Tempat Wisata

Pantai Semukan Wonogiri – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Semukan adalah salah satu wisata laut yang eksotis di Indonesia Wonogiri dan termasuk dalam kawasan Geopark Gunung Sewu. Pantai berpasir putih dengan pemandangan perbukitan yang menakjubkan.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Hei Kec. Parangupito, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Pantai Semukan adalah pantai yang sangat populer di Wonogiri, Jawa Tengah. Anda bisa melihat banyak keindahan dari tempat ini. Seperti batu yang indah. Ombak besar membawa angin sejuk. Dan pepohonan hijau berpadu dengan pasir pantai.

Selain itu, tempat ini juga menjadi surganya para pemancing karena banyaknya ikan-ikan besar yang ada di tempat ini. Ada tempat khusus bagi anda yang hobi memancing dimana tempat tersebut bertengger di tebing pantai. Namun, ada juga persewaan perahu yang bisa disewa untuk memancing di tengah laut.

Tempat ini juga memiliki mitos tentang pantai selatan, yaitu pintu gerbang ke 13 ratu pantai selatan. Sehingga menjadikannya populer dan menjadikan tempat ini keramat karena ritualnya. Bagaimana tempat ini menarik Anda? Yuk cari tahu informasi tentang Pantai Semukan yang ada di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Semburan

Tempat Wisata Pantai Semukan WonogiriKredit Foto: Google Maps Rony Dian Hendra

1. Karang yang indah

Karang di Pantai Semburan berukuran besar dan sangat indah tampilannya. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Anda juga bisa memanjat batu ini. Namun, Anda harus tetap waspada karena karang ini sangat tajam.

Karena itu, Anda juga dilarang berenang di pantai. Risikonya, jika Anda memang ingin berenang di tempat ini, tentu sangat tinggi, sehingga Anda harus mematuhi aturan yang ada. Sehingga Anda dapat menghabiskan liburan Anda dengan aman, nyaman dan aman.

2. Keindahan alam

Alam di sekitar pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Banyaknya bebatuan besar yang bisa didaki juga menambah keindahannya. Ada juga batu-batu kecil kecil yang kebetulan terlihat sangat bagus.

Deburan ombak juga membawa Anda ke suasana pantai yang tenang. Terkadang ikan juga tersangkut di bebatuan. Sangat bagus, bukan?

3. Gelombang besar

Ombak pantai yang sangat besar ini menjadi ciri khas pantai selatan termasuk Pantai Semburan. Ombak tampak menggulung dengan indah. Akan terlihat indah jika dilihat dari cukup jauh.

Nah, makanya kamu dilarang mendekati pantai apalagi berenang di tempat ini. Ombak yang relatif besar dapat menarik diri ke tengah laut. Jadi sangat berbahaya.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Semburan

Alamat Pantai SemukanKredit Foto: Google Maps Rony Dian Hendra

Pantai Semukan terletak di Dusun Samukan yang terletak di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya, tidak jauh dari pantai Nampu tetapi jauh dari pusat kota Wonogiri.

Waktu untuk wisata ini cukup lama yaitu 120 menit. Karena jauh dari pusat kota Wonogiri. Tapi jangan khawatir, akses menuju tempat ini sangat mudah karena jalannya sudah diaspal dengan baik. Rute juga bervariasi, antara lain sebagai berikut:

Jika Anda berangkat dari stasiun Solo Balapan, rute pertama yang Anda ambil adalah Grogol, lalu Wonogiri. Setibanya di Wonogiri, perjalanan menuju Pracimantoro dilanjutkan dengan Paranggupito dan Anda akan sampai di Pantai Semburan.

Rute tersebut memakan waktu sekitar 2 jam 24 menit dengan jarak tempuh 89 km. Jadi kamu harus benar-benar fit secara fisik dan mental untuk liburan di tour ini.

Selain itu, adapun jalur dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Sederhananya, Anda lebih baik menyalakan GPS untuk sampai ke pantai ini. Jangan khawatir, GPS biasanya sangat akurat dengan lokasi sebenarnya.

Namun sebelum itu, periksa dulu mesin dan bahan bakar Anda agar sampai di tempat tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Liburan Anda lebih terencana dan memenuhi harapan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wonogiri

Harga Tiket Masuk Pantai Semburan WonogiriKredit foto: Google Maps setyo pambudi

Biaya masuk Wisata Pantai Semburan sangat terjangkau dan bisa dijangkau oleh siapa saja yaitu hanya Rp 5.000 per orang. Bukan berarti keindahan pantai ini murah. Karena pesona pantai dengan ombak besar yang menerpa keindahan batu karang ini terlihat sangat indah dan elegan.

Sekadar informasi, seperti yang sudah disebutkan, ombak di pantai selatan sangat besar. Jadi jangan biarkan diri Anda berenang di pantai ini. Selain itu, batunya juga cukup tajam. Berenang di tempat ini sangat berbahaya.

Aktivitas menarik di Pantai Semburan

Aktivitas menarik di pantai SemukanKredit Foto: JR Resmi Google Maps Tiano

1. Memancing

Jika Anda hobi memancing, Pantai Semburan akan menjadi spot favorit Anda. Karena tempat ini menghasilkan ikan berukuran jumbo. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat cocok untuk para pemancing.

Anda juga bisa memancing sepuasnya dengan perahu atau tempat pemancingan yang sudah tersedia. Namun, jika Anda menggunakan perahu, Anda juga harus menyewanya. Bagaimana Anda siap untuk mendapatkan ikan besar?

2. Nikmati keindahan alam

Pantai Semukan memiliki keindahan yang luar biasa seperti pantai berpasir putih berpadu dengan pepohonan hijau dan ombak besar yang menerjang bebatuan yang indah. Membuat mata memandangnya segar.

Jangan lupa bahwa suara ombak juga terdengar bagus. Sehingga pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Anda juga bisa menikmati keindahan alam pantai ini dengan mengabadikan momen dalam foto.

3. Coba makanan spesial

Setiap tempat wisata pasti memiliki makanan lezat yang khas bagi wisatawannya. Tak terkecuali pantai yang mempesona ini, pantai ini menawarkan banyak kuliner yang nikmat mulai dari jajanan hingga makanan berat yang penjajanya adalah warga sekitar.

Makanannya enak dan patut dicoba. Apalagi setelah lelah perjalanan atau di pantai, Anda pasti akan merasa lapar.

4. Nikmati es krim segar

Pantai Semukan sangat istimewa dengan esnya karena es ini diambil langsung dari masyarakat Samukan. Sehingga terasa alami dan sangat segar. Paling cocok diminum di pinggir pantai sambil menikmati panasnya matahari pantai.

Tidak perlu repot mencari vendor, es krim mudah ditemukan. Anda bisa menemukan penjual es krim yang biasa nongkrong di pinggir pantai.

5. Berburu foto

Keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai berpasir putih ini menjadikannya sebagai spot foto yang sangat indah dan Instagramable. Selain itu, foto dengan latar belakang laut biru berpadu dengan langit biru sedang trending di media sosial saat ini.

Anda tidak ingin melewatkan tren ini, bukan? Ayo liburan ke Pantai Semburan, ajak teman-teman kamu agar foto-foto kamu lebih menarik.

Penginapan Murah Berikutnya di Pantai Semburan

Semukan Beach Inn WonogiriSumber gambar: Google Maps Ibzi Afra

1. Seperti penginapan

Hotel Laksanna in terletak di Kota Solo, Teratai 2 nomor 11, dimana biaya akomodasi untuk satu kamar adalah Rp 451.000. Namun, kamar dapat menampung dua orang.

Walaupun hotel ini merupakan hotel bintang 2, namun fasilitas yang dimiliki cukup memadai. Diantaranya ada WiFi, parkir, persewaan sepeda, koran dan laundry.

2.Novotel Solo

The Novotel Solo adalah hotel bintang 4 yang terletak di 272 Jalan Slamet Riyadi. Harga menginap per malam untuk satu kamar cukup mahal yakni Rp 968.000. Kamar juga cocok untuk 2 orang.

Meski mahal, hotel ini memiliki fasilitas yang sangat menunjang kebutuhan pengunjung. Mulai dari 2 ruang tamu, laundry, wifi dalam kamar, pijat, parkir valet, lift, klub anak, persewaan sepeda, pusat kebugaran dan transfer bandara. Lengkap bukan?

3. Planet Merah

Red Planet Hotel merupakan hotel bintang 2 yang terletak di Jalan Dr. Soepomo No. 49 Kota Surakarta. Harganya cukup moderat untuk menginap semalam, yaitu Rp. 453.200 per kamar yang dapat digunakan oleh 2 orang.

Selain itu fasilitasnya juga cukup sedikit, seperti AC, LCD TV, toilet, TV kabel, security room, meja dan shower. Tapi sayang tujuan orang tidak ada yaitu WiFi gratis.

Dari 3 hotel di atas, mana yang akan Anda pilih? Tentu Anda juga akan menemukan hotel yang cocok untuk Anda. Baik dari segi peralatan maupun dari segi anggaran.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Semukan Wonogiri

Fasilitas Pantai Semukan WonogiriKredit foto: Google Maps Ali Kaffi

Tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup menunjang pengunjung. Seperti kamar mandi, studio, kantin dan paviliun. Tapi tidak banyak yang tersisa untuk kamar mandi itu sendiri.

Selain itu, terkadang kantin sering tutup, sehingga lebih baik membawa bekal dari rumah, baik makanan maupun minuman. Tapi jangan dibuang.

Namun dibalik itu anda bisa menikmati indahnya panorama Pantai Semburan ini sambil duduk atau bersantai. Karena tempat ini menawarkan Anda sebuah paviliun untuk beristirahat.

Terlepas dari mitos yang beredar tentang Pantai Semburan dan ritual di tempat ini. Tentunya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak berlibur ke sini? Karena keindahan tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button