Tempat Wisata

Gunung Papandayan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Naiki gunung, seberangi lembah. Saat membaca liriknya, Anda langsung teringat kartun masa kecil Anda, bukan? Namun teks-teks ini juga mengingatkan kita pada aktivitas seru yang tidak disukai semua orang. Akhir-akhir ini Anda pasti sering membaca postingan di media sosial tentang banyaknya anak muda yang mendaki gunung namun tidak memiliki sikap menjaga keindahan dan kebersihan gunung. Sayang sekali, sehingga kali ini kami menambah daftar gunung yang bisa Anda kunjungi.

Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah yang terkenal. Diantaranya adalah Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk dan Kawah Nangklak. Kawah ini mengeluarkan uap dari dalam. Belum lagi ada tebing terjal. Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson, gunung ini termasuk tipe iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun, kelembapan 70–80%, dan suhu 10 derajat Celcius.

Lokasi Gunung Papandayan

Untuk mendaki gunung ini, Anda bisa mencapainya tak jauh dari pusat kota Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan Garut. Topografinya cukup terjal, berbukit dan bergunung.

Anda dapat dengan mudah membawa kendaraan ke tempat wisata karena jalan menuju ke tempat ini juga bagus dan tempat parkir utama di sekitarnya luas.

Keindahan Gunung Papandayan

Jika Anda memilih gunung sebagai tujuan wisata Anda, tentu Anda akan merindukan pemandangan alam yang indah dan hijau bukan? Gunung Papandayan memiliki semuanya. Nikmati juga kawasan kawah yang indah dengan luas sekitar 10 hektar. Selain itu, juga terdapat kawasan kawah yang gersang dan berwarna putih yang dibingkai oleh kawasan hutan hijau yang menyegarkan mata.

Melihat antusiasme dan komentar para pengunjung yang telah datang ke Gunung Papandayan, terdapat tempat-tempat unik seperti bekas cekungan erupsi. Itu tepat di tepi kawah. Ada juga kawasan hutan mati bekas letusan dan tempat perkemahan seperti pondok Saladah.

Keindahan yang terkadang diburu para pendaki di gunung adalah bunga edelweiss, bunga abadi. Bunga ini terkenal dengan keindahannya. Di Tegalalun Anda akan menemukan padang edelweis, salah satu padang edelweis terluas di Indonesia. Pemandangan hamparan bunga abadi yang tak berujung akan membuat Anda betah dan enggan beraktivitas.

Bagi Anda yang ingin mencoba mendaki gunung, jalur pendakian di sini relatif mudah, terutama bagi pemula karena tidak banyak tanjakan ekstrim atau medan yang sulit. Anda bisa berkeliling kawah dengan pemandu atau hanya dengan rombongan Anda.

Sejarah Gunung Papandayan

Daftar gunung yang akan Anda daki akan bertambah panjang setelah Anda mempelajari kisah di balik Gunung Papandayan. Menurut catatan sejarah, gunung ini pernah meletus beberapa kali. Di antaranya adalah 12 Agustus 1772, kemudian 11 Maret 1923, 15 Agustus 1943, dan 11 November 2002. Seingat saya, letusan besar terjadi pada tahun 1772 yang menghancurkan sedikitnya 40 desa dan menewaskan 2.957 orang. Terdapat sebuah bukit yang tertutup longsor dengan panjang mencapai 10 km dan lebar 5 km.

Selain itu, setidaknya terjadi tujuh letusan Kawah Baru pada 11 Maret 1923 yang didahului gempa yang berpusat di Cisurupan. Pada 25 Januari 1924, suhu Kawah Mas naik dari 364 derajat Celcius menjadi sekitar 500 derajat Celcius. Masih banyak peristiwa alam lainnya yang pernah terjadi di Gunung Papandayan.

Sejak April 2006, PVMBG menetapkan status gunung ini waspada menyusul peningkatan aktivitas seismik, dan pada 2010 kembali ditingkatkan menjadi Level 2.

Lokasi Akses ke Gunung Papandayan

Biaya masuk ke Gunung Papandayan

  • Tiket masuk turis domestik weekday: Rp 20.000
  • Tiket masuk wisatawan domestik di akhir pekan, harga: Rp 30.000
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara pada weekdays: Rp 20.000
  • Biaya masuk akhir pekan untuk turis asing: Rp 30.000
  • Biaya camping di weekdays dan weekend: Rp 35.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Gunung Papandayan

Tips mengunjungi Gunung Papandayan

Seperti kegiatan mendaki gunung lainnya, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda bawa baik untuk perjalanan maupun untuk perbekalan saat berkemah di gunung nanti. Berikut tips yang mungkin bisa membantu Anda, seperti: Bawalah jaket, masker, senter, dan sepatu yang nyaman sesuai medan di gunung.

Penting untuk diingat bahwa Anda akan kesulitan mendapatkan sinyal ponsel di lokasi turis atau di pegunungan ini. Ada baiknya membawa atau menggunakan walkie-talkie atau walkie-talkie untuk memudahkan komunikasi antar kelompok jika suatu saat diperlukan. Pastikan kesehatan pendakian Anda adalah yang terbaik. Kalau tidak, jangan memaksakan diri untuk melakukan pendakian.

Gunung Papandayan Ini dianggap pendakian yang mudah, terutama untuk pemula. Namun, jika Anda tidak yakin hanya mendaki dalam kelompok, Anda dapat mengundang pemandu atau meminta jasa pemandu untuk memastikan perjalanan atau aktivitas Anda lancar dan menyenangkan. Menjaga kebersihan pada landmark agar keindahannya tidak tercemar.

Selamat jatuh cinta dengan kekayaan alam kita! Jangan lupa ajak dan perkenalkan potensi wisata di Gunung Papandayan dengan membagikan foto Anda di media sosial.

Galeri foto Gunung Papandayan

Potret Gunung Papandayan
Mendaki Gunung Papandayan
berkemah
Suasana di puncak gunung
Potret berkabut Gunung Papandayan
Sunset di Gunung Papandayan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button