Tempat Wisata

Pemandian Umbulan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Malang telah lama menjadi primadona pariwisata. Tempat-tempat wisata terkenal di sana, seperti Selecta, Sengkaling dan beberapa gunung yang menjadi tujuan populer para pecinta travel, tidak perlu diragukan lagi. Karena letak geografis kota Malang yang berada di dataran tinggi, udaranya lebih sejuk dibandingkan kota-kota di Jawa Timur lainnya seperti Surabaya atau Banyuwangi. Selain itu, ada juga tempat wisata di Malang yang dapat menawarkan keindahan dan pesona alam pegunungan serta menyegarkan jiwa. Bagi anda yang tidak tahu mau ke mana saat ada waktu luang, silahkan berwisata ke Malang dan kunjungi juga salah satu tempat wisata disana yaitu Pemandian Umbulan.

Pemandian Umbulan merupakan obyek wisata di desa Umbul, sekitar 2km dari pusat kota Dampit. Banyak peminat travel yang menyukai wisata air, tidak hanya pantai atau taman air saja yang banyak diminati, tetapi juga wisata pemandian. Air dengan suhu hangat biasanya dapat memberikan perasaan tubuh yang sangat rileks, dan banyak mandi juga dikatakan memiliki efek penyembuhan.

Datang ke pemandian ini di akhir pekan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dan keluarga. Berada di kawasan pegunungan, pemandian ini memiliki udara segar dan sejuk, berbeda dengan udara kotor di perkotaan. Ada air yang sangat jernih untuk mandi. Selain itu, panorama yang indah berpadu dengan segarnya udara pegunungan terasa sangat alami. Alam sekitar pemandian juga tetap bersih dan asri.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, pada masa pemerintahan Belanda, air Umbulan digunakan oleh warga Belanda yang tinggal di Kota Pasuruan dan Kota Surabaya. Masing-masing wilayah tersebut dibagi menjadi 65 liter/detik untuk Kota Pasuruan dan 110 liter/detik untuk Kota Surabaya. Meski sisa airnya masih sangat banyak, penduduk asli yang tinggal di sekitar mata air Umbulan pada saat itu tidak diperbolehkan memanfaatkannya oleh Belanda. Air jernih yang tersisa terbuang dan masuk ke laut melalui Sungai Rejoso. Akhirnya sumber Umbulan digunakan untuk menjangkau lapisan masyarakat di kota Pasuruan dan sekitarnya.

Fasilitas di Pemandian Umbulan

Untuk fasilitasnya sendiri tidak perlu khawatir karena beberapa fasilitas penunjang telah disediakan untuk para wisatawan yang hadir seperti;

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting ini telah disediakan pihak pengelola sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari toilet jika ingin buang air setelah berjam-jam berenang di kolam renang atau sekedar ingin membasuh bagian tubuh.

– Paviliun

Dengan menyediakan gazebo di lokasi ini, pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan sekitar pemandian yang ditanami berbagai tanaman dan pepohonan yang asri, sambil menikmati makanan ringan atau bekal yang dibawa dari rumah.

– Masjid

Rekreasi tidak boleh mengabaikan layanan doa. Beruntung, Anda bisa dengan mudah menemukan mushola di objek wisata ini jika ingin langsung salat.

– Kantin atau tempat makan

Bagi Anda yang lupa atau tidak sempat membawa makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena Pemandian Umbulan sudah memiliki beberapa kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Fasilitas parkir di tempat wisata ini juga cukup luas dan cukup untuk wisatawan dengan kendaraan bermotor.

Berburu foto di pemandian Umbulan

Anda yang sangat menyukai seni fotografi bisa membawa kamera Anda, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat mengunjungi tempat wisata ini. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, Pemandian Umbulan tidak hanya memiliki kolam air panas saja, tetapi juga beberapa area menarik seperti air terjun kecil yang juga bisa digunakan untuk bermain air. Lanskap di lokasi ini juga sangat cocok sebagai target kamera. Dan jika Anda membawa kamera anti air, Anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama keluarga atau teman sambil berendam di kolam air panas atau di dekat air terjun. Kamu juga bisa selfie, lho. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda ke berbagai media sosial yang Anda miliki.

Baca Juga: Coban Parang Tejo, Wisata Sambil Melihat Fenomena Pelangi

Akses jalan menuju Pemandian Umbulan

Akses menuju lokasi Pemandian Umbulan cukup mudah. Dari pusat kota Malang, Anda bisa langsung menuju ke kecamatan Dampit. Begitu sampai di Dampit, perjalanan ke pemandian hanya berjarak sekitar 2 km. Wisatawan dapat menanyakan arah ke penduduk setempat menuju resor tepi laut. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi di sana atau menggunakan angkutan umum.

Biaya masuk ke Pemandian Umbulan

  • Biaya masuk: Rp2.000 hingga Rp10.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 2.000
  • Biaya parkir mobil: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka pemandian Umbulan

Tips Liburan di Pemandian Umbulan

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di pemandian Umbulan. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pemandian Umbulan adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Pemandian Umbulan bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa travel agent untuk liburan nyaman dan bebas repot di Pemandian Umbulan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pemandian Umbulan.

Galeri foto pemandian di Umbulan

Potret air terjun buatan di pemandian Umbulan
Kolam pemandian Umbulan
Kolam renang buatan
Suasana Pemandian Umbulan ramai pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button