Tempat Wisata

Pantai Sipelot Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket – Pantai Sipelot merupakan salah satu pantai eksotis yang paling indah di Malang. Pantai berpasir yang menawarkan pesona air terjun dan dikelilingi perbukitan yang mempesona.

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pujiharjo. Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Kota Malang terkenal dengan wisatanya yang kaya dan indah. Pesona alam kota kembang tentu tidak tereksplor dalam satu atau dua hari. Pantai Sipelot merupakan salah satu keindahan alam pinggir laut Kota Malang. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau Jawa ini memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

Di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Dari hamparan laut yang biru dan luas hingga dataran yang rimbun dengan pepohonan yang tinggi. Seperti halnya wisata pantai lainnya, pemandangan indah ini dinikmati secara alami oleh semilir angin laut yang membawa aroma khas pantai yang tidak akan terlupakan.

Pantai ini memang tidak seramai pantai-pantai lain di Malang Selatan namun keindahannya tidak akan mengecewakan perjalanan anda ke pantai yang satu ini. Berikut beberapa artikel yang memberikan informasi tentang destinasi wisata alam Pantai Sipelot Malang yang tentunya wajib Anda baca sebelum memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di pantai ini.

Atraksi Pantai Sipelot

Pemandangan di Pantai SipelotKredit foto: Google Maps Sri Wahyuni

1. Pantai yang luas

Area pantai Sipelot cukup luas. Anda dapat dengan bebas menikmati pemandangan di sepanjang teluk. Pantainya cukup panjang, yang tentu saja tidak membosankan jika dikelilingi. Area pantai ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas menarik bersama keluarga atau bermain game pantai bersama teman.

Area pantai yang luas ini masih sangat bersih dengan pasir putihnya yang sangat nyaman untuk dilalui. Kawasan ini juga telah menyediakan beberapa dekorasi sederhana yang menambah indahnya suasana Pantai Sipelot. Karena area pantai ini cukup luas, Anda sebaiknya berhati-hati agar tidak ada anggota kelompok yang lolos dari pengawasan.

2. Gradien air laut

Warna laut di pantai ini cukup unik. Di tepi pantai, air lautnya berwarna jernih, memercikkan pasir putih yang dibasahi air berwarna kecoklatan. Tidak jauh dari pantai Anda akan melihat bahwa pantai ini berwarna hijau muda. Dan di bagian laut yang lebih dalam Anda bisa melihat pantai yang berwarna biru tua dan mempesona.

Di daerah yang lebih dalam Anda akan menemukan terumbu karang yang indah. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati keindahan terumbu karang ini dari atas, atau scuba dive untuk melihatnya dari dekat. Anda dapat melihat gerombolan ikan kecil hingga besar yang berlalu lalang dengan gembira di area ini.

3. Air terjun ke laut

Di kawasan wisata Pantai Sipelot Malang, Anda bisa menikmati air terjun kecil yang berasal dari sungai yang mengalir langsung ke laut. Air yang mengalir cukup jernih dan bersih. Anda bisa bermain di kolam di bawah air terjun ini. Uniknya, Anda bisa menikmati dua jenis destinasi liburan hanya dalam satu area.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sipelot

Tiket Masuk Pantai SipelotKredit foto: Google Maps Sri Wahyuni

Lokasi pantai ini berada di daerah Malang Selatan. Dari Kota Malang, Anda bisa mengikuti rute menuju Kecamatan Dampit di Turen, Jawa Timur. Sesampainya di Turen, ambil jalur selatan dan ikuti rambu menuju Pantai Sipelot. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Jalan menuju kawasan pantai ini cukup memompa adrenalin. Anda akan dihadapkan pada jalan yang sempit, terjal dan berliku. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi warga sekitar dan juga beberapa tambak udang jika Anda berada di dekat area pantai.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda juga dapat menggunakan Google Maps sebagai bantuan petunjuk arah mengemudi. Namun Anda tetap perlu waspada karena sulit mendapatkan sinyal yang jelas di area ini. Anda tetap perlu waspada dan memperhatikan petunjuk arah yang cukup tersedia di sepanjang jalan.

Biaya masuk ke pantai ini cukup murah. Hanya dengan merogoh kocek 3.000 rupiah saja kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Pantai Sipelot Malang. Tentu saja, Anda juga harus membayar biaya parkir. Tarifnya cukup umum, yaitu 5.000 rupiah untuk mobil dan 3.000 rupiah untuk roda dua.

Aktivitas menarik di pantai Sipelot

Aktivitas di Pantai SipelotKredit foto: Google Maps Sri Wahyuni

1. Berkemah

Karena letaknya yang luas dengan berbagai keindahan alamnya, Pantai Sipelot bisa dijadikan sebagai area camping. Di pantai yang luas Anda dapat menikmati malam dengan pemandangan bintang malam yang sangat jelas. Pada malam hari Anda dapat melihat seluruh hamparan langit.

Di pagi hari Anda bisa bangun pagi dan menikmati matahari terbit. Kali ini tentu sangat cocok untuk Anda yang suka berfoto. Keindahan matahari terbit dengan pancaran sinarnya yang menyembul dari balik perbukitan menambah indahnya suasana pantai dan juga menjadi koleksi foto Anda.

2. Bermain dengan air laut

Air laut di pantai ini agak tenang, meskipun terletak di bagian selatan pulau Jawa. Pasirnya sangat lembut dan tidak banyak karang yang melukai kaki Anda di pantai. Air lautnya juga bersih dan sangat jernih. Tentunya hal ini sangat menarik bagi Anda yang suka bermain dan berenang di pesisir pantai.

Tapi seseorang tidak boleh ceroboh. Anda tetap harus mengawasi anggota keluarga yang bermain di area pantai. Meski ombaknya cukup tenang dan tidak curam, Anda tetap harus berhati-hati dengan area pantai yang sangat luas. Jangan sampai tersesat dan terpisah dari rombongan.

4. Menyelam

Kawasan Pantai Sipelot ini memiliki ekosistem biota alam yang cukup menarik. Kawasan terumbu karangnya belum banyak terjamah dan juga sangat indah. Anda dapat melihat berbagai jenis biota laut dengan warna-warna cerah dan indah. Anda bisa menyewa perahu untuk menuju ke lokasi penyelaman.

Tentu saja, bahkan jika Anda diizinkan untuk menyelam di area ini, Anda tidak boleh merusak ekosistem alam yang masih asli. Karang yang baru tumbuh, serta habitat dari masing-masing ikan air dangkal ini, perlu terus tumbuh dengan baik dan terlihat sampai generasi mendatang datang ke wilayah pesisir ini.

5. Wisata kuliner

Selain wisata pantai dan air terjun, Anda bisa menikmati berbagai olahan seafood yang disajikan oleh beberapa warga yang membuka warung di Pantai Sipelot. Pada umumnya wisatawan menikmati ikan laut bakar dan hasil laut lainnya yang dibakar. Anda bisa menemukan udang, cumi-cumi, sotong dan juga ikan laut yang unik seperti marlin.

Hidangan ini bisa Anda santap bersama keluarga di pantai. Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa tikar, karena di pantai ini terdapat beberapa pendopo tempat Anda bisa bersantai, dan juga menyantap hidangan dari warung-warung. Tentu saja pengalaman bersantap di pinggir pantai akan menjadi sesuatu yang tak terlupakan.

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Sipelota

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai SipelotaKredit foto: Google Maps S Nowo El Mahdy

1. Homestay Tumpak Sewu

Tumpak Sewu Homestay menawarkan berbagai fasilitas yang sangat nyaman untuk ditinggali. Hotel ini menawarkan kamar-kamar berdesain simpel namun elegan dan taman dengan beberapa area tempat duduk untuk bersantai. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Anda dapat menikmati AC, TV, kamar mandi nyata dan sebagainya.

2. Guest House Wisatawan yang Terhormat

Guest house ini cukup unik dengan konsepnya yang bernuansa hangat dan natural. Nikmati suasana alam dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu. Guest house ini tampak nyaman sekaligus asri. Tentunya setiap kamar juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik.

3. Yanto Homestay Anugrah Tumpak Sewu

Homestay ini memberikan kesan bersih dan rapi. Di sini Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang tersaji cukup lengkap dan juga cocok untuk beristirahat di malam hari. Setiap kamar memiliki TV dan soket untuk mengisi daya berbagai perangkat elektronik. Anda dapat menghabiskan malam yang damai di homestay ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sipelot Malang

Fasilitas di Pantai SipelotKredit foto: Google Maps Sri Wahyuni

Pantai Sipelot masih tergolong wisata pantai yang mudah. Tidak banyak fasilitas yang dibangun di kawasan ini. Namun, di pantai ini Anda akan menemukan tempat parkir, toilet, dan mushola yang cocok untuk digunakan. Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa kios yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.

Tentunya setelah menyimak beberapa artikel di atas, Anda bisa menentukan apa saja yang harus dibawa sebagai bekal atau bekal perjalanan saat menginap di destinasi wisata alam Pantai Sipelot ini. Sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dan tanpa tergesa-gesa untuk perjalanan liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button