Tempat Wisata

Air Terjun Lepo, air terjun unik dengan 3 fitur kolam alami di Bantul

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Baum, JL, Dlingo, Kec. Dlingo, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, jangan lupakan keindahan air terjun di Bantul, Jogja. Tidak salah jika kota ini disebut sebagai kota pelajar karena merupakan pusat pendidikan. Namun, di Kecamatan Dlingo Bantul terdapat pesona Air Terjun Lepo yang seolah menjadi daya tarik tersembunyi.

Tapi apa yang membuatnya harus dilihat oleh wisatawan? Keindahan wisata air terjun ini menonjolkan wisata alam yang segar dan asri. Karena letaknya yang jauh dari pusat kota, tempat wisata terbaru ini belum terlalu ramai.

Paket Wisata Jogja 1 Hari (Pemandangan Laut Heha, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

Daya tarik air terjun Lepo

Objek Wisata Air Terjun Lepofoto dari Bambietta Basterbine di Twitter

✦ Sifat tak tersentuh

Jika dipikir-pikir lagi, air terjun ini cukup unik di daerah Bantul. Obyek wisatanya sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 2013, namun tetap menawarkan pesona alam yang seolah tak tersentuh. Lingkungannya masih segar dan daerah terpencil terkesan tersembunyi.

Daya tarik air terjun Lepo ditunjukkan dengan airnya yang jernih, hutan hijau yang masih rindang dan minimnya sampah di sekitarnya. Belum lagi udaranya yang mempesona namun sejuk, tak heran jika pengunjung berani berenang di kolam-kolam alami tersebut.

Perpaduan antara alam yang masih terjaga, pemandangan unik tebing di sekitarnya, air terjun yang landai, dan kolam merupakan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Padahal, menginap di kawasan wisata alam seperti ini bisa membantu menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

✦ Perjalanan yang menantang

Salah satu daya tarik yang membuat pengunjung ingin berkunjung adalah jalan menuju air terjun alami. Pengunjung harus menyusuri sungai yang jernih penuh bebatuan dan dihiasi alam yang masih hijau. Kesannya seperti trekking di alam yang menarik pengunjung.

Uniknya, Air Terjun Lepo atau Grojogan Lepo ini dilengkapi dengan itinerary yang mudah berupa tangga batu di dekat sungai. Perjalanan juga akan diberkahi dengan pemandangan alam yang mempesona. Dari sungai tersebut nantinya Anda akan menemukan 3 tingkat kolam yang kemudian menjadi keunikan tersendiri.

Cek hotel murah di Bantul

✦ Fitur 3 kolam alami

Tampilan tiga kolam alami bertingkat ini unik. Kolam alami ini sebenarnya berasal dari sungai yang sama. Namun, air terjun yang landai dan air yang dangkal memberikan karakteristik yang berbeda pada tambak. Anda bisa berenang dan bersantai di ketiga kolam tersebut.

Apa keistimewaan kolam alami di Air Terjun Lepo? Kolam pertama memiliki kedalaman 2 meter yang aman dan tenang untuk berenang. Kolam kedua memiliki luas yang lebih besar namun lebih dangkal dan dikelilingi oleh tebing bebatuan.

Sedangkan kolam ketiga merupakan area renang yang paling dangkal, namun menawarkan kejernihan yang luar biasa. Di sini Anda bisa bermain air atau menikmati pemandangan dari Grojogan Lepo yang begitu segar dan bersih.

✦ Tampilan air terjun yang unik dan rapi

Tak ada salahnya jika merasa dimanjakan dengan keindahan dan kesegaran alam di sekitar air terjun. Air terjun yang cukup dangkal dan landai ini tampak tenang dan santai. Gemericik air dari tebing dan bebatuan rendah membuat Anda ingin menghilangkan penat dari padatnya kawasan kota Jogja.

Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam (Candi Borobudur, Pemandangan Laut HeHa, Parangtritis dan Lainnya)

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun LepoFoto oleh Rahmat Hidayat di Google Maps

Jika Anda tertarik untuk mampir ke sini, bersiaplah untuk pindah dari pusat kota Jogja ke Bantul, Yogyakarta. Lokasi persisnya ada di Dusun Pokoh, lebih tepatnya di Desa Dlingo. Jadi, dibutuhkan waktu sekitar 60 menit berkendara menuju Air Terjun Lepo dari pusat kota.

Untungnya jalur atau rute menuju wisata ini tidak terlalu sulit. Anda dapat berkendara dari pusat kota melalui Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan. Dari sana Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pasar Imogiri Selatan. Ada pertigaan di pasar. Belok kiri saja.

Lanjutkan perjalanan ke Kebun Buah Mangunan dari mana Anda melanjutkan menuju Distrik Dlingo. Nanti sesampainya di Pasar Dlingo, belok kanan dan ikuti petunjuk arah. Dari jalan ini Anda langsung menuju Grojogan Lepo.

Untuk tempat wisata yang sedang naik daun, harga tiketnya masih terjangkau. Anda bisa menyiapkan biaya tiket sekitar Rp 5.000. Juga akan ada biaya yang berbeda untuk kebutuhan konsumsi dan sewa. Salah satunya adalah tarif parkir yang berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Air Terjun LepoFoto oleh Anang Setiawan di Google Maps

1. Berenang dan bermain di Air Terjun Lepo

Mengunjungi wisata air terjun tanpa bermain air rasanya kurang lengkap. Untungnya Air Terjun Lepo merupakan tempat yang aman dan nyaman. Tiga kolam alami tersebut meliputi kolam landai dan kolam dangkal. Jadi Anda bisa bermain atau berenang dengan bebas di dalam air tanpa terlalu khawatir.

Sembari berenang di Grojogan Lepo Anda akan merasakan segarnya air di dalam Desa Dlingo. Air yang mengalir masih sangat jernih yang menunjukkan betapa terawatnya wisata ini.

2. Berfoto selfie di tempat yang indah

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Grojogan Lepo. Air terjun yang landai memberikan kesan berbeda. Tebing hijau dan hutan yang rimbun melengkapi koleksi fotonya. Belum lagi cuaca dan suasana desa yang masih begitu tenang jangan lupa untuk mendokumentasikannya.

3. Berkemah di area tersebut

Jika Anda tertarik untuk bermalam, pertimbangkan untuk berkemah di dekat Air Terjun Lepo. Namun perlu dipahami bahwa camping atau berkemah merupakan kegiatan yang membutuhkan perlengkapan dan persiapan yang baik. Saat ini pihak pengelola dan air terjun tidak menawarkan persewaan khusus untuk kebutuhan berkemah.

Jadi persiapkan perlengkapan camping, perbekalan dan kondisi fisik yang terbaik jika memang berencana untuk menginap. Biasanya pengalaman dan perasaan tinggal di hutan itulah yang membuat para pecinta alam betah berkemah di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sistem air terjun LepoFoto oleh Hariyanto Abu Yazid di Google Maps

Yang cukup disayangkan dari wisata di Grojogan Lepo adalah fasilitas yang kurang maksimal. Pada dasarnya wisata alam yang indah ini sudah dikembangkan sejak tahun 2013 lalu. Namun, masih belum cukup untuk menawarkan fasilitas yang maksimal.

Mungkin ini juga membantu menjaga suasana dan kondisi air terjun tetap bersih dan asri. Terlepas dari kekurangan ini, setidaknya sekarang Anda bisa bepergian dengan lebih tenang. Peralatan dasar yang diperlukan sudah tersedia.

Beberapa di antaranya adalah warung makan, toilet, persewaan pelampung, rest area dan bumi perkemahan. Tersedia juga tempat parkir dan akses air terjun Lepo lebih baik dan tertata. Ini membuatnya lebih aman dan nyaman.

Saat berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya mampir ke pinggiran Bantul untuk mengagumi kesegaran dan keindahan alamnya. Air terjunnya landai dan cukup tenang, yang menjadi nilai tambah dari air terjun yang indah ini. Jadi jangan ragu untuk mampir agar liburan di Jogja semakin beragam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button