Tempat Wisata

Balai Pendidikan Pelestarian Alam Bodogol: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

PPAKB ini didirikan oleh tiga lembaga yaitu Conversation International Indonesia (CII), Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Yayasan Alam Mitra Indonesia (ALAMI). Berada di ketinggian 800 mdpl, Balai Pendidikan Pelestarian Alam Bodogol berperan dalam keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Berbagai jenis tanaman bangu, tanaman obat, tanaman hias dan berbagai jenis hewan endemik Jawa seperti elang jawa (Spizateus bartelsi) dan owa jawa (Hylobates moloch) banyak ditemukan di sini yang lama kelamaan semakin langka.

Balai Pendidikan Konversi Alam Bodogol tidak hanya menjadi tempat pendidikan konversi alam, tetapi juga memiliki kawasan ekowisata serta kawasan penelitian yang terbatas. Ada juga sejumlah pemandangan di jalur ini berupa fenomena dari hutan hujan tropis.

Fasilitas yang ada di Pusat Pendidikan Konferensi Alam Bodogol

Sebagai salah satu wisata alam, fasilitas yang ada di PPAKB sudah cukup memadai. Tersedia restoran bagi anda yang kelaparan karena perjalanan yang cukup melelahkan. Ada kamar mandi, toilet, dan mushola.

Asrama, paviliun, pos polisi hutan, visitor center, instalasi listrik, fasilitas air bersih dan ruang kelas juga tersedia. Meski jarak ke jalan utama cukup jauh, perlengkapan di sini sudah cukup.

Pusat Pendidikan Konferensi Keindahan Alam Bodogol

Tempat wisata edukasi ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Berkendara sekitar satu jam dari jalan utama, Anda akan takjub saat tiba. Pepohonan yang menjulang tinggi memang menjadi daya tarik yang sangat istimewa saat berkunjung ke tempat yang satu ini.

Sebelum sampai di gerbang utama Pusat Pendidikan Konferensi Alam Bodogol, Anda akan melewati perkebunan luas milik penduduk setempat. Jalan menuju kawasan wisata ini cukup memompa adrenalin.

Saat musim hujan, jalanan berbatu dan berlumpur bisa menimbulkan sensasi yang sangat berbeda. Ketika Anda tiba di gerbang, lanjutkan perjalanan Anda. Jalan berbatu diganti dengan jalan berlumut dan berbatu yang akan semakin memacu adrenalin Anda.

Jaraknya sekitar 7 kilometer dari jalan tol dan 3 kilometer dari desa terdekat. Bagian depan Balai Pendidikan Konservasi Alam Bodogol memanjang. Di depan ada hutan, tapi di belakang ada jurang.

Meski melewati jalanan yang memacu adrenalin, banyak pengunjung yang mengaku senang saat berada di kawasan ini. Suasana yang tidak akan Anda temukan di kota. Udaranya yang masih sejuk dan semilir angin membuat suasana terasa nyaman.

Ada juga jembatan setinggi 50 meter yang menghadap ke pepohonan hijau yang rimbun. Jalan menanjak akan membuat kita lelah, namun terbayar saat kita menengok ke kiri dan ke kanan yang hijau dan menyegarkan mata.

Berburu foto di Balai Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Banyak tempat untuk mengambil foto dengan kamera favorit Anda. Jangan membawa perlengkapan foto apapun, sayang jika dilewatkan.

Tak heran jika Cagar Alam Bodogol sering dijadikan sebagai tempat prewedding atau sekedar untuk fotografi. Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang hutan hujan tropis.

Biaya masuk ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka kawasan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Lokasi Akses ke Balai Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Jika menggunakan kendaraan pribadi, lebih disarankan menggunakan mobil Kijang atau 4×4. Melalui Tol Jakarta > Bogor > Ciawi terus menuju Sukabumi, Jawa Barat. Lalu cari Taman Rekreasi Lido di pinggir jalan raya Bogor – Sukabumi Cicurug. Kemudian tanyakan arah di kantor Cl – Lido.

Kemudian dengan kendaraan darurat Balai Pendidikan Konservasi Alam Bodogol. Tempat parkir pribadi Anda dapat disimpan di kantor Cl – Lido. Anda akan diantar menuju lokasi dengan mobil 4×4 dengan biaya Rp. 300.000 per mobil dengan maksimal 6 orang di dalamnya.

Tips kunjungan Anda ke Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

  • Usahakan memakai baju hangat atau sweater. Udara di kawasan ini cukup dingin, jadi jangan lupa membawa jaket.
  • Bawa saja yang kamu butuhkan dan jangan terlalu banyak barang yang justru memberatkanmu.
  • Kenakan sepatu yang nyaman karena ini adalah hutan dan medan yang Anda lewati jelas berlumpur dan penuh bebatuan.
  • Jangan dibuang. Tetap jaga kelestarian alam kita Indonesia dimanapun berada.
  • Ikuti aturan agar tidak terjadi apa-apa yang tidak Anda inginkan.

Ini ulasan tentang Balai Pendidikan Pelestarian Alam Bodogol yang cocok untuk anda dan keluarga anda. Suasananya hening dan relatif tenang, cocok bagi Anda yang ingin menangkap semangat. Semoga artikel ini membantu dan selamat berlibur.

Galeri foto konservasi Bodogol

SELAMAT DATANG
Pengunjung di Balai Konservasi
Akses jalan ke Pusat Pendidikan Konservasi
Potret Air Terjun
berkemah
matahari terbenam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button