Tempat Wisata

Bendungan Sutami: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat mendengar kata bendungan, Anda mungkin langsung berpikir tentang air, waduk atau sungai, yang jika dipikir-pikir sebenarnya tidak ada yang menarik. Namun, sudah banyak waduk di Indonesia yang ternyata justru memanfaatkan fungsinya sebagai objek wisata karena diuntungkan oleh setting yang menarik atau bentuk waduk yang berbeda dan eksotis itu sendiri. Sama seperti di Malang, Bendungan Sutami yang namanya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai bendungan tetapi juga sebagai destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke kabupaten yang terkenal dengan apelnya ini. Untuk kesana juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, apalagi jika Anda tinggal di dekat Malang dan Batu.

Bendungan Sutami merupakan salah satu bendungan yang juga menjadi tujuan wisata yang terletak di Desa Karangkates Kecamatan Sumber Pucung, 40 km sebelah selatan Kota Kabupaten Malang. Obyek wisata bendungan yang sudah lama dikenal ini sebenarnya banyak dikunjungi wisatawan atau pengunjung dari berbagai daerah, terutama di akhir pekan atau hari libur. Bendungan ini muncul dari Sungai Brantas dan dibangun antara tahun 1975 dan 1977 dengan fungsi pembangkit listrik tenaga air. Adalah Presiden Soeharto yang pertama kali dilantik pada tahun 1977. Di sekitar Bendungan yang dikenal dengan Bendungan Karangkates ini terdapat dua lokasi potensi taman wisata yang sudah dikenal dan sering dikunjungi wisatawan yaitu Taman Wisata Karangkates yang terletak persis di sebelah utara Bendungan Sutami dan Taman Wisata. Bendungan Lahor terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor.

Perum Jasa Tirta 1 selaku pengelola Bendungan dan Waduk Karangkates sudah memiliki total luas sekitar 6 hektar di kota Malang. Air yang keluar dari sungai semakin rusak, air semakin hari semakin keruh karena banyak sampah yang dibuang sembarangan ke sungai. Oleh karena itu, jangan sampai kita juga membuang sampah ke sungai.

Beberapa tahun lalu, kondisi ini menyebabkan banyak ikan di Waduk Karangkates mati akibat kekurangan oksigen. Oksigen yang terkuras ini berasal dari limbah cair seperti deterjen industri, yang merangsang pertumbuhan tanaman ganggang. Dengan terselesaikannya persoalan ini, Bendungan Sutami sudah memiliki kapasitas terpasang 3×35 megawatt (MW) dan mampu menghasilkan listrik sekitar 400 juta kWh per tahun. Selain itu, bendungan ini juga saat ini digunakan sebagai sarana rekreasi dan olah raga khususnya bagi masyarakat yang berasal dari Malang.

Orang atau pengunjung yang datang ke sana biasanya sangat gemar menggunakan bendungan untuk memancing. Jadi anda bisa membawa alat pancing dari rumah dan mencoba peruntungan di Bendungan Sutami. Siapa tahu bisa bawa banyak ikan. Selain itu, kegiatan yang mempromosikan kesehatan seperti tenis atau golf juga dapat dilakukan.

Fasilitas Bendungan Sutami

Ada beberapa fasilitas yang bisa anda temukan di objek wisata Bendungan Sutami ini diantaranya :

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas yang sangat penting di setiap tempat wisata adalah toilet karena bagi anda yang datang setelah berjam-jam perjalanan terutama dari luar kota Malang juga perlu ke toilet. Dan disini anda tidak perlu bingung karena pengelola sudah menyediakannya untuk anda.

– Masjid

Sudah pasti penting bagi Anda umat Islam untuk sholat tepat waktu. Kini di Bendungan Sutami Anda dapat dengan mudah menemukan mushola di area sekitar waduk tanpa harus berjalan jauh atau mencari mushola. Ada juga sarung dan mukena yang bisa kamu pakai.

– Bilik atau tempat makan

Meski tidak disediakan oleh pihak administrasi, Anda akan menemukan beberapa warung di sekitar kawasan bendungan milik warga setempat. Makanan dan minuman khas kota malang tentunya bisa anda beli dengan harga yang terjangkau.

– lapangan tenis

Jika Anda tidak suka memancing atau tidak bisa memancing dan ingin kegiatan seru lainnya, Anda bisa berolahraga di lapangan tenis. Saat bepergian pun, tubuh bisa terasa segar dan sehat.

– Paviliun

Beberapa paviliun telah disediakan di mana Anda bisa duduk dan menikmati pemandangan alam di sekitar Bendungan Sutami.

– Toko hadiah

Sebelum pulang, Anda bisa membeli oleh-oleh terlebih dahulu sebagai kenang-kenangan.

Berburu foto di Bendungan Sutami

Bagi Anda yang gemar berfoto, ada beberapa tempat di kawasan ini yang bisa Anda gunakan untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Pemandangan dan rimbunnya pepohonan di sana juga bisa menjadi latar belakang foto selfie yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa berfoto saat belajar memancing di bendungan.

Atau Anda dapat meminta teman Anda untuk mengambil foto saat Anda bermain tenis atau golf. Yang pasti kamu tinggal terus explore tempat ini untuk mencari spot-spot menarik untuk foto-foto kamu agar nanti kamu mendapat banyak perhatian saat kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Baca juga: Pulau Sempu, Berwisata dan Melihat Indahnya Pantai Sepanjang Jalan

Akses jalan menuju Bendungan Sutami

Akses atau rute menuju objek wisata ini cukup mudah karena Wisata Bendungan ini terletak di tepi jalan raya Malang-Blitar, sekitar 35 kilometer arah selatan kota Malang atau 16 kilometer arah barat objek wisata Gunung Kawi. lebih mudah. Namun Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Tiket masuk Bendungan Sutami

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 12.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional Bendungan Sutami

Tips liburan di Bendungan Sutami

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Bendungan Sutami semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Bendungan Sutami adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Bendungan Sutami bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan Bendungan Sutami yang nyaman dan bebas stres.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Bendungan Sutami.

galeri foto Bendungan Sutami

Bendungan Sumami
berburu foto
Dengan kapal
bersepeda ke bendungan
Tempat foto terbaik
berkemah
Matahari terbenam di Bendungan Sutami

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button