Tempat Wisata

๐Ÿ– 7 pantai terindah dan terkenal di papua

Tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur ke luar negeri, karena pesona alam Indonesia tidak kalah indahnya, bahkan banyak destinasi yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Pantai di Papua menjadi salah satu tujuan wisata karena keindahan alamnya yang masih asri dan alami.

Kawasan paling timur Indonesia ini memiliki potensi alam yang luar biasa, serta budaya dan adat istiadat masyarakat sekitar juga menarik minat wisatawan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan menikmati kekayaan tanah sendiri di tanah Papua. Berikut 7 rekomendasi pantai terindah dan terkenal di Papua yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Base G

Pantai Base G

Destinasi wisata di Papua yang pertama adalah Pantai Base G yang terletak di Jayapura, lebih tepatnya di sebelah barat kota Jayapura, Papua. Pantai ini terletak 10 km dari kota Jayapura sehingga membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara menuju lokasi pantai ini.

Nama lain dari pantai ini adalah Pantai Tanjung Ria sebagai saksi sejarah PD 11 tahun 1944. Saat itu, pasukan Sekutu membangun pangkalan militer bernama Base G di kawasan pesisir tersebut, itulah sebabnya banyak penduduk setempat menyebutnya Base G.

Pemandangan alam yang indah dilengkapi dengan pasir yang lembut menjadikannya daya tarik tersendiri. Tempat wisata ini cocok untuk wisatawan yang menginginkan suasana sepi, apalagi dengan suara ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai ini akan terlihat semakin mempesona saat matahari pagi terbit atau terbit dibarengi dengan air laut yang biru jernih. Pantai ini menghadap Samudera Pasifik, sehingga ombaknya lebih besar di Pantai Base G.

Untuk memperkecil ukuran ombak, pihak pengelola memasang pemecah batu sekitar 1 km dari bibir pantai. Pepohonan hijau yang mengelilingi pantai membuat pantai ini terlihat semakin indah.

2. Pantai Hamadi

Pantai Hamad

Pantai terdekat di Papua yang bisa dipilih adalah Pantai Hamadi. Pantai ini terletak di Kelurahan Jayapura Selatan Kotamadya Jayapura, atau sekitar 5 km sebelah selatan pusat kota Jayapura.

Pada tahun 1944, kawasan ini menjadi tempat pendaratan pertama amfibi. Pantai ini juga menjadi saksi sejarah Perang Dunia II di masa lalu yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Pantai seluas 5 hektar ini terletak di sebelah jalan utama, sehingga sangat mudah ditemukan. Untuk menikmati suasana pantai yang indah ini, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil atau becak.

Perjalanan ke Pantai Hamadi tidak akan membosankan karena terdapat hutan bakau dan pepohonan hijau lainnya yang asri dan membuat udara menjadi sejuk. Pantai ini memiliki keindahan pantai berpasir putih yang cocok untuk berjemur.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah fenomena alam yang disebut ombak terbang, karena di pantai ini ombak besar dari laut lepas menghantam dinding buatan dan menimbulkan cipratan air setinggi 5-8 meter.

3. Pantai Wari

Pantai Wari

Tidak lengkap mengunjungi negara Papua khususnya Biak Numfor tanpa menikmati suasana Pantai Wari. Dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 2 jam berkendara menuju tempat wisata di Desa Waromi Biak Utara dari pusat kota Biak.

Pantai ini memiliki keindahan eksotis berupa pasir putih dan pasir halus yang terbentang jauh hingga ke kejauhan. Keunikan Pantai Wari yang tidak dapat ditemukan di pantai lain adalah adanya aliran sungai yang bisa digunakan untuk mandi setelah berenang di pantai.

Selain itu, pantai ini memiliki keunikan lain berupa tumpukan pasir putih yang memisahkan sungai air tawar yang mengalir di sekitar pantai. Berbagai aktivitas seru juga bisa dilakukan di kawasan wisata ini.

Wisatawan bisa snorkeling di laut lepas dan menikmati keindahan alam bawah laut. Namun, wisatawan perlu berhati-hati karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik.

Pihak pengelola pantai menyediakan fasilitas yang lengkap mulai dari pondok santai tradisional hingga toilet, tempat pemandian, dll. Jadi wisatawan tidak perlu bingung lagi mencari tempat bersih-bersih setelah bermain air.

4. Pantai Khalkote

Pantai Chalkote

Pantai di tepi Danau Sentani, Kecamatan Sentani Timur, Kab. Jayapura ini sering dijadikan tempat berlangsungnya Festival Danau Sentani. Pantai di Papua ini dilengkapi dengan dermaga menuju pulau tempat pembuatan lukisan kulit kayu, yaitu Pantai Asei.

Tak heran jika pantai ini dilengkapi stand pameran sekaligus panggung pertunjukan tari khas Sentani. Padahal, Pantai Khalkote menjadi destinasi wajib para atlet, pejabat, dan tamu abad ke-20. PON yang berlangsung di Papua.

Dari stadion utama Lukas Enembe, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan mobil atau motor. Nama pantai ini berasal dari bahasa Sentani yang berarti โ€œtempat bermain buayaโ€ karena kawasan ini dulunya adalah hutan sagu, habitat buaya.

Dalam bahasa ini, kata ‘kha’ berarti ‘ikan khote’ atau ‘tempat bermain’, sebagaimana adat Sentani yang melarang penduduk menyebut buaya ‘buaya’ ketimbang ‘ikan’. Namun, dua budaya pernah hidup di kawasan pesisir ini, yakni buaya putih dan buaya hitam.

Di pantai barat, wisatawan bisa mengunjungi situs Yomokho sebagai tempat tinggal prasejarah. Di dalamnya terdapat kesaksian sejarah manusia yang pernah aktif 2590 tahun yang lalu.

5. Pantai Bosnik

Pantai Bosnia

Pantai terdekat yang wajib dikunjungi saat ke pantai adalah Pantai Bosnik di desa Woniki, Biar Timur, Kab Numfor. Pemandangan pantai yang eksotis membuat banyak wisatawan ingin berkunjung, terutama karena suasananya yang menyenangkan.

Pantai berpasir putih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan alamnya. Setiap akhir pekan, pantai yang tidak begitu jauh dari kota ini selalu ramai pengunjung, terutama berkat jaringan transportasi yang baik.

Wisatawan dari Jakarta bisa naik pesawat ke Biak kemudian dilanjutkan ke Biak dengan angkutan umum atau ojek. Biasanya, pesawat ini harus terbang ke Makassar terlebih dahulu.

Keindahan lain dari objek wisata ini adalah keindahan terumbu karangnya. Jadi jangan lewatkan snorkeling atau berenang. Jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga snorkeling ini, ada tempat di mana Anda bisa menyewa ban dan peralatan snorkeling.

Wisatawan hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk mengakses kawasan pantai. Wisatawan juga bisa menyewa gubuk di sekitar pantai untuk bersantai sambil menikmati es krim kelapa. Harga sewanya Rp 50.000.

6. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Tempat wisata di Papua lainnya yang tak kalah menarik adalah Pantai Bakaro di Kab Manokwari, Papua Barat. Pesona pantai ini terletak pada pasirnya yang putih dan airnya yang jernih dengan perpaduan warna hijau dan biru yang mempesona.

Pantai ini tidak pernah sepi, bahkan tidak jarang wisatawan dari luar negeri penasaran dengan eksotisme panorama pantai Papua. Di kawasan pantai Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru mulai dari memancing hingga berenang.

Wisatawan juga bisa duduk santai menikmati keindahan alam dan semilir angin laut yang sepoi-sepoi. Sebelumnya, pantai ini tidak berpenghuni hingga akhirnya setelah membuka lahan semak belukar, koloni lokal menemukan pantai yang indah ini.

Sebelum memasuki pantai yang mempesona ini, wisatawan biasanya berjalan-jalan melewati desa Bakaro yang indah. Deretan pohon kelapa hijau yang berjejer di tepi pantai membuatnya semakin cocok sebagai tempat bersantai di tempat teduh.

Tradisi memanggil ikan biasanya dilakukan oleh warga sekitar untuk menarik pengunjung. Dengan demikian, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam, tetapi juga mengenal budaya masyarakat setempat.

7. Pantai Harlem

Pantai Harlem

Pantai selanjutnya yang memiliki daya tarik tersendiri adalah Pantai Harlem yang disebut-sebut sebagai pantai terindah di Jayapura. Untuk mencapai tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Jayapura menuju Desa Tablanusu, Kecamatan Depapre, Kab. Jayapura.

Perjalanan dilanjutkan dengan kapal motor dari desa Tablanusu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kapal tersebut nantinya akan berlabuh di Pantai Harlem dan wisatawan bisa langsung menikmati waktu liburan dengan pemandangan yang indah.

Wisatawan disuguhi air laut yang sangat jernih dengan corak yang bervariasi tergantung kedalaman laut. Hamparan pasir putih yang lembut melengkapi keindahan Pantai Harlem sebagai surga tersembunyi di Papua.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Harlem Beach adalah menikmati keindahan sunset, mencicipi kuliner khas Papua, mengunjungi pemandian air tawar atau bermain di pantai, khususnya bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

Masing-masing pantai di atas memiliki keunikan tersendiri sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk membuat rencana liburan ke pantai di papua agar liburan anda lebih berkesan dan berjalan dengan lancar.

Itu dia 7 daftar rekomendasi pantai terindah yang terkenal di Papua. Saya harap ini bermanfaat!

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button