Tempat Wisata

Fernwasserfall: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tentu saja, ada kalanya kita merasa jenuh atau jenuh ketika menghadapi kehidupan sehari-hari seperti pergi bekerja, pergi ke sekolah atau kuliah. Begitu banyak masalah yang kita hadapi seringkali menimbulkan stres dan bila itu bisa mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari, belum lagi penyakit yang bisa muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk melupakan segala kesibukan atau pergi berlibur. Berwisata tidak harus selalu mengeluarkan biaya banyak atau berlebihan, dengan budget yang sedang atau kecil anda sudah bisa menikmati banyak tempat wisata yang seru contohnya di Magetan.

Air Terjun Jarak merupakan destinasi wisata di Desa Ngancar Kecamatan Plaosan. Jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini anda tidak akan menyesal karena banyak pemandangan indah yang dapat menyegarkan mata anda. Banyak juga wisatawan dari luar Magetan, terutama saat lebaran atau liburan sekolah.

Air terjun terpencil ini merupakan bagian dari objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Jarak Air Terjun ini sekitar 80 meter di atas Air Terjun Watu Ondo. Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Di kaki air terjun ini terdapat sebuah kolam kecil dimana wisatawan bisa mandi atau bersih-bersih. Di sekitar tempat ini anda bisa melihat hutan yang sangat asri dan rindang sejauh mata memandang, perpaduan antara hijau dan birunya langit sungguh menciptakan panorama yang akan dikenang nanti saat pulang kampung. Selain itu, karena banyaknya pepohonan dan tumbuhan, Anda juga bisa merasakan udara segar bebas polusi di sana, tidak seperti di kota besar lainnya. Di dekat air terjun Pakis, pasir berbatu masif (pasir artinya pasir dan mas artinya emas). Pasir Mas adalah sebuah kolam kecil yang memantulkan cahaya kuning keemasan saat matahari bersinar.

Namun berhati-hatilah di objek wisata Air Terjun Jarak Jauh, karena meskipun Anda bisa bermain dan berenang di air di sana, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan air terjun setinggi kurang lebih 35 meter tersebut. Meski bebatuan di sana terlihat indah saat terkena sinar matahari, namun juga terbilang berbahaya karena masih rawan longsor. Jadi jangan hanya berpikir untuk bersenang-senang lalu lupa memperhatikan lingkungan sekitar.

Fasilitas di Fernwasserfall

Spot foto di bawah air terjun Pakis

Karena tempatnya yang agak terpencil dan juga butuh usaha untuk mencapainya, maka jangan heran jika tidak banyak fasilitas pendukung yang biasanya terdapat di objek wisata lainnya. Namun, di sana Anda tetap bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan, seperti

– Paviliun

Menempuh jarak yang cukup jauh tentu akan melelahkan. Jika Anda sampai di sana sekarang, tidak perlu khawatir karena ada beberapa paviliun tempat pengunjung dapat bersantai, duduk-duduk dan menikmati pemandangan sekitar sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Air Terjun Pakis, jadi bagi Anda yang ingin ke kamar mandi tidak perlu bingung lagi karena di titik ini terdapat dua toilet yang bisa Anda gunakan.

– Area parkir

Anda yang membawa kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, bisa langsung memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang telah ditentukan. Tempat parkir di sana sangat memadai dan menawarkan ruang untuk banyak kendaraan. Biaya parkirnya juga sangat murah.

Semoga Pemerintah Kabupaten Magetan dapat memberikan fasilitas yang lebih layak untuk objek wisata Air Terjun Jarak ke depan, karena sayang jika tidak menggunakan tempat yang bisa menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Jika lebih banyak fasilitas dibangun, jumlah pengunjung yang lebih besar dijamin.

Berburu foto di Fernwasserfall

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan wisata alam, mengunjungi Air Terjun Pakis akan menjadi perasaan dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan. Persiapkan kamera Anda, baik kamera dari ponsel atau kamera profesional dari rumah Anda, karena Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah di sana. Air terjun setinggi 35 meter ini bisa menjadi tujuan foto yang sempurna, baik Anda hanya sekedar berfoto air terjun atau juga dijadikan latar foto Anda bersama keluarga atau teman. Jika Anda membawa kamera anti air, Anda juga bisa mengabadikan momen seru sambil bermain air atau sekedar bersantai di gazebo.

Baca juga: Pantai Sobo, Indahnya Pesona Pantai dengan Bekas Bangunan Perumahan di Sekitarnya

Akses jalan menuju Fernwasserfall

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, begitu sampai di jalan berkerikil, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jarak antara lokasi air terjun dengan hutan pinus sekitar 2 km dengan kondisi jalan yang terjal dan terjal. Dalam perjalanan menuju Air Terjun Jarak, pengunjung akan menjumpai air terjun lainnya yakni Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Pundak Kiwo. Ada juga mata air bernama Banyumas dan Petilasan bernama Watu Ongko.

Biaya masuk untuk Fernwasserfall

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka air terjun jarak jauh

Keindahan air terjun Pakis

Tips berlibur di Air Terjun Jarak Jauh

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Persiapkan kondisi yang sangat baik
  • Jangan lupa membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Hati-hati saat mendekati air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button