Tempat Wisata

3 jenis platform web hosting dan penjelasannya

Saat memilih platform web hosting yang kita gunakan, kita perlu mengetahui rasa yang berbeda dari setiap platform. Dimulai dengan pemilihan Virtual Private Server (VPS) hingga Dedicated Server atau Dedicated Server.

Hampir semua jenis platform server yang banyak digunakan oleh para blogger semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan website yang dimiliki oleh para blogger. Memilih platform hosting yang tepat sangat penting bagi blogger sebelum mereka mulai membangun situs web mereka.

Hal ini dikarenakan server berperan penting dalam kecepatan dan kemampuan website dalam menyerap trafik selanjutnya dari pengunjung web. Memilih server ini menjadi pilihan jika nantinya blogger akan membuat blog pribadi, portal atau forum.

Banyak penyedia layanan yang jual hosting mulai dari harga termurah dan paling terjangkau untuk blogger hingga harga termahal untuk sebuah perusahaan atau portal. Salah satu penyedia hosting termurah di Indonesia adalah Domainesia. Selain menjual hosting, Domainesia juga menawarkan penjualan promo domain terbaru yang sangat terjangkau untuk blogger pemula.

Jenis-jenis web hosting

Di bawah ini kami akan mengulas 3 opsi platform hosting beserta penjelasannya untuk membantu Anda memahami perbedaan antara satu platform dengan platform lainnya. Semoga ini akan memudahkan Anda dalam memilih platform web hosting terbaik untuk website Anda.

3 jenis platform web hosting dan penjelasannya

Simak 3 jenis platform web hosting dan penjelasannya di bawah ini:

1. Hosting Bersama

Ketika kami memilih platform shared hosting, semua situs web yang berada di server secara kolektif menggunakan semua sumber daya sistem yang tersedia di server seperti memori (RAM), CPU (prosesor), dan ruang penyimpanan data.

Pada dasarnya, platform ini berfungsi seperti satu PC rumahan yang digunakan bersama oleh seluruh keluarga. Dalam situasi ini, peningkatan lalu lintas (Lalu lintas) secara signifikan lebih banyak sumber daya server yang dikonsumsi oleh pengguna lain.

Kondisi ini menyebabkan kemacetan untuk situs web lain dan memperlambat kinerja situs web Anda dan situs web lain di shared hosting ini.

Namun, opsi ini sangat cocok untuk situs web yang hanya menjalankan perangkat lunak standar. Lalu lintasc, yang masih kecil dan hanya mengkonsumsi data dalam jumlah kecil hingga sedang.

Anda dapat mengatur dan mengelola situs web Anda dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan biaya yang relatif rendah dan Anda hanya memerlukan pengetahuan dasar tentang web hosting.

Kelemahannya, bagaimanapun, adalah bahwa Anda tidak memiliki kendali atas kinerja sistem atau alokasi sumber daya yang tersedia, sehingga Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang konsisten.

2. Server Pribadi Virtual (VPS)

Dibandingkan dengan shared hosting, platform hosting jenis VPS ini menawarkan situs web independen dengan operasi yang aman dan kinerja tinggi.

Anda juga bisa mendapatkan akses root dengan kontrol penuh untuk mengkonfigurasi sistem mirip dengan menggunakan dedicated server.

VPS memberi setiap pengguna ruang pribadi di mana mereka tidak dapat melihat pengguna lain berinteraksi atau mengganggu satu sama lain. Selain itu, platform hosting jenis VPS dapat berkembang dengan cepat karena sumber daya khusus mereka biasanya bukan server fisik.

Dibandingkan dengan platform shared hosting, platform hosting VPS ini menawarkan bandwidth yang lebih besar dan konfigurasi sistem yang lebih baik dengan berbagai server yang memiliki penyimpanan CPU dan RAM yang dapat dikelola secara mandiri.

Dengan cara ini, Anda mendapatkan jenis platform hosting yang andal dengan kinerja jaringan tinggi dan efisiensi biaya yang baik.

3. Server Khusus

Platform hosting khusus atau server khusus ini memberi Anda kendali atas hosting web Anda. Anda mendapatkan semua sumber daya tanpa membagikannya. Anda dapat memaksimalkan efisiensi server Anda.

Namun, jenis platform ini membutuhkan investasi yang signifikan, terutama dalam pemeliharaan dan pengetahuan tentang cara mengontrol dan mengelola server.

Itulah sebabnya hanya perusahaan besar atau perusahaan dengan banyak situs web yang memiliki lalu lintas dan beban data besar yang menggunakan platform server khusus ini.

Dengan penjelasan ketiga platform web hosting di atas, jelas terlihat bahwa faktor pemilihan menyesuaikan dengan target web atau blog yang ingin Anda buat. Pilih hosting yang sesuai anggaran dan persyaratan situs web Anda.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button