Tempat Wisata

Cemoro Sewu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tentu saja, ada kalanya kita merasa jenuh atau jenuh ketika menghadapi kehidupan sehari-hari seperti pergi bekerja, pergi ke sekolah atau kuliah. Begitu banyak masalah yang kita hadapi seringkali menimbulkan stres dan bila itu bisa mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari, belum lagi penyakit yang bisa muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk melupakan segala kesibukan atau pergi berlibur. Berwisata tidak harus selalu mengeluarkan biaya banyak atau berlebihan, dengan budget yang sedang atau kecil anda sudah bisa menikmati banyak tempat wisata yang seru contohnya di Magetan.

Cemoro Sewu merupakan pintu gerbang pendakian menuju Gunung Lawu dari Jalur Jawa Timur yang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, pada ketinggian 1.820 mdpl, biasanya digunakan untuk pendaki yang ingin mencapai puncaknya. . Lokasi gapura pendakian ini berada di jalan provinsi antara Magetan dan Solo via Tawangmangu. Lokasi Cemoro Sewu sangat strategis dan mudah dijangkau baik dari Magetan maupun Solo. Letaknya sekitar 22 km dari Plaosan atau 42 km dari kota Magetan menuju Solo. Selain itu, proyek pembangunan jalan provinsi sudah selesai sehingga memudahkan menjangkau tempat-tempat wisata.

Tempat Wisata di Cemoro SewuTempat wisata di Cemoro Sewu Kabupaten Magetan. Untuk mencapai puncak Gunung Lawu, mulailah dari Gerbang Cemoro Sewu dan ikuti jalan berbatu yang ditata dengan hati-hati. Di sana Anda juga bisa menikmati rindangnya pohon pinus yang terlihat dari pandangan mata jauh yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai atau bahkan piknik. Lebatnya hutan pinus di kedua sisi jalan setapak setelah melewati gerbang pendakian memberi nama tempat ini Cemoro Sewu atau Seribu Cemara. Spesies cemara yang paling umum adalah cemara gunung dan cemara laut.

Jika tidak ingin terlalu lelah mendaki Gunung Lawu, Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar Cemoro Sewu yang tentunya tak kalah menarik dengan pemandangan dari pendakian Gunung Lawu. Jika membawa tenda, Anda juga bisa berkemah bersama keluarga atau teman. Sembari merasakan sejuknya udara pegunungan, Anda bisa menikmati bekal makanan yang dibawa atau disiapkan di rumah. Karena lokasinya yang menarik, banyak anak muda yang menggunakan tempat ini untuk sekedar nongkrong, berfoto ria atau berkencan dengan pasangannya.

Fasilitas di Cemoro Sewu

Walaupun tidak banyak fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan di tempat ini, namun anda bisa menemukan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

– Masjid

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat hendaknya tidak menyebabkan kita meninggalkan shalat atau ibadah. Oleh karena itu bagi anda yang ingin sholat disana telah disediakan mushola yang cukup nyaman.

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– pos istirahat

Jika Anda pergi ke sana untuk hiking, Cemoro Sewu memiliki beberapa posko dengan tempat istirahat, baik untuk sekadar duduk-duduk dan menarik napas panjang maupun menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Cemoro Sewu, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar kecil tidak perlu mencari lagi karena di tempat ini terdapat dua kamar kecil yang bisa anda gunakan.

Berburu foto di Cemoro Sewu

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan wisata alam, mengunjungi Cemoro Sewu akan memberikan perasaan dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan. Persiapkan kamera Anda, baik kamera dari ponsel atau kamera profesional dari rumah Anda, karena Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah di sana. Cemara gunung dan cemara laut yang ada di sana bisa menjadi target foto yang sempurna, baik Anda hanya sekedar memotret pemandangan atau juga menggunakannya sebagai background foto Anda bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk menguploadnya di berbagai media sosial, agar teman-teman tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik yang ada di negeri sendiri.

Baca juga: Pantai Sobo, Indahnya Pesona Pantai dengan Bekas Bangunan Perumahan di Sekitarnya

Akses jalan menuju Cemoro Sewu

Wisatawan yang ingin ke Cemoro Sewu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk menuju kesana karena jarak dari Tawangmangu tidak terlalu jauh. Jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, Anda juga bisa mencarter atau menyewa mobil van dari Tawangmangu untuk mengantar Anda ke Cemoro Sewu.

Biaya masuk ke Cemoro Sewu

Anda yang ingin berwisata dan menghabiskan liburan di Cemoro Sewu perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk Cemoro Sewu yaitu Rp 10.000/orang.

Kemudian Anda juga perlu menyiapkan biaya parkir selama liburan di Cemoro Sewu yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Jam buka Cemoro Sewu

Tips liburan di Cemoro Sewu

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah

Galeri foto Cemoro Sewu

Selamat datang di Cemoro Sewu
Bersepeda ke Cemoro Sewu
Fasilitas kedai kopi
Spot foto terbaik di Cemoro Sewu
Spot foto dengan background pegunungan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button