Tempat Wisata

Sate Ratu Jogja: review, jam buka dan harga menu

Yogyakarta memang provinsi sejuta rasa. Kawasan istimewa ini tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, tetapi juga menawarkan berbagai kuliner yang nikmat. Salah satu kuliner wajib yang sudah terkenal di mancanegara adalah Sate Ratu Jogja.

Sate Ratu sendiri kini telah menjadi salah satu simbol kota Yogyakarta dan dikenal luas di kalangan wisatawan mancanegara. Beroperasi sejak 2016, warung sate ini terkenal dengan kelezatan racikan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging ayam.

Daya Tarik Warung Sate Ratu

Warung Sate Ratu resmi dijalankan oleh seorang pengusaha sukses bernama Budi Seputro sejak 16 Maret 2016. Usaha kuliner yang awalnya hanya berupa angkringan kecil ini sukses menjelma menjadi rumah makan yang enak dan menjadi ikon kota Yogyakarta.

1. Sate merah ikonik

Daya tarik utama Sate Ratu Jogja adalah sate merahnya yang sangat ikonik dan jarang ditemukan di tempat lain. Tentunya sate yang dijual kebanyakan berwarna hitam kecokelatan karena terbuat dari kecap. Namun berbeda dengan sate ratu yang memiliki menu spesial sate merah.

Anda mungkin bertanya-tanya daging apakah yang dimaksud dengan sate merah Sate Ratu Jogja? Sate merah terbuat dari daging ayam ukuran besar yang sangat juicy karena kandungan lemaknya yang tinggi. Berkat metode pemanggangan yang spesial dan profesional, sate merah yang disajikan sama sekali tidak terlihat gosong.

Hal ini tentu berbeda dengan sate kebanyakan yang terlihat gosong. Sate dimasak dengan bumbu khusus dan cabai sehingga berubah warna menjadi merah.

Namun jika Anda tidak menyukai rasa pedas, sate merah mungkin tidak cocok untuk Anda. Tapi itu tidak masalah, karena Sate Ratu juga menjual menu sate lainnya.

2. Menu Sate Lilit Basah

Menu andalan sate berikutnya yang juga menjadi primadona stand sate ratu ini adalah sate lilit basah yang nikmat. Sate Lilit disajikan tanpa tusuk sate.

Oleh karena itu, Sate Lilit ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak kecil yang belum bisa menggigit daging sate yang biasanya menempel keras di tusuk sate. Sate Lilit terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian dibumbui dengan bumbu khusus dari Sate Ratu.

3. Tempat yang higienis dan nyaman

Sementara sebagian besar stan sate berbentuk tenda dan asap dari stan sate yang terbakar memenuhi area sekitarnya, stan sate ratu berbeda. Stan sate yang sempat viral beberapa waktu lalu ini didirikan di tempat yang sangat higienis dan luas agar lebih nyaman bagi masyarakat untuk bersantai sambil menikmati sate.

Konsep tempat makan di Warung Sate Ratu adalah konsep indoor/outdoor yang memungkinkan pengunjung untuk bersantap di dalam maupun di luar ruangan. Tema arsitektur bangunannya bertema minimalis semi terbuka dengan taman pepohonan Jepang dan rerumputan di bagian luar.

4. Menu segar

Keunggulan stand sate ratu berikutnya adalah makanan yang disajikan selalu fresh atau segar. Sate yang dijual ke konsumen baru disiapkan pada hari yang sama dan tidak diproses sehari sebelumnya. Ini menjaga rasa dan kualitas sate.

Menjaga kualitas sate yang disajikan di tempat yang bersih dan nyaman, tak heran jika stan Sate Ratu sering dikunjungi wisatawan mancanegara dari 72 negara dari Asia Tenggara, Asia Timur, Timur Tengah bahkan sampai ke Eropa.

5. Pelayan yang ramah

Bagi seorang pebisnis, pelayanan yang ramah merupakan salah satu indikator kualitas perusahaan. Sate Ratu memiliki pelayan yang sangat ramah membuat banyak orang jatuh hati pada tempat ini.

Sate Ratu Jogja: buka jam berapa?

Warung sate di Yogyakarta ini buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 21.00. Stand Sate Ratu tutup pada hari Minggu. Stand ini paling ramai pada jam makan siang, sore hingga malam hari. Pengunjung dapat makan di tempat, serta memesan takeout dan pengiriman.

Alamat Sate Ratu Jogja

Warung Sate Ratu terletak di Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur atau Kampung Concat, Depok, Sleman, Yogyakarta. Berlokasi tak jauh dari pusat kota, toko ini selalu ramai oleh wisatawan atau warga Yogyakarta.

Menu Warung Sate Ratu

Meski Warung Sate Ratu terkenal dengan menu andalannya yaitu sate merah dan bungkus basah, ternyata warung sate ini memiliki banyak kelezatan lain yang tidak boleh dilewatkan. Menu yang ditawarkan sangat beragam dan dengan harga terjangkau sebagai berikut:

Menu

Harga

Sate Ayam Merah

25k

bungkus basah

25k

Pemeriksa Tugel

25k

nasi putih

5k

Kaldu ayam sederhana

5k

Sate kulit (3 tusuk sate)

15k

Saus spesial

5k

Sedangkan menu minumannya tidak banyak variasinya. Warung Sate Ratu menawarkan minuman dalam gelas dan kemasan seperti teh, jus jeruk, dan cola.

Daftar tiket minuman

Harga

air mineral (gelas)

5k

teh gelas)

5k

oranye (kaca)

5k

botol cola)

10k

Diet Coke (botol)

10k

jeruk (botol)

10k

Fasilitas Warung Sate Ratu

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pengelola stan Sate Ratu telah menyediakan sejumlah fasilitas yang memadai mulai dari tempat parkir hingga tempat makan yang nyaman. Stan Sate Ratu menawarkan fasilitas sebagai berikut:

1. Tempat parkir yang luas

Fasilitas pertama yang disediakan Warung Sate Ratu adalah tempat parkir yang luas. Tempat parkir dapat digunakan untuk memarkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

2. Toilet

Toilet di stan Sate Ratu Jogja sangat bersih dan cukup membuat pengunjung nyaman.

3. Masjid

Jika Anda seorang muslim dan ingin sholat sambil makan di stan Sate Ratu, Anda tidak perlu mencari masjid untuk salat karena stan tersebut memiliki ruangan khusus yang berfungsi sebagai musala.

4. Wi-Fi gratis

Fasilitas selanjutnya yang disediakan adalah koneksi WiFi gratis yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung di area stan Sate Ratu. Yang harus Anda lakukan adalah meminta kata sandi WiFi kepada pelayan.

5. Ruang makan indoor dan outdoor

Fasilitas selanjutnya adalah area makan di dalam gedung atau di dalam dan di luar gedung atau di luar. Area outdoor didesain sangat nyaman karena dikelilingi tanaman sehingga terlihat lebih asri.

Jika Anda pecinta makanan sate, Warung Sate Ratu wajib dicoba terutama saat berkunjung ke Yogyakarta. Rasa sate yang terjaga kesegarannya dengan racikan bumbu yang khas, membuatnya sangat nikmat di lidah.

Menutup

Sate Ratu Jogja merupakan salah satu ikon kuliner kota pelajar yang kepopulerannya sudah diakui bahkan oleh puluhan wisatawan dari berbagai negara. Menu yang dihidangkan di stand sate ini sangat beragam, terutama jika menyangkut jenis sate seperti: B. Sate merah, sate bungkus basah, sate kulit dan lain-lain.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button