Tempat Wisata

Punden Clelek dan Sumber Clelek: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Merencanakan liburan ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya pasti akan menyenangkan, apalagi jika Anda berwisata bersama keluarga atau teman atau bahkan pasangan bulan madu Anda. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk rekreasi, bahkan tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi, terutama jika Anda tinggal di Jawa Timur. Ada banyak destinasi wisata yang menarik, unik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata alam seperti Punden Clelek dan Sumber Clelek.

Selamat datang di Sumber Clelek

Punden Clelek dan Sumber Clelek merupakan tempat wisata di Desa Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini karena reputasinya yang lebih rendah dibandingkan dengan tempat lain, namun jika anda mencari destinasi tari yang berhubungan dengan budaya dan sejarah, tempat ini bisa menjadi alternatif tersendiri bagi anda. mengunjungi dengan teman, keluarga atau pasangan Anda.

Di lokasi ini, yaitu Punden Clelek, Anda akan menemukan tiga buah peninggalan bersarang di bawah pohon besar di pinggiran Sumber Clelek. Benda cagar budaya itu sendiri terdiri dari sebuah patung dan dua buah miniatur rumah. Meski kondisinya diperkirakan mulai menurun, namun arca-arca di Punden Clelek masih dapat dikenali dari keberadaan batang tubuh dan jenis posisi duduknya. Arca tersebut diidentifikasi sebagai tokoh bernama Ganesha, yaitu dewa berkepala gajah dengan posisi duduk Uttkutikasana (dua telapak kaki bertemu di tengah). Ganesha adalah salah satu dewa Hindu yang dianggap sebagai simbol ilmu pengetahuan, dewa perang dan pembasmi kejahatan.

potret bendungan

Sumber Clelek sendiri juga dekat dengan Punden Clelek. Berikut adalah sebuah danau kecil yang sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata Magetan. Banyak sekali anak muda yang datang ke sini untuk sekadar nongkrong dan ngobrol santai. Meski sempat mendapat bantuan pembangunan dari PAM-DKB Kabupaten Magetan pada 2006, namun situs tersebut tidak semenarik dulu. Sumber Clelek memiliki sumber air yang mengalir sepanjang tahun, sehingga air yang dihasilkan dapat digunakan untuk irigasi warga sekitar. Dengan pemandangannya yang menarik, tidak ada salahnya memilih tempat ini sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya.

Fasilitas Punden Clelek dan Sumber Clelek

Sayangnya fasilitas di objek wisata ini belum banyak, namun jangan khawatir, masih ada beberapa fasilitas penunjang yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

– Paviliun

Bagi anda yang hanya ingin duduk santai sambil menikmati pemandangan dan makanan serta minuman yang dibawa dari rumah. Anda juga dapat mengobrol dengan teman dan keluarga.

– Tempat peristirahatan umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di tempat ini Anda tidak perlu lagi pusing mencari toilet umum karena di kawasan ini ada beberapa yang bisa Anda gunakan jika diperlukan.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Bilik atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di kawasan ini Anda akan menemukan berbagai warung yang sebagian besar dikelola oleh penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman.

Berburu foto di Punden Clelek dan Sumber Clelek

Saat Anda sedang berlibur di sebuah objek wisata, tidak berfoto atau selfie di tempat tersebut terasa kurang lengkap. Tentunya selain sebagai kenangan, kamu juga bisa memamerkan hasil fotomu di berbagai media sosial yang kamu miliki. Kini, di Punden Clelek dan Sumber Clelek, Anda bebas mengabadikan momen seru dan seru bersama kerabat atau teman sambil menikmati pemandangan patung di sana, bercengkrama di dekat Sumber Clelek, atau pun bermain-main di sekitar kawasan. Tempat ini juga memiliki banyak pepohonan rindang yang bisa dijadikan spot foto menarik.

Baca Juga:Pantai Parang Kursi Mengungkap Keindahan dan Misteri Salah Satu Pantai di Banyuwangi

Akses jalan menuju Punden Clelek dan Sumber Clelek

Bagi anda yang ingin menuju Punden Clelek dan Sumber Clelek, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Kemudian, dengan petunjuk arah yang disediakan oleh aplikasi GPS yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi objek wisata tersebut. Dan bagi anda yang menggunakan kendaraan umum seperti bus atau alat transportasi lainnya bisa berhenti di desa Nguntoronadi kemudian langsung naik ojek menuju desa Driyorejo dan sampai di objek wisata tersebut.

Biaya masuk ke Punden Clelek dan Sumber Clelek

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Punden Clelek dan Sumber Clelek

Tips liburan di Punden Clelek dan Sumber Clelek

  • Sebelum Anda berangkat, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencoret-coret patung di sana
  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Jangan mencemari lingkungan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button