Tempat Wisata

Keraton Kasepuhan Cirebon: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Landmark kota Cirebon adalah Keraton Kasepuhan Cirebon, sebuah landmark sejarah kota. Jika anda berkunjung ke kota Cirebon, kunjungan anda tidak akan lengkap jika belum mengunjungi wisata terkenal ini.

Alamat lengkap Keraton Kasepuhan adalah Jalan Kasepuhan No. 43, Desa Mandalangan, Desa Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari terminal bus Hajarmukti.

Kesultanan Cirebon yang terletak di pantai utara pulau Jawa merupakan perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, menjadikan Kesultanan Cirebon sebagai pelabuhan sekaligus jembatan antara dua budaya yang berbeda. Di sini budaya Jawa dan Sunda tumbuh dengan damai.

Fasilitas yang ada di Keraton Kasepuhan Cirebon

Fasilitasnya cukup memadai. Sama seperti tempat wisata sejarah lainnya, disini terdapat tempat parkir dan toilet. Oleh karena itu, fasilitas ini cukup untuk wisata berpemandu dengan konsep sejarah.

Gedung Lujuk di area utama Keraton Kasepuhan berfungsi untuk melayani tamu, mencatat kepentingan dan melapor kepada Sultan. Jadi tentunya sangat aman di Keraton Kasepuhan Cirebon. Belum lagi satpamnya polisi jadi securitynya bagus banget.

Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Kompleks keraton ini meliputi dua bangunan bersejarah, yaitu Dalem Agung Pakungwati yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1430, dan Kompleks Keraton Pakungwati yang sekarang disebut Keraton Kasepuhan yang didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529 Masehi.

Pangeran Cakrabuana dimakamkan di Dalem Agung Pakungwati, Cirebon. Nama Pakungwatii berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Saat wafatnya pada tahun 1549, usia Masjid Sang Cipta Rasa sudah sangat tua.

Nama Ratu Dewi Pakungwati dipuja dan dimuliakan oleh Sunan Gunung Jati sebagai nama keraton yaitu Keraton Pakungwati yang sekarang disebut Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan merupakan salah satu bangunan bersejarah Kesultanan Cirebon yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Di depan Keraton Kasepuhan Cirebon, terdapat sebuah alun-alun bernama Lapangan Sangkana Buana pada zaman dahulu yang berfungsi sebagai tempat latihan para prajurit. Latihan biasanya dilakukan pada hari Sabtu, istilah pada saat itu adalah Saptonan dan juga merupakan titik pusat pemerintahan keraton.

Di sebelah barat Keraton Kasepuhan di Cirebon Anda bisa melihat masjid megah hasil karya para kurator. Dan di sebelah timur alun-alun terdapat lokasi usaha pada jaman dahulu yaitu pasar. Hari ini disebut Pasar Kasepuhan dan terkenal dengan pocinya. Anda juga bisa membeli oleh-oleh di pasar unik ini. vc

Pada tahun 1969 meletus konflik internal, Kesultanan Cirebon terpecah menjadi dua, yaitu Kesultanan Kanoman dan Kasepuhan. Kesultanan Kanoman dipimpin oleh Pangeran Kartawijaya bergelar Sultan Anom 1 sedangkan Kesultanan Kasepuhan dipimpin oleh Pangeran Martawijaya bergelar Sultan Sepuh 1. Kedua sultan itu bersaudara dan masing-masing mendiami istananya sendiri.

Berburu foto di kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon

Bagi pecinta foto, tempat ini tentunya bisa menjadi momen yang bagus untuk pengambilan kamera apapun. Ada banyak spot foto unik yang bisa kamu gunakan sebagai background. Tentu saja, Anda tidak diperbolehkan membawa kamera dan semua perlengkapan fotografi.

Banyak tempat bersejarah untuk difoto. Jika Anda lebih suka foto selfie, tidak ada salahnya berswafoto dengan latar bangunan bersejarah di Kota Cirebon. Jangan lupa untuk menambahkan filter agar hasil jepretan terlihat lebih baik.

Ada juga kereta emas Singa Barong yang dibangun oleh Panembahan Losari pada tahun 1549 dan digunakan oleh semua sultan Cirebon. Anda dapat memotret kereta emas, tetapi Anda tidak dapat mengendarainya. Rancangan kereta emas ini memadukan akulturasi budaya Islam, Hindu, dan Tionghoa.

Tiket Masuk Keraton Kasepuhan Cirebon

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Keraton Kasepuhan Cirebon

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi Akses ke Keraton Kasepuhan Cirebon

Anda dapat mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Karena letaknya yang strategis di depan Alun-Alun Kota Cirebon, wisata sejarah ini mudah dijangkau wisatawan.

Karena berada tepat di seberang alun-alun, Anda juga bisa mampir untuk beristirahat atau membeli makanan yang dijual di sekitar Cirebon Square, seperti gorengan.

Tips Berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon

  • Ikuti aturan yang berlaku di Keraton Kasepuhan Cirebon
  • Jangan membuang sampah di tempat bersejarah
  • Berpakaian sopan saat Anda memasuki wilayah Kekaisaran
  • Cobalah untuk tidak mengucapkan kata-kata umpatan di daerah tersebut

Demikian ulasan artikel kali ini Keraton Kasepuhan Cirebon. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan tips liburan ke Keraton Kasepuhan di Cirebon.

Galeri Foto Keraton Kasepuhan di Cirebon

Keraton Kasepuhan di Cirebon
Museum Peninggalan Keraton Kasepuhan
pintu masuk istana
Kereta
Berbagai peninggalan sejarah
Aneka keris di keraton

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button