Tempat Wisata

Tiket GUNUNG WILIS, Jalur Lintas Alam & Keindahan

Harga Tiket Masuk Gunung Wilis: Gratis Jam: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Tawang, Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, 63481

Gunung Wilis Salah satu gunung yang sering menjadi tujuan pendakian para petualang di Jawa Timur. Gunung ini memiliki beberapa puncak, namun puncak tertingginya adalah 2.563 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sangat besar sehingga menempati wilayah Kota Kediri dan enam kabupaten lainnya. Yakni Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Kediri dan Madiun.

Selain hamparan gunung ini, berbagai tempat wisata juga terletak di kaki gunung. Berbagai objek wisata ini tersebar di berbagai kabupaten di sekitar gunung ini. Padahal, sebagian besar objek wisata tersebut adalah air terjun. Untuk kemudian sampai ke puncak, ada beberapa jalur pendakian dengan tempat-tempat menarik.

Biaya masuk ke Gunung Wilis

Mendaki gunung itu sendiri gratis. Namun, di beberapa tempat wisata yang dikelola terpisah dari gunung, terdapat tiket masuk tersendiri.

Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca: Tiket & Aktivitas Telaga Ngebel Ponorogo

Jam buka Gunung Wilis

Gunung Wilis sendiri buka sepanjang hari, wisatawan bisa mendaki kapan saja. Biasanya dibutuhkan sekitar 8 jam pendakian untuk mencapai puncak. Dan waktu pendakian yang tepat tergantung minat masing-masing individu. Jika ingin melihat matahari terbit, Anda bisa mulai mendaki sehari sebelumnya pada siang hari.

jam operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Gunung Wilis dengan 40 Puncak

Pemandangan indah dari puncak Ngliman Gunung WilisPemandangan indah di puncak Gunung Wilis Ngliman. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Gunung Wilis tidak seperti gunung lainnya yang hanya memiliki satu puncak melainkan 40 puncak. Puncak tertinggi berada pada ketinggian 2.563 mdpl dan terkenal dengan Puncak Ngliman. Puncak-puncak ini juga tersebar di berbagai kabupaten. Karena memiliki banyak puncak, gunung ini juga memiliki berbagai jalur pendakian.

Gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Limas karena puncaknya terlihat seperti atap rumah limas. Dengan dominasi vegetasi rumput, bahkan ada yang berukuran hingga satu meter. Ada juga rerumputan yang tumbuh di puncak gunung yang terlihat begitu segar. Wisatawan tampaknya tidak takut tersesat karena pepohonan tidak menutupi terlalu banyak.

Dari atas, wisatawan bisa melihat pemandangan dataran berumput hijau yang menutupi gunung. Saat berada di puncak tertinggi, Anda juga bisa melihat pemandangan puncak gunung lainnya. Begitu unik dan menarik karena tidak semua gunung memiliki pemandangan ini. Ada juga berbagai tempat menarik dan bersejarah dalam perjalanan menuju gunung ini.

Baca: Alun-Alun Ponorogo, Wisata Lengkap di Tengah Kota

Asal usul penamaan Gunung Ngliman

Gunung Wilis juga dikenal sebagai Gunung Ngliman. Hal ini erat kaitannya dengan sejarah di masa lalu. Dahulu kala ada karakter bernama Ki Ageng Ngaliman, yang mendirikan padepokan Sadepok di puncak Gunung Wilis. Pertapaan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Di padepokan, Ki Ageng Ngaliman melatih murid-muridnya agar siap dengan kondisi zaman. Dimulai dengan pelatihan mental, fisik dan spiritual. Ini harus memberikan siswa ini persediaan siap untuk melawan penjajah. Karena kelebihannya, puncak Gunung Wilis ini juga dikenal sebagai Puncak Ngliman.

Baca: Tiket & Wahana Surya Taman Wisata Kediri

jejak karee

Jalur pendakian Gunung WilisJalur pendakian Gunung Wilis. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Kare Trail adalah rute yang baru dibuka menuju Gunung Wilis. Pemerintah juga mengembangkan potensi wisata di jalur ini. Ada lebih banyak tempat pendakian di rute ini. Pos Kempo merupakan pos pertama yang menjadi titik awal pendakian yaitu perkebunan kopi.

Kemudian mendaki Bukit Teletubies, pintu gerbang menuju hutan. Sebelum memasuki hutan, wisatawan melewati padang rumput yang indah sebagai spot foto. Kemudian wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Watu Tulis selama kurang lebih 2,5 jam. Di sini jalan menjadi lebih menuntut dengan vegetasi yang semakin padat.

Selanjutnya wisatawan menuju Watu Garuda-Patok Batas yang menjadi penanda batas wilayah Nganjuk dan Madiun. Daerah ini sering menjadi pilihan tempat perkemahan karena merupakan padang rumput yang luas. Jika ingin mencapai puncak Ngliman, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih. Sedangkan puncaknya sendiri ditandai dengan tanda bertuliskan ‘Puncak Ngliman’.

Baca: Tiket & Aktivitas INDIAN KAMPUNG Kediri

Jalur pendakian ke Pura Penampihan

Jalur pendakian ke Puncak NglimanNaik ke puncak Ngliman. Foto: Gmap/Wahyu Widyatmaka

Untuk mendaki melalui jalur Candi Penampihan dimulai dari Kecamatan Sendang, Tulungagung. Sebelum mendaki wajib lapor ke Petugas Pos Jaga atau Ketua RT setempat. Setelah dari kantor pos Anda bisa langsung memulai jalur pendakian melalui lahan pertanian. Dari sini pemandangan persawahan akan terlihat begitu indah, hijau di musim tanam dan kuning di musim panen.

Dari pos jaga ini, perjalanan dilanjutkan ke pos Watu Godhek yang sering menjadi tempat bermalam. Waktu tempuh dari pos pertama ke Watu Godhek sekitar 4 jam. Wisatawan bisa mendaki langsung ke puncak dari Watu Godhek. Namun jangan senang dulu, karena perjalanan menuju puncak di jalur ini harus melewati ngarai yang terjal.

Puncak Gunung Wilis memiliki tanda, yaitu adanya batu karang setinggi satu meter yang tersusun rapi. Di sini wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang batu penanda. Pepohonan terlihat dengan lingkungan alam.

Baca: Tempat Wisata Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)

Sejarah Jejak Jendral Soedirman di Gunung Wilis

Saat Anda mulai mendaki melalui distrik Mojo, Kediri, wisatawan akan melewati jalur sejarah. Karena jalur ini digunakan oleh Jenderal Soedirman untuk melawan penjajah di Yogyakarta. Jendral Soedirman dan pengikutnya melewati jalur Gunung Wilis agar tidak disusul oleh sekutu.

Gunung Wilis menjadi saksi bisu perjuangan Jenderal Soedirman pada tahun 1949. Tak heran jika acara tahunan di sepanjang jalur Kediri-Bajulan kerap digelar di sini. Untuk memperingati sejarah dan menghormati jasa pahlawan.

Baca: Tiket Masuk TOUR ALASKA, Aktivitas & Fasilitas

Misteri dan mitos terkenal di Gunung Wilis

Mitos di balik keindahan Gunung WilisMitos di balik keindahan Gunung Wilis. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Gunung Wilis tidak hanya memiliki keindahan tetapi juga sejarah mistis. Diyakini bahwa ada penjaga ular di sini, sampai ke gua tak kasat mata tempat pertapa berwajah kera berdiam. Ada juga cerita tentang sosok putih misterius yang diyakini berasal dari kerajaan Mataram dan keberadaan naga raksasa. Serta tokoh-tokoh korban pembantaian PKI di sekitar makam di jalan setapak.

Namun, keberadaan mitos ini mungkin bisa dipercaya atau tidak. Karena tidak semua orang yang berkunjung ke Gunung Wilis bisa melihat angka tersebut.

Baca: Tiket & Atraksi DOLO WATERFALL

Lokasi Gunung Wilis

Pendakian gunung ini berlangsung di Tawang, Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Berjarak sekitar 54 kilometer sebelah barat Kota Kediri. Dibutuhkan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke pos pendakian. Berangkat dari Kota Ponorogo, perjalanan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk jarak 77 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button