa.

2. Belanja makanan laut

Pantai Kusamba juga dikenal sebagai penghasil ikan dalam jumlah besar di Bali, dimana nelayan setempat bisa mengirimkan 20 ton ikan ke seluruh wilayah Bali setiap harinya. Sebagian besar penduduk setempat juga bekerja sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dijual di pinggir pantai tanpa perlu diawetkan dan dibekukan terlebih dahulu.

Dari pantai yang indah ini Anda bisa menyaksikan aktivitas para nelayan yang mencoba menangkap ikan segar di laut. Ikan hasil tangkapan para nelayan di laut dikenal gurih, lezat, segar dan berkualitas. Hasil tangkapan ikan mudah ditemukan di daerah sekitar pantai tanpa harus ke Pasar Ikan Kusamba.

Jika ingin langsung menyantap ikan hasil tangkapan nelayan, Anda bisa dengan mudah menemukannya di sekitar Goa Lawah. Ada banyak warung makan yang menawarkan berbagai makanan olahan ikan laut. Wisatawan dapat dengan mudah menikmati hidangan lezat khas pantai.

3. Lihat barisan kapal yang berlabuh

Pantai Kusamba tidak memiliki dermaga, sehingga Anda akan menemukan banyak perahu tradisional milik masyarakat setempat di pantai, diikat dengan tali agar tidak tersapu ombak. Kapal tradisional ini dapat digunakan sebagai sarana transportasi untuk penyeberangan, pengangkutan barang dan pengangkutan penumpang menuju Nusa Penida.

4. Bersantai di pantai

Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai berpasir dan pemandangan laut dari tepi pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan yang ditawarkan di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Kawasan pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang tenang, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai KusambaFoto: Google Maps/Ketut Suparta

Beberapa fasilitas umum telah disediakan di pantai ini untuk digunakan wisatawan. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet umum hingga beberapa warung makan di sekitar pantai. Jika ingin menjelajahi keindahan laut, tempat ini juga menawarkan persewaan perahu oleh nelayan setempat.

Menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Kusamba adalah cara terbaik untuk menghilangkan penat. Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa belajar mengolah garam dengan cara tradisional hingga langsung berburu hasil tangkapan laut. Inilah keunikan dan daya tarik tersendiri yang ditawarkan pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button