Tempat Wisata

Pantai Karang Nini: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bayangkan menikmati pantai yang jernih dan suara ombak yang terdengar dari jauh. Anda bisa bermain pasir, lalu merasakan sentuhan air laut di kaki Anda dan jogging di pantai bersama orang tersayang. Gambar yang indah untuk liburan Anda, bukan? Anda bisa merasakan suasana pantai yang sejuk di Pantai Karang Nini.

Banyak yang mempermainkan kata-kata saat tubuh butuh liburan dengan ungkapan “I need vitamin sea”. Ungkapan kontemporer ini menunjukkan bahwa banyak orang menyukai pantai sebagai tempat wisata. Pantai Karang Nini memiliki keistimewaan tersendiri karena terletak di balik hutan lebat. Perpaduan lengkap antara wisata pantai dan hutan, menawarkan pengalaman yang berbeda.

Fasilitas di Pantai Karang Nini

Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Pantai Karang Nini. Objek wisata ini memiliki kantor informasi yang memudahkan Anda untuk mencari informasi tentang objek wisata ini. Ada juga pondok wisata, musholla, warung/kedai dan bumi perkemahan.

Jika Anda membawa anak-anak Anda tidak perlu khawatir karena ada taman bermain dan tempat parkir sekitar 300 meter. Namun, jalan masuk ke objek wisata sepanjang kurang lebih 2 km tersebut kondisinya tidak baik. Jangan menyerah karena sayang sekali untuk melewati pantai ini.

Sejarah Pantai Karang Nini

Sejarah pantai ini berawal dari adanya Pangandaran yang disebut Karang Nini, yaitu sebuah batu karang yang sekilas terlihat seperti jasad nenek. Dalam bahasa Sunda, Nini sebenarnya berarti nenek. Karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Karang Nini.

Ada sebuah cerita di sana. Namun, dahulu kala di sebuah desa di Emplak, hiduplah sepasang kakek dan nenek bernama Ki Arga Plara dan Ni Ambu Kolot. Kakek adalah seorang nelayan. Setiap hari ia melaut dan hasilnya dibagikan, sisanya dimakan.

Hidupnya sederhana, bahagia dan manis. Hingga suatu hari sesuatu yang tidak biasa terjadi. Kakek tidak pulang dari melaut sedangkan nenek sangat khawatir. Dia khawatir sesuatu yang buruk mungkin terjadi pada suaminya di laut.

Nenek berjalan di sepanjang pantai dan memanggil suaminya. Sayangnya, kakek juga tidak pulang sampai menjelang tengah malam. Nenek sangat sedih dengan apa yang terjadi. Bahkan, masyarakat setempat pun mencari keberadaan sang kakek. Meski masih belum ditemukan.

Karena hari sudah larut malam, warga pun berjalan pulang dengan putus asa mencari keberadaan sang kakek. Nenek tinggal sendirian di pantai. Dia merasa tidak enak dan menangis. Nenek terus berdoa agar bisa dipertemukan kembali dengan suaminya apapun keadaannya.

Tak disangka, doanya terkabul. Tidak lama kemudian, Nenek menemukan sebuah batu yang mengapung. Konon merupakan perwujudan dari kakek yang benar-benar meninggal.

Berburu foto di Pantai Karang Nini

Bersiaplah untuk mengambil banyak foto cantik di Pantai Karang Nini. Wana Wisata Karang Nini merupakan wisata alam yang menggabungkan hutan dan pantai. Hutan jati yang lebat dan rimba terjalin dengan laut lepas. Ada ombak yang menerjang dan berakhir di langit biru yang membentuk garis cakrawala di kejauhan.

Tentu sayang sekali jika Anda melewatkan pesona alam yang satu ini. Di Pantai Karang Nini, Anda bisa berfoto dengan keindahan alam. Keadaan yang paling didambakan adalah saat siluet matahari di ufuk timur di atas pulau Nusa Kambangan dan Telu Pananjung di selatan. Ada juga tikungan di jalan dari jalur kereta api yang melambangkan peninggalan Belanda dan menghilang ke dalam terowongan.

Pasir yang bersih, air laut yang biru, dan pemandangan langit yang luas menjadikan pengalaman berburu foto yang imersif. Namun jangan lupa untuk menjaga keselamatan Anda selama kegiatan foto.

Biaya masuk ke Pantai Karang Nini

  • Biaya masuk: Rp 7.500/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Karang Nini

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi Akses ke Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini terletak di antara jalur Ciamis Pangandaran di Jawa Barat. Lebih tepatnya di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang. Jika Anda datang dari kota Ciamis, jaraknya sekitar 80 kilometer. Jaraknya sekitar 10 km atau sekitar 20 menit dari Pangandaran.

Untuk menuju pantai ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda harus menempuh jarak sekitar 2 km dari jalan raya untuk bisa sampai ke tempat wisata ini.

Tips mengunjungi Pantai Karang Nini

Karena liburan adalah kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang, persiapkanlah sebaik mungkin. Anda bisa menyimak tipsnya terlebih dahulu. Gunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi tempat ini. Bawa bekal untuk dinikmati selama perjalanan. Pastikan kondisi fisik Anda fit dan jangan lupa membawa baju ganti.

Selalu awasi anak-anak Anda saat bermain di pantai. Demi keselamatan Anda, ikuti batasan dan rekomendasi resmi. Nikmati matahari terbenam di Pantai Karang Nini dan ambil foto yang indah. Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa merasakan sensasi berkemah di sini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di lokasi agar tidak merusak keindahan.

Pantai Karang Nini Rasakan keindahan dan eksotisme pantai Indonesia. Mengunjungi tempat wisata dongeng ini seharusnya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Liburan yang menyenangkan.

Galeri Foto Pantai Karang Nini

Selamat datang di Pantai Karang Nini
potret pantai
Batu karang di pesisir pantai
Spot foto di Coral Rock
Tempat foto di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button