Tempat Wisata

Pantai Lekok, tempat terbaik untuk menikmati pesona matahari terbit dan terbenam di Pasuruan

Pantai Lekok merupakan salah satu destinasi bahari mempesona yang wajib dikunjungi di Pasuruan, Jawa Timur. Jadi apa daya tariknya?

harga tiket: 7.500 Rp Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekko, Cab.Pasuruan, Jawa Timur; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pasuruan memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi dan salah satunya adalah Pantai Lekok. Wisata alam ini tidak hanya menawarkan manfaat pemandangan alam, tetapi juga manfaat aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan pengunjung.

Jauh snorkel, berselancar, berenang di pantai, piknik, camping bisa menjadi kegiatan yang bisa dilakukan disini. Berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya di Indonesia, pantai populer di Pasuruan ini memiliki perairan yang berlumpur. Oleh karena itu, wisata pantai ini kurang cocok sebagai tempat bermain pasir seperti wisatawan pantai lainnya.

Meski begitu, hal ini tidak akan mengurangi keseruan wisatawan yang berkunjung ke sini. Pasalnya, Pantai Lekok Pasuruan menawarkan beragam atraksi yang mampu menarik perhatian lebih banyak pengunjung. Oleh karena itu, wajar jika jumlah pengunjung wisata pantai ini terus meningkat dari waktu ke waktu.

Cek tiket Taman Safari Indonesia 2, Pasuruan

Daya Tarik Pantai Lekok

Objek wisata Pantai LekokFoto: Google Maps/Riska Ramadani

Orang yang tinggal di Surabaya, Gresik, Malang dan Lamongan sering menghabiskan waktu liburannya di Pasuruan. Pasalnya, Pasuruan kerap dianggap sebagai salah satu surga alam Indonesia. Salah satu destinasi wisata unggulan di Pasuruan adalah Pantai Lekok. Wisata pantai ini menawarkan berbagai atraksi antara lain :

✦ Panorama matahari terbit Dan matahari terbenam menawan

Sebagian besar pengunjung pantai yang indah ini lebih suka berada di sini pada sore hari. Karena pemandangan matahari terbenam Sangat indah di sini dan sama sekali tidak kalah dengan pemandangannya matahari terbenam yang berada di luar negeri. Bagi pengunjung yang ingin melanjutkan momen liburannya dengan melihat-lihat matahari terbitkemudian mereka bisa berkemah atau bermalam di area pantai.

Seindah pemandangannya matahari terbenam Itu di pantai yang menawan ini, lihat matahari terbit Anda juga tidak boleh melewatkannya di sini. Momen terbit dan tenggelamnya matahari di sini layak untuk diabadikan karena terlihat sangat eksotik dan estetik. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk datang ke sini pada sore hari atau menjelang matahari terbit.

✦ Tradisi memancing kepiting

Atraksi yang satu ini tidak terdapat pada wisata pantai lainnya. Mengunjungi pantai yang indah ini, pengunjung dapat mengikuti tradisi naik papan di atas lumpur untuk menangkap kepiting, lele, dan belut. Tentunya kegiatan ini dapat menambah keseruan liburan bagi para wisatawan.

Namun, pengunjung diharapkan untuk berhati-hati selama tradisi ini. Pasalnya, daerah penangkapan rajungan, lele, dan belut dipenuhi lumpur yang licin. Oleh karena itu, tradisi ini biasanya hanya dipertahankan oleh orang yang sudah berpengalaman bermain lumpur.

Wisata Matahari Terbit di Gunung Bromo, Pasuruan

✦ Pasar ikan murah

Di kawasan Pantai Lekok, para nelayan berbaris dan menjual hasil tangkapannya. Dengan begitu, pengunjung bisa langsung menikmati ikan segar yang nikmat. Anda tidak perlu khawatir soal harga, karena di sini para nelayan menawarkan harga yang sangat wajar. Untuk mendapatkan kualitas ikan terbaik, disarankan untuk datang sedini mungkin.

Karena ikan ini tidak terlalu segar saat siang hari. Biasanya orang yang berkemah di kawasan pantai ini membeli ikan segar untuk dijadikan sarapan pagi. Sehingga anda bisa menikmati sajian ikan yang lezat sambil melihat panorama alam yang mempesona di depan anda.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai LekokFoto: Google Maps/Riska Ramadani

Tentunya sebelum mengunjungi suatu tempat, terlebih dahulu harus mencari tahu alamat lengkapnya. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengunjungi Pantai Hits di Pasuruan. Pantai Lekok terletak di Desa Jatirejo, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur dan medan jalan sangat mudah diakses.

Wisatawan yang datang dari kota juga bisa melanjutkan perjalanan ke Jl. Panglima Sudirman dan belok kanan menuju Jl. Hayam Wuruk. Sesampai di sana, masuk ke Jl. WR Supratman dan lurus saja hingga sampai di Jl. Veteran. Tak jauh dari jalan tersebut, wisatawan akan menemukan sebuah jalan bernama Jl. Kerajaan Mangkrengan.

Setelah itu, perjalanan bisa langsung dilanjutkan ke Jl. Semeru dan Jl. Raya Lekuk. Nantinya, petunjuk arah menuju pantai indah ini bisa dilihat di beberapa sisi jalan. Sehingga wisatawan yang datang dari luar kota maupun dari luar negeri dapat dengan mudah menemukan tempat tersebut.

Cek hotel murah di pasuruan

Biaya masuk wisata laut

Untuk menikmati segala macam kegiatan yang menyenangkan dan atraksi yang indah di sini, pengunjung perlu membeli tiket masuk. Tiket masuk Pantai Lekok Pasuruan Jawa Timur hanya Rp 7.500. Ini tentu saja angka yang kecil dibandingkan dengan berbagai fasilitas yang ada.

Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tersebut hanya berlaku untuk pengunjung yang datang pada hari kerja. Pasalnya, harga tiket masuk wisata pantai ini meningkat saat liburan dan akhir pekan. Pengunjung yang datang di akhir pekan perlu membeli tiket masuk seharga Rp10.000.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai LekokFoto: Google Maps/Lailatul Khudriyah

Semakin banyak aktivitas yang ditawarkan di tempat-tempat wisata, liburan bisa semakin mengasyikkan bagi sebagian orang. Hal ini bisa didapatkan oleh wisatawan yang datang ke Pantai Lekok. Berikut berbagai jenis aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini:

1. Ambil foto Ria

Saat ini, semakin banyak orang yang ingin mengabadikan setiap momen berlibur. Untuk memudahkan pengunjung dalam memenuhi kebutuhannya, pengelola Pantai Lekok memberikan beberapa penawaran Pekerjaan foto yang menarik. Bahkan, pengunjung pantai ini juga bisa berfoto dengan latar perahu nelayan.

2. Wisata Kuliner di Kawasan Pantai Lekok

Ada beberapa warung makan dan minum di pinggir pantai ini yang menjajakan masakan lezat. Umumnya mereka menjual hidangan makanan laut dibumbui dengan rempah-rempah buatan sendiri. Jadi cita rasa masakan disini cukup berbeda dengan cita rasa masakannya makanan laut yang ada di restoran lain. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan pengalaman baru bagi sebagian orang.

3. Mainkan lumpur

Karena tidak ada pasir putih di wisata laut ini tidak seperti tempat wisata pantai lainnya, pengunjung hanya bisa bermain lumpur saat berkunjung ke sini. Meski begitu, kegiatan ini bisa menambah keseruan liburan. Pasalnya, lumpur di sini memiliki tekstur yang unik dan lebih mudah dibentuk.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai LekokFoto: Google Maps/Donna Yuanita

Selain menyediakan beberapa Pekerjaan Selain foto-foto yang menarik bagi pengunjung, pihak pengelola Pantai Lekok juga menyediakan beberapa fasilitas lain yang bisa membuat wisatawan merasa lebih nyaman. Berikut jenis fasilitas yang dapat digunakan pengunjung wisata pantai ini:

  • Toilet
  • siram kamar mandi
  • Tempat parkir mobil dan motor
  • warung makan
  • kursi istirahat

Walaupun Pantai Lekok tidak sepopuler tempat wisata pantai lainnya di Pasuruan, wisata laut ini wajib dikunjungi saat musim liburan. Karena di sini masyarakat tidak hanya bisa bermain, tapi juga merasakan langsung kehidupan para nelayan yang mencari nafkah dari melaut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button