Tempat Wisata

Pantai Cemara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berbicara tentang pantai di Banyuwangi sepertinya tidak akan ada habisnya, nyatanya masih ada tempat wisata baru yang semakin menarik perhatian para wisatawan. Bagi Anda yang hanya ingin menghilangkan rasa penat atau stress akibat masalah pekerjaan, sekolah, kuliah dan lain-lain, Anda bisa menyempatkan diri untuk berlibur sejenak. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri dan merogoh kocek hingga jutaan rupiah, Anda bisa menggunakan kota-kota terdekat. Apalagi jika anda berada di Jawa Timur dan sangat ingin menikmati suasana pantai, anda bisa berkunjung ke Banyuwangi kabupaten yang memiliki banyak pantai dan di tahun 2017 Banyuwangi baru saja meresmikan pantai baru yaitu Pantai Cemara.

Pantai Cemara adalah sebuah properti wisata laut di Desa Pakis, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya hanya 3 kilometer dari pusat kota. Meski termasuk tempat wisata baru, warga Banyuwangi atau bahkan yang berasal dari luar Banyuwangi sudah sering mengunjungi tempat ini karena penasaran dengan daya tarik Pantai Cemara. Apalagi saat anak-anak, remaja dan orang tua datang berlibur di akhir pekan dan menikmati pemandangan.

Seperti namanya, pantai ini dikelilingi oleh hutan pinus laut yang lebat dan asri, yang juga merupakan tempat penangkaran penyu. Selain itu, pantai ini ditumbuhi ribuan pohon cemara di sepanjang pantai, yang membuat pantai ini semakin menarik dan berbeda dari pantai lainnya karena Anda akan merasa sejuk dan rindang dari pohon cemara yang tumbuh.

Penyu yang bertelur di sini biasanya membuat sarang di bawah pohon pinus yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Anda dapat melihat sarangnya, tetapi jangan ganggu mereka. Puncak musim kawin penyu adalah antara bulan Maret dan April. Pantai yang dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantairejo yang juga didampingi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Banyuwangi ini nantinya tidak hanya memiliki zona yang bisa dimasuki masyarakat umum, tetapi juga zona inti untuk melindungi kawasan tempat penyu bertelur. Dan hanya pengunjung dengan izin yang diperbolehkan memasuki zona inti.

Hutan pohon cemara di pantai ini juga membentuk jalan yang indah, yang membuat tempat ini semakin unik dan menarik dibandingkan pantai-pantai lain di Banyuwangi. Apa yang kamu tunggu? Mulailah merencanakan perjalanan Anda ke Pantai Cemara sekarang.

Fasilitas di Pantai Cemara

Beruntung tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah, jadi tidak perlu khawatir karena di tempat ini terdapat beberapa fasilitas pendukung untuk pengunjung.

– Tempat peristirahatan umum

Memang toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di Pantai Cemara anda tidak perlu lagi pusing mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang dapat anda gunakan jika diperlukan.

– Area parkir

Bagi anda yang datang menggunakan kendaraan umum tidak perlu khawatir tidak dapat menemukan tempat parkir, karena tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor, sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat parkir untuk kendaraan anda. Biayanya juga sangat murah dan dijamin aman.

– Bilik atau tempat makan

Anda yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut kelaparan, karena kawasan hutan pinus juga menjadi tempat berdirinya beberapa warung atau pedagang keliling yang menjajakan aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang tertarik untuk menginap di kawasan Pantai Cemara, ada beberapa pilihan penginapan yang harganya bervariasi namun tetap terjangkau. Alternatifnya, Anda dapat memilih keluarga angkat di salah satu rumah lokal, yang juga akan dengan senang hati menyambut Anda dengan ramah.

– Paviliun

Anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar bisa duduk di gazebo yang tersedia di sana dan mencicipi bekal yang Anda bawa atau beli dari penjual lokal.

Berburu foto di Pantai Cemara

Lokasi objek wisata yang luas dan banyak tempat menarik untuk fotografi pasti akan membuat anda yang tertarik dengan seni fotografi senang untuk datang ke sini dan memanjakan nafsu fotografi atau selfie. Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman dengan latar belakang pasir pantai dan air laut biru yang indah. Anda juga bisa mengabadikan pemandangan di sekitar pantai seperti kawasan pohon pinus dan hutan pinus dengan lorong-lorong yang terlihat dramatis dan memiliki nilai estetika dimana Anda bisa mengambil foto yang Instagramable. Pantai Cemara juga menawarkan pemandangan matahari terbenam atau sunset di sore hari yang membuat suasana semakin romantis, apalagi jika datang bersama pasangan.

Baca juga: Pantai Tamperan, Kawasan Pelabuhan Perikanan dengan Pemandangan Indah

Akses jalan menuju Pantai Cemara

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Cemara, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Rogojampi dari pusat kota Banyuwangi. Setelah sampai di Hotel Santika, belok kiri, ada jalan ke arah timur. Ikuti jalan tersebut hingga mentok di persawahan, belok kanan dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan dengan papan nama Pantai Cemara.

Biaya masuk ke Pantai Cemara

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Cemara

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore

Tips Liburan ke Pantai Cemara

  • Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan dibuang
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda

Galeri Foto Pantai Cemara di Banyuwangi

Pantai Cemara di Banyuwangi
Potret Perahu Nelayan
Potret pepohonan di Pantai Cemara
berburu foto
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button