Tempat Wisata

Gunung Kawi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat mengunjungi tempat liburan, sebaiknya jangan hanya mengunjungi tempat wisata terkenal atau fokus hanya pada wisata belanja yang kebanyakan dilakukan di pusat perbelanjaan. Agar liburanmu terasa lebih seru, kamu bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi orang. Selain itu, ia menawarkan pengalaman tersendiri: Anda dapat bersantai dengan bebas tanpa terganggu oleh keramaian di sekitar Anda. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Malang, kota yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dan wisata alam yang menarik. Sesampainya di sana, pasti jangan lupakan Gunung Kawi dalam daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi di Malang.

Sebagai desa wisata ziarah, Wonosari – Gunung Kawi (Gunung Kawi) memiliki pemandangan pegunungan yang indah, istimewa dan mengesankan, yang diakui sebagai salah satu desa paling menarik di bagian barat daya Kabupaten Malang. Kebanyakan orang tahu bahwa desa ini memiliki tempat khusus, yaitu makam kakek Iman Soedjono, salah satu dari tujuh puluh bangsawan yang mengangkat tangan menentang pendudukan Belanda di bawah Pangeran Diponegoro antara tahun 1825 dan 1830.

Di sebelah makam kakek Iman Soedjono terletak makam kakek Djoego atau Kiai Zakaria II, seorang tokoh lokal yang pada saat itu merupakan pelopor teknologi pertanian baru. Biasanya pengunjung yang berkunjung ke tempat ini percaya bahwa ziarah akan membawa keberuntungan bagi pekerjaan dan kehidupan masa depan mereka, mis. misalnya perdagangan, kesehatan pertanian, dll Waktu yang disarankan untuk mengunjungi makam suci biasanya Kamis malam atau “Jumat Legi” (kalender Jawa). Makam ini sendiri sudah lama dilengkapi dengan fasilitas yang memadai baik untuk peziarah maupun wisatawan.

Meski banyak pendatang baru yang mengunjungi gunung tersebut karena mitos yang menyelimuti gunung tersebut, namun banyak juga wisatawan yang berkunjung hanya karena ingin menikmati pemandangan disana. Hijaunya tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di sekitar kawasan Gunung Kawi membuat udara atau suasana disana terasa sejuk dan tidak seperti udara kota yang penuh polusi dimana-mana. Mengunjungi objek wisata seperti ini dapat membantu Anda merasa segar kembali dan pulang dengan energi baru untuk menghadapi hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang suka camping, kamu juga bisa mendirikan tenda dan api unggun bersama teman-teman.

Fasilitas di Gunung Kawi

Tidak banyak fasilitas penunjang yang bisa anda temukan di tempat ini, namun jangan khawatir, masih ada beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan seperti;

– Area parkir

Bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, tidak perlu lagi bingung mencari tempat parkir karena tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas, murah dan aman.

– Tempat peristirahatan umum

Beruntung salah satu fasilitas penting tersebut telah tersedia di kawasan Gunung Kawi, meski belum banyak dan hanya di lokasi tertentu, minimal di luar kawasan Gunung Kawi, tidak perlu lagi mencari toilet umum.

– Aula dan Paviliun

Peziarah yang ingin berziarah biasanya menunggu di paviliun di sana, atau di paviliun juga, di mana mereka bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Gunung Kawi.

Berburu foto di Gunung Kawi

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, khususnya yang berkaitan dengan fotografi alam, Anda dapat memanjakan kegemaran Anda di Gunung Kawi. Jangan lupa membawa kamera, baik kamera handphone maupun kamera profesional, karena banyak tempat menarik yang bisa digunakan, seperti makam-makam di sana. Tetap saja, Anda harus menghormati para peziarah dan tempat suci. Anda juga bisa berswafoto dengan hijaunya pepohonan di hutan Gunung Kawi sebagai latar belakangnya. Jangan lupa, ketika sudah puas mengambil banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Mereka tidak hanya memamerkan keindahan alam Gunung Kawi, namun secara tidak langsung juga mempromosikan tempat wisata ini kepada banyak orang.

Baca Juga: Candi Simbatan Menghadap Salah Satu Situs Peninggalan Sejarah di Magetan

Akses jalan menuju Gunung Kawi

Untuk arah Gunung Kawi bisa masuk melalui Ngajum atau Wonosari, Kromengan dan Wagir. Kebanyakan orang lebih suka Kromengan dan kemudian kembali melalui Ngajum. Anda juga dapat berkendara pulang melalui Wagir, tetapi beberapa orang yang telah mencoba mengatakan kualitas jalannya buruk karena banyak kuburan batu yang curam. Mungkin menggunakan jalur lewat jalur Wagir lebih menyenangkan karena jalur ini penuh dengan rahasia. Sebenarnya masih ada cara lain selain ketiga cara diatas. Untuk menuju ke sana sangat disarankan untuk menggunakan mobil, baik mobil pribadi atau menyewa mobil dari perusahaan rental mobil yang banyak tersedia di daerah Malang.

Biaya masuk ke Gunung Kawi

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gunung Kawi

Tips berlibur ke Gunung Kawi

  • Persiapkan stamina sebelum memulai perjalanan mendaki Gunung Kawi
  • Pastikan kendaraan yang hendak Anda gunakan dalam kondisi baik dan laik jalan
  • Kenakan alas kaki yang sesuai, nyaman, dan aman
  • Sebaiknya tidak datang saat musim hujan karena jalurnya cenderung licin akibat hujan
  • jangan dibuang

Galeri Foto Gunung Kawi

Gunung Kawi
Potret di kaki Gunung Kawi
Lokasi eksotis di lembah Gunung Kawi
Mendaki Gunung Kawi
Matahari terbenam di Gunung Kawi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button