Tempat Wisata

Kawah Talaga Bodas Garut: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tempat wisata akan ditambahkan ke daftar favorit Anda kali ini. Kawah Talaga Bodas Garut merupakan objek wisata pegunungan di Kabupaten Garut Jawa Barat. Anda bisa melihat keindahan telaga atau telaga kecil yang terbentuk dari bekas kawah Gunung Talaga Bodas.

Masih ada aktivitas vulkanik di kawahnya sendiri, namun aman dan terjamin untuk berkunjung ke sini. Bagi Anda yang ingin berwisata untuk menyegarkan pandangan mata, Kawah Talaga Bodas Garut adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk menuju ke tempat ini Anda harus siap melewati jalanan yang rusak. Terutama setelah pasar Wanaraja sekitar sepertiga jalan.

Fasilitas di Kawah Talaga Bodas Garut

Menikmati pemandangan Kawah Talaga Bodas Garut menjadi lebih nyaman dengan beberapa fasilitas penunjang. Misalnya, area parkir kendaraan yang cukup luas. Belum lagi setelah menempuh perjalanan jauh Anda bisa mandi di sumber air panas di sekitar Kawah Talaga Bodas Garut secara gratis.

Untuk menuju pemandian air panas ini Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter mengikuti jalan di sebelah kanan kawah. Jalannya juga tidak sulit, datar. Setelah pergi ke pemandian air panas, Anda juga bisa menemukan air terjun mini, namun belum memiliki nama.

Sebagai pendatang, Anda tidak perlu khawatir mencari warung atau penjual makanan karena banyak penjual makanan dan minuman di sekitar tempat wisata. Anda juga akan menemukan penyewaan sepeda motor di tur ini.

Sejarah Kawah Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas Garut terletak sekitar 28km dari ibu kota Garut dan relatif mudah diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Hanya saja kondisi jalan saat ini perlu perbaikan. Talaga Bodas adalah telaga atau telaga berwarna putih dalam bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan adanya sebuah danau kecil di bekas kawah dengan air belerang berwarna putih. Masih ada aktivitas vulkanik berupa air panas dan belerang yang mengalir ke kawah. Selain itu, dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air panas dan sarana pengolahan.

Sebelum sampai di situs Talaga Bodas, panorama alam yang mempesona dan menawan menanti Anda. Negeri berbukit dengan kecuraman yang cukup tinggi. Bahkan penduduk setempat memanfaatkannya dengan menanam sayuran seperti kubis dan tomat.

Berburu foto di Kawah Talaga Bodas Garut

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Favorit para pengunjung adalah berburu foto. Tak heran, karena dari Kawah Talaga Boidas Anda bisa mengagumi keindahan alam, mulai dari pemandian hingga air terjun mini yang mengelilinginya.

Anda juga bisa berkemah di kawasan ini karena tidak ada penginapan atau hotel. Juga kegiatan tracking, piknik atau sekedar jalan-jalan adalah kegiatan yang tepat.

Lokasi Akses Kawah Talaga Bodas Garut

Biaya masuk ke Kawah Talaga Bodas Garut

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 10.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 15.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 5.000 hingga 15.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Kawah Talaga Bodas Garut

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 5.45 sore

Tips liburan di Kawah Talaga Bodas Garut

Jika Anda berlibur ke tempat ini bisa dengan rombongan karena harga tiketnya bisa jauh lebih murah. Penataan mulai dilakukan di Talaga Bodas untuk mencegah kendaraan pribadi memasuki kawasan kawah secara langsung. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan ojek khusus yang mengantarkan pengunjung ke sana. Bawa bekal karena mengarungi hanya tersedia di dekat tempat parkir.

Ketika Anda sampai di sana Anda mungkin lebih baik naik ojek karena jalannya cukup menanjak sekitar 700m. Sementara itu, Anda bisa pulang dengan santai. Tetap memperhatikan kebersihan diri dan kebersihan lingkungan di objek wisata untuk menjaga keindahannya.

Itulah ulasannya Kawah Garut Talaga Boda Ini menjadi referensi tempat wisata anda, terutama jika anda suka camping atau berkemah di suasana alam. Ditambah lagi dengan panorama alam dan kesejukan yang membuat anda kembali segar setelah berlibur. Jangan lupa foto keseruan kalian lalu share ke media sosial agar semakin banyak orang tahu bahwa Indonesia memang memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Galeri foto Talaga Boda

Selamat datang di Talaga Bodas
Potret Talaga Bodas
Akses jalan menuju Talaga Bodas
Benamkan diri Anda di Talaga Bodas yang diselimuti kabut
Berburu foto di Talaga Bodas
Deretan mobil pengunjung di pinggiran Talaga Bodas
Bersantai dan nikmati keindahan Talaga Bodas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button