Tempat Wisata

10 wisata pantai di jogja yang akan meninggalkan kesan tak terlupakan

Selain Bali, Jogja juga menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak jarang wisatawan mancanegara menjumpai beberapa tempat wisata, seperti Candi Prambanan. Namun kebanyakan wisatawan yang datang ke Jogja menikmati pantainya yang tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali.

Oleh karena itu, jika Anda sedang merencanakan liburan ke Jogja, kegiatan wisata pantai tidak boleh dilewatkan. Selain menikmati olahan seafood segar yang ditangkap langsung dari para nelayan, Anda juga bisa menikmati berbagai hiburan lainnya seperti naik gondola tradisional, bermain bola pantai atau sekedar menyegarkan pikiran dengan pemandangan laut yang luas dan mempesona.

Pantai di Jogja sebagian besar berada di daerah Bantul dan Gunungkidul. Setidaknya ada puluhan pantai yang semuanya berpasir putih khas pantai selatan. Tidak hanya pasirnya yang bersih, warna airnya yang jernih membuat Anda tidak akan ragu untuk bermain air atau berdiam diri menikmati sisa-sisa ombak yang berdebur di bibir pantai. Di bawah ini kami berikan rekomendasi pantai-pantai terbaik di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Parangtritis

Foto: @shintanrya

Parangtritis adalah pantai yang sangat populer di Jogja. Hampir semua penduduk pulau jawa mengenal nama pantai ini, terutama yang suka berwisata. Pantai Parangtritis memang layak dikunjungi bagi siapa saja yang datang ke Jogja untuk alasan liburan maupun pekerjaan. Di pantai ini Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai dengan menyewa dokar atau kendaraan segala medan.

2. Pantai Samas

Foto: @himahinayah

Anda tidak bisa berenang di pantai ini karena pantainya terjal dan bisa membahayakan diri sendiri jika tersapu ombak. Angin kencang juga membuatnya kurang ideal untuk bermain di air. Meski begitu, Pantai Samas tetap populer di kalangan wisatawan karena satu dan lain hal. Di antara aktivitas yang bisa Anda lakukan begitu memasuki pantai ini adalah menaiki mercusuar untuk menikmati pemandangan laut dari ketinggian.

3. Pantai Depok

Foto: @malesjuang

Manjakan perut Anda dengan berkunjung ke Pantai Depok. Pantai ini biasanya dipilih oleh mereka yang suka menyantap hidangan seafood, baik itu ikan, lobster, udang, dll. Aneka bumbu tradisional bisa dipilih sesuai keinginan. Bagi Anda yang ingin menikmati hidangan seafood yang lezat sambil menikmati deburan ombak dan pemandangan laut yang mempesona, kunjungilah Pantai Depok.

4. Pantai Baru, Bantul

Foto: @lintangwdhiasty

Dulu, pantai Baru Bantul memang belum banyak menarik perhatian wisatawan. Namun berkat upaya pihak lokal dan wisatawan domestik untuk mempromosikan keindahan pantai ini melalui media sosial, lambat laun pantai ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Pantai di Desa Poncosari ini sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan band atau campursari untuk memeriahkan acara tertentu. Di dalam pantai ini terdapat pohon udang pinus yang bisa dijadikan tempat berfoto bagi para wisatawan.

5. Pantai Goa Cemara

Foto: @d_wulan23

Disebut Pantai Goa Cemara karena sebelum menikmati keindahan pantai, pengunjung harus melewati deretan pohon cemara yang rapat. Karena banyaknya pohon pinus yang tumbuh disana, walaupun matahari terik namun tidak terlalu panas di pantai ini. Di titik ini juga terdapat mercusuar yang bisa Anda panjat dengan biaya tambahan. Di atas mercusuar ini Anda bisa melihat laut luas dan langit biru.

6. Pantai Krakal

Foto: @aniingiaiao

Pantai Krakal adalah pantai yang ramah turis. Tak hanya untuk bermain air atau berenang, wisatawan yang datang pun kerap menyewa papan selancar atau surfing. Sebagian besar Pesisir Krakal ditutupi bebatuan yang menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil.

7. Pantai Sundak

Foto: @apengghh

Nama Sundak diambil dari sebuah kejadian unik. Menurut cerita, pernah ada seekor anjing yang berkelahi dengan landak karena landak ingin dimakan oleh anjing tersebut. Singkatnya: landak kalah dan anjing berhasil memakan daging landak. Dari situ, pantai yang tadinya bernama Wedi Belah menjadi pantai Sundak yang merupakan singkatan dari Asu (Anjing) dan Landak.

8. Pantai Indrayanti

Foto: @ermaraddhin

Indrayanti bukanlah nama asli pantai ini melainkan Pulang Sawal atau Pulsa adalah nama asli pantai ini. Nama Indrayanti sendiri berasal dari sebuah kafe di sekitar pantai. Seperti pantai-pantai lain di selatan, pantai Indrayanti memiliki pasir putih dan air bersih. Anak-anak pasti senang bermain pasir atau air di pantai ini.

Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati sapaan sisa ombak yang menyapu butiran pasir, tapi juga menikmati keindahan pantai yang dikelilingi bebatuan besar. Di pantai ini tidak hanya terdapat kafe atau restoran, tetapi juga penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Kehadiran gazebo juga menjadi sarana bagi wisatawan untuk menikmati sejuknya udara khas pantai.

9. Pantai Pok Tunggal

Foto: @damayk_

Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai Pok Tunggal termasuk yang terbaru. Pantai ini mulai ramai pada tahun 2013. Keunikan pantai ini adalah adanya mata air segar yang mengalir dari sungai bawah tanah. Saat berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama teman, pasangan, atau keluarga Anda dengan latar belakang laut dan tebing karang.

10. Pantai Siung

Foto: @ahmad_nento

Pantai Siung berjarak sekitar 2 jam dari kota Jogja. Dari segi jarak, Pantai Siung berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja. Meski jaraknya cukup jauh, akan sulit menghentikan Anda untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pantai ini, seperti panjat tebing dengan lebih dari 250 jalur pemanjatan.

Jadi, jika anda ingin berwisata ke jogja dan tidak ingin repot membeli tiket tour, rental mobil, akomodasi, guide, foto, dll mending gunakan jasa paket tour jogja, karena travel lebih menyenangkan, tentu saja. Salah satu layanan paket wisata jogja terbaik adalah kartanesia.com. Di sini Anda juga akan menemukan berbagai macam paket wisata, mulai dari wisata terpopuler hingga wisata terbaru.

Source: www.yukpiknik.com

Related Articles

Back to top button