Tempat Wisata

11 Wisata di Bromo Dan Sekitarnya, Tempat Yang Wajib Dikunjungi!

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi paling populer di Indonesia. Berada di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, objek wisata ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tak heran jika banyak orang yang memilih untuk berwisata ke Bromo.

Obyek wisata Gunung Bromo tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik, namun juga menarik perhatian wisatawan mancanegara. Pemandangan eksotis kawah gunung yang tidak bisa dinikmati di tempat lain menjadi alasan kenapa wisata alam ini begitu populer, menjadi kebanggaan Jawa Timur.

Dengan luas total lebih dari 800 kilometer persegi, kawasan Gunung Bromo menawarkan paket lengkap wisata alam pegunungan dengan berbagai pengalaman budaya. Di sana kamu bisa menikmati keindahan rerumputan savana, lautan pasir dan pemandangan kawah.

Daftar wisata populer yang wajib dikunjungi di Bromo

Tak hanya pemandangan gunung yang spektakuler, masih banyak tempat wisata lain di sekitar Gunung Bromo yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rekomendasi wisata di Bromo yang wajib kamu kunjungi!

1. Kawah Gunung Bromo

Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kawasan Bromo sudah pasti Kawah Gunung Bromo. Di tempat yang indah ini, Anda bisa langsung menikmati keindahan matahari terbit di sekitar area kawah yang mengeluarkan asap putih. Untuk mengunjunginya, disarankan untuk datang pada pagi hari.

Untuk menikmatinya Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari tempat parkir. Tetapi jika berjalan terlalu berat untuk Anda, jangan khawatir! Anda bisa menyewa kuda dengan biaya tambahan untuk mencapai puncak Kawah Gunung Bromo tanpa harus berjalan kaki.

2. Pasir Berbisik

Kawasan wisata lain di sekitar Gunung Bromo yang tidak boleh dilewatkan adalah Pasar Berbisik. Letaknya juga tidak jauh dari kawah Gunung Bromo. Sebelum sampai di puncak, tidak ada salahnya untuk mengintip hamparan pasir cantik ini.

Area berpasir di tempat ini sangat luas. Dengan area yang luas ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tempat terbaik untuk mengambil foto. Di sini Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik, mulai dari trail bike hingga menunggang kuda.

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Bromo merupakan tempat wisata di Bromo yang wajib dikunjungi selanjutnya. Berbeda dengan hamparan pasirnya, kawasan ini dikelilingi deretan perbukitan hijau nan asri. Warna hijau pada bukit ini konon berasal dari rerumputan yang hijau.

Tempat indah ini adalah salah satu wisata paling populer bagi wisatawan. Pasalnya, selain pemandangan kawah yang berasap dan rawan mengering, Anda juga bisa memanjakan mata dengan suasana asri, segar, dan hijau di puncak Bukit Teletubbies Bromo.

4. Padang Rumput Savannah

Mirip dengan Bukit Teletubbies, Savana Grasslands juga menawarkan pemandangan super hijau. Bedanya, daerah di sekitar padang rumput biasanya tidak dikelilingi perbukitan. Sebaliknya, kawasan ini berada di lembah jemplang yang dikelilingi tebing yang menjulang tinggi.

Padang rumput sabana tidak hanya terdiri dari tebing tetapi juga beberapa punggung gunung kecil. Berada di sebelah tenggara Gunung Bromo, Padang Rumput Savannah menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Probolinggo.

5. Pura Luhur Poten

Kawasan Gunung Bromo tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga wisata spiritual. Di kawasan Gunung Bromo terdapat Pura Luhur Poten, tempat peribadatan bagi warga Hindu setempat. Diketahui bahwa masyarakat di sekitar Bromo mayoritas beragama Hindu.

Saat perayaan Hari Raya Nyepi dimulai, area utama pura ramai karena banyak warga sekitar yang datang untuk beribadah. Lazimnya kawasan yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini ditutup sementara demi kenyamanan para pemujanya.

6. B29 Argosari

Bagi Anda yang senang piknik dan berkemah, singgah di B-29 Argosari adalah suatu keharusan. Pasalnya, destinasi wisata di Bromo ini merupakan puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo. Tak heran banyak yang menyebut kawasan ini sebagai surga di atas awan.

Jika Anda berencana untuk berkemah di lokasi ini, pastikan untuk membawa pakaian super hangat. Hal ini dikarenakan suhu udara di B29 Argosari sangat dingin. Meski udaranya sangat dingin, keindahan alamnya mampu memberikan kehangatan ekstra.

7. Pendakian 1 dan 2 (Gunung Pendakian)

Penanjakan 1 terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang spektakuler. Di puncaknya, Anda bisa menyaksikan matahari muncul di balik Gunung Bromo, Gunung Batik, dan Gunung Semeru. Pemandangan matahari terbit sangat indah dan menjadi momen yang paling ditunggu.

Untuk mencapai Penanjakan 1 Anda perlu menaiki kendaraan yang berkelok-kelok melewati pegunungan yang cukup terjal. Oleh karena itu, hindari penggunaan sepeda motor dengan transmisi otomatis. Solusinya: Anda bisa menyewa jeep yang akan membawa Anda ke puncak dengan aman.

Setelah Penanjakan 1, Anda juga bisa menemukan wisata ke Penanjakan 2. Untuk menuju situs utama, akses menuju tempat wisata terdekat di Bromo lebih mudah dibandingkan Penanjakan 1. Hal ini dikarenakan situs tersebut masih kalah tinggi dibandingkan Penanjakan 1.

Bahkan jika Anda kalah besar, Anda tidak akan menyesal datang ke sini. Pasalnya, keindahan alam di sini tak kalah indah. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata alam yang indah ini, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya melalui Kabupaten Probolinggo.

8. Bukit King Kong

Sekitar 2,5 kilometer dari Penanjakan 1 Anda akan menemukan sebuah bukit yang indah. Bukit ini dikenal dengan nama Bukit Kingkong. Sama seperti kawasan perbukitan lain di sekitar Bromo, tempat ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyaksikan matahari terbit.

Dari atas Bukit Kingkong, Anda dapat dengan jelas menikmati pemandangan Gunung Bromo dan lautan pasirnya. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Dari pusat Kota Probolinggo Anda hanya membutuhkan waktu 30-45 menit dengan mobil.

9. Bukit Mentigen

Wisata di Bromo dan sekitarnya yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat spektakuler adalah Bukit Mentigen. Dari atas bukit yang tidak terlalu tinggi ini, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang menakjubkan.

Untuk mencapai bukit indah ini, Anda bisa berkendara dari Probolinggo menuju desa Ngadirenggo. Meski berkendara membawa Anda melewati medan yang cukup terjal, pemandangan yang menanti Anda di puncak membuat semua upaya itu terbayarkan.

10. Bukit Cinta

Berada di sebelah Bukit Kingkong, Bukit Cinta juga memiliki keindahan yang sangat indah dan mempesona. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan deretan bukit yang mengapit sekelilingnya.

Keindahan matahari mengintip dari balik lembah yang masih tertutup awan kabut pagi ini. Pemandangan spektakuler ini hanya bisa dinikmati di pagi hari. Jadi usahakan datang pagi-pagi sekali agar bisa menikmati keindahan matahari terbit seutuhnya.

11. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan objek wisata lain yang bisa dikunjungi di sekitar Bromo. Air terjun legendaris ini tingginya lebih dari 200 meter dan dikelilingi tebing terjal. Tak heran jika pemandangan air terjun di Madakaripura menawarkan panorama yang indah.

Lokasi air terjun cantik ini berada di sebelah timur Gunung Bromo. Tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Dari pusat Kota Probolinggo dibutuhkan waktu 1,5 hingga 1 jam untuk sampai ke lokasi utama air terjun.

Menutup

Berikut informasi 12 Daftar Tempat Wisata di Bromo yang Wajib Dikunjungi. Harap dicatat bahwa penting untuk memeriksa cuaca saat ini sebelum mengunjungi objek wisata ini. Selanjutnya, pastikan untuk melakukan persiapan yang matang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button