Tempat Wisata

Pulau Santen: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Banyuwangi memiliki keistimewaan tersendiri karena letak geografisnya yang membawa banyak tempat wisata alam seperti taman nasional atau pantai yang indah ke kabupaten ini. Anda tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Ada banyak wisata bahari di Banyuwangi yang namanya sudah terkenal di kalangan pecinta travel. Layaknya pantai-pantai di Pulau Santen, sayang jika Anda melewatkannya saat berkunjung ke lingkungan yang terkenal dengan tarian Gandrungnya.

Pulau Santen merupakan objek wisata di Desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Kereta Api Banyuwangi lama. Pantai ini terletak di perairan Selat Bali. Disebut Pulau Santen karena di kawasan ini terdapat banyak pohon yang oleh penduduk setempat disebut Pohon Santen. Anda yang berkunjung ke pantai ini pasti tidak akan menyesal karena pemandangan pantai pulau santen bisa membuat anda tertawa dan betah betah tinggal disana.

Namun sebelum anda mengunjungi Pulau Santen, ada hal menarik yang perlu anda ketahui tentang pantai yang dijadikan tempat wisata disana. Sejak Maret tahun ini, pantai di Pulau Santen difungsikan sebagai pantai syariah. Pantai syariah ini sendiri berarti tidak ada pria yang boleh mengunjungi pantai di sana karena semua pejabat yang melayani turis di sana adalah wanita berhijab. Meski semua pejabat berhijab, pantai ini tetap bisa digunakan oleh wanita non muslim atau bahkan yang tidak berhijab.

Di pulau ini juga terdapat sungai berarus tenang yang mengalir sepanjang lebih dari dua kilometer, memisahkan kota Banyuwangi dari Pulau Santen yang dikelilingi tumbuhan mangrove berusia lebih dari sepuluh tahun. Di tengah muara Anda bisa melihat delta membentuk pulau bakau kecil yang terlihat menarik dan eksotik dari atas jembatan. Banyak juga kerang di sekitar delta yang biasanya dicari oleh penduduk setempat.

Konsep wisata syariah yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi berfungsi untuk membedakan dan mensegmentasikan wisata Banyuwangi dari daerah lain. Dengan label wisata halal, inilah perbedaan atau daya tarik tersendiri antara kabupaten Banyuwangi dengan kabupaten lain di Jawa Timur atau sekitarnya. Selain itu, dengan konsep seperti itu diharapkan banyak wisatawan yang semakin penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke Pulau Santen.

Fasilitas di Pulau Santen

Untungnya objek wisata yang baru diresmikan pada Maret 2017 ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah, sehingga ada beberapa fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung saat datang ke tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain:

– Lahan untuk berkemah

Daripada harus mencari penginapan anda bisa membawa peralatan camping anda dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pinggir pantai sangat seru dan menyenangkan dan anda bisa menikmati Pulau Santen dengan maksimal.

– Bilik atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di sekitar pantai ini Anda akan menemukan berbagai warung dan tempat makan yang sebagian besar dimiliki oleh penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman halal dengan harga terjangkau.

– Masjid

Menjadi tempat wisata syariah sudah selayaknya menyediakan tempat ibadah. Jadi ketika adzan berbunyi, anda bisa langsung menuju mushola yang sudah ada.

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu. Kamar mandi juga bersih dan terawat dengan baik oleh staf.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Paviliun

Setelah puas berjalan melintasi jembatan kayu yang terbentang di antara hutan mangrove, Anda bisa duduk di gazebo atau di sofa empuk warna-warni yang disediakan manajemen hotel. Sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa, Anda bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan untuk Anda.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang ingin menginap dapat menghubungi masyarakat setempat dan mengajukan homestay. Penduduk setempat juga akan menyambut kedatangan Anda dengan tangan terbuka.

Berburu foto di Pulau Santen

Saat Anda sedang berlibur di sebuah objek wisata, tidak berfoto atau selfie di tempat tersebut terasa kurang lengkap. Tentunya selain sebagai memori, Anda juga bisa memajang foto Anda di berbagai media sosial yang Anda miliki. Kini di Pulau Santen Anda bisa mengabadikan momen seru dan seru bersama saudara atau teman sepuasnya sambil bermain pasir pantai, jalan-jalan kesana, bermain di laut bahkan saat bermain pasir bersama anak Anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tempat ini juga memiliki banyak sekali sofa atau kursi berwarna-warni dengan payung yang bisa kamu gunakan sebagai spot foto yang menarik. Jika memilih menunggu hingga sore hari, Anda juga bisa mengambil foto cantik pemandangan langit jingga bercampur birunya lautan saat matahari baru saja akan mencapai peristirahatannya. Jika Anda berjalan melintasi jembatan kayu di antara hutan bakau, Anda juga bisa berfoto di sana, karena tempat ini memang menjadi salah satu spot favorit para wisatawan yang datang ke sana.

Baca Juga: Pantai Trianggulasi, Keajaiban Tersembunyi di Alas Purwo

Akses jalan menuju Pulau Santen

Anda yang ingin ke Pulau Santen bisa mengambil rute dari Simpang Lima Kota Banyuwangi. Menuju ke selatan menuju lampu lalu lintas Hotel Slamet. Ambil jalan kiri kemudian ikuti jalan utama hingga menemukan pertigaan pasar Pujasera (pasar burung). Ambil jalan lurus ke timur. Setelah itu ikuti jalan menuju perlintasan Pagoda, belok kiri hingga menemukan perlintasan SDN 2 Karangrejo, belok kiri lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di Pantai Syariah.

Biaya masuk Pulau Santen

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka pulau Santen

Tips Liburan di Pulau Santen

  • Jangan membawa teman laki-laki atau keluarga
  • Hormati aturan yang berlaku di sana
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jangan lupa siapkan kamera anda

Galeri foto Pulau Santen

Selamat datang di Pulau Santen
Berkemah di Pulau Santen
Keindahan Pulau Santen
Foto prewedding di Pulau Santen
Matahari terbenam di pantai Pulau Santen

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button