Tempat Wisata

Pulau Sempu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Malang sendiri ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya murah, contohnya Pulau Sempu.

Pulau Sempu merupakan destinasi wisata yang terletak 69 km dari kota Malang. Pulau Sempu adalah surga yang tersembunyi. Pulau Sempu merupakan cagar alam seluas 877 ha.Untuk menuju Pulau Sempu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Cagar Alam Pulau Sempu. Untuk memasuki pulau ini kita harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari ranger dan untuk memasuki pulau ini kita harus didampingi oleh pemandu. Ada sebuah danau yang indah, sebut saja Danau Khayangan. Para wisatawan biasanya berkemah di sekitar Danau Khayangan. Di Pulau Sempu, Anda akan takjub melihat elang jawa, lumba-lumba yang sesekali muncul ke permukaan, dan berbagai hewan lainnya.

Di sebelah pulau ini terdapat balai pelelangan ikan dimana para nelayan bisa turun ke darat membawa umpan dan menjual ikan disana. Pengunjung dapat membeli ikan segar di sini dan memasak atau memanggangnya di dekatnya. Pantai di Pulau Sempu memiliki pasir putih yang indah dan air biru jernih, dengan banyak ikan kecil berenang di sekitar dan terlihat dari permukaan air. Selain itu, perbukitan hijau di Pulau Sempu juga sangat indah dan eksotik. Dijamin setiap orang yang datang akan betah dan menikmati pemandangan alam di sana. Bahkan, tidak hanya turis lokal, turis mancanegara pun banyak yang jatuh cinta dengan Pulau Sempu.

Perlu diingat bahwa KEPULAUAN SEMPU ADALAH CAGAR ALAM. Untuk memasuki cagar alam ini, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Sebelum mendapatkan izin, Anda akan mendapat gambaran singkat tentang Pulau Sempu dan saran dari Kepala Dinas Perizinan. Setelah mendapat izin, pengunjung bisa menyewa perahu. Dan yang terbaik, jika Anda mampir ke sana, Anda tidak harus menginap, hanya beberapa jam. Meski demikian, Anda pasti akan terpuaskan dengan pemandangan alam yang indah.

Fasilitas di Pulau Sempu

Karena sebenarnya ini adalah cagar alam yang dilindungi dan wisatawan tidak bisa masuk dan keluar Pulau Sempu, tidak ada fasilitas pendukung yang bisa Anda temukan. Satu-satunya fasilitas yang bisa Anda gunakan selama ada perahu yang akan membawa Anda ke Pulau Sempu. Ada area yang cocok untuk berkemah, tetapi karena izin wisata semakin langka, tidak perlu menginap. Demi menjaga kelestarian alam. Harapannya, Pemkab Malang bisa menjadikan Pulau Sempu sebagai objek wisata yang lengkap nantinya.

Berburu foto di Pulau Sempu

Jika Anda memang menyukai seni fotografi dan wisata alam yang menawan, Anda bisa menyalurkan hobi dan berfoto di sekitar Pulau Sempu. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang foto bersama keluarga atau teman, seperti birunya air laut di pinggir pantai. Anda juga bisa berfoto selfie sambil bermain air. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bukit-bukit di sana berjejer dan membentuk panorama yang indah dan sangat Instagrammable. Anda juga bisa melihat banyaknya perahu nelayan yang menghiasi bibir pantai. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto yang Anda miliki di media sosial.

Baca Juga: Punden Clelek dan Sumber Clelek Cagar Budaya Menarik di Magetan

Akses jalan menuju Pulau Sempu

Perjalanan menuju Pulau Sempu dimulai dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Untuk kendaraan sewa, tarif yang berlaku adalah Rp 400.000 (pulang pergi) dengan kapasitas 7 penumpang + 1 pengemudi.

Jika pengunjung hanya ingin menikmati keindahan Pulau Sempu dalam satu hari atau sekedar melakukan riset singkat, bersiaplah untuk memulai perjalanan pada pukul 03:00 atau 04:00 WIB. Selama perjalanan, Anda akan menemukan keindahan kota Malang. Mulai dari pasar tradisional, perkampungan yang masih sangat sepi, pohon jati yang tumbuh subur di kanan kiri perjalanan, hingga perbukitan yang sangat mempesona. Sangat disarankan untuk mampir untuk sarapan dan membeli beberapa liter air minum dan bahan makanan saat bepergian karena tidak ada penjual makanan dan minuman di Pulau Sempu. Untuk sampai ke sana Anda perlu menyewa perahu pulang pergi seharga 100.000 rupee dan dapat menampung 12 orang.

Biaya masuk ke Pulau Sempu

  • Biaya masuk: Rp 160.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Operasional Pulau Sempu

Tips liburan di pulau sempu

Jadikan liburan anda dan keluarga di pulau sempu semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pulau Sempu adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Sempu bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pulau Sempu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pulau Sempu.

Galeri foto pulau sempu

Selamat datang di Pulau Sempu
Pantai pulau sempu
Berenang di Pantai Pulau Sempu
berkemah
Pantai pulau sempu
Matahari terbenam di Pulau Sempu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button